Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
387


Di jaman ini kebiasaan orang dewasa lengket sepanjang waktu dengan smartphone atau gadgetnya memberikan dampak yang sangat berbahay bagi anak-anak. Perhatikanlah di sekitar, ada begitu banyak anak yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan gadget, televisi atau komputernya. Mereka tak lagi punya banyak waktu untuk bermain permainan fisik, bermain di luar dengan leluasa dengan teman-temannya, memainkan imajinasi atau melakukan interaksi timbal balik dengan orangtuanya.

Anak-anak semakin terisolasi dengan lingkungannya sendiri. Akibatnya, mereka jadi kehilangan empati, kemampuan komunikasi yang baik dan kedekatan secara fisik dengan orang lain.


Untuk mengalihkan dunia anti-sosial anak-anak, perkenalkanlah anak-anak kita dengan musik dan tarian. Biarkan mereka kembali berimajinasi dengan hayalan alamiah yang tinggi.

Baca Juga : Suka Ditanyain Pergi Bareng Siapa, Penting Gak Sih Orangtua Tahu Siapa Teman Dekat Anak?

Musik dan tarian membantu tumbuh kembang anak

Selama masa kehamilan, janin di dalam rahim berkembang dengan irama detak jantung ibunya. Ia mendengar dan merasakan suara dan emosi dari suara ibunya. Saat lahir, dia mulai mengeluarkan suara pertamanya dengan instrumen. Selama beberapa minggu setelah kelahiran, suara ini hanya digunakan untuk meminta susu, tapi secara bertahap bayi akan berkembang, berbicara dan bereksperimen dengan bermain, menggambar dan bernyanyi.

Anak-anak biasanya memakai suaranya dan instrumen lain untuk mengeskspresikan perasaan. Anak-anak mengajarkan kita pola tentang denyut nadi, rima dan struktur. Mereka mengekspresikan emosinya dan memberikan kita dorongan imajinasi dan kemampuan bercerita.

Musik adalah respon pertama kita terhadap musik. Bayi menciptakan koreografi mereka sendiri dan anak-anak menjadi benar-benar punya ketertarikan untuk mengungkapkan emosi lewat gerakan. Inilah ikatan kuat yang terbangun antara musik dan tarian.


Kita tahu kalau musik dan tarian adalah kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak suka bergerak dan membuat kebisingan. Bagian ini benar-benar sangat penting dalam masa tumbuh kembang anak. Menari, bernyanyi dan bermain musik adalah bagian dari proses tumbuh kembang anak dan bagaimana tubuh mereka meresponi apa yang mereka dengar. Aktivitas ini adalah cara terbaik untuk mengajarkan anak cara berinteraksi dengan orang lain, benda-benda di sekitarnya dan dunia disekelilingnya.

Apa yang terjadi saat anak bernyanyi dan menari?

Menurut laporan dari Departemen Pendidikan dan Pelatihan QLD, sebuah gerakan tubuh bisa membantu anak mengembangkan kontrol atas gerakan, koordinasi dan kekuatan. Mereka percaya bahwa gerakan penting bagi anak, entah itu dengan musik atau hanya dengan permainan.

Saat seorang anak menari, mereka bisa belajar tentang cara tubuh mereka bergerak. Mereka bereksperimen dengan gerakan berulang seperti berjalan, meluncur, melompat serta gerakan lain seperti memutar, mengayun dan membungkuk. Menari dengan mengaktifkan otot tubuh akan membuat tubuh anak lebih kuat. Lewat tarian, anak-anak belajar cara berkoordinasi dan mengendalikan tubuh mereka.

Sementara saat anak bernyanyi, mereka bisa belajar tentang cara memahami bahasa dan suara. Dengan bernyanyi, anak bisa mengalami kemajuan dalam kosakata dan komunikasi mereka. Lagu-lagu yang berima sangat baik diperdengarkan ke anak karena bisa membantu perkembangan otak dan memperkuat memori anak. Misalnya memperdengarkan lagu ABC atau lagu-lagu sederhana anak itu sangat baik.

Selain menari dan bernyanyi, memainkan musik juga bermanfaat untuk anak. Bernyanyi sembari memainkan alat musik berguna untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. Bermain musik adalah cara yang sangat baik untuk membangun ikatan hubungan yang kuat dengan orang lain.

Untuk memperkenalkan anak kepada musik, orangtua tak perlu mengirimnya ke kelas kursus. Tapi belilah alat musik yang cocok untuknya dana ajari di acara memainkannya.

Jadi nggak heran kalau anak-anak di kelas pre-school atau TK akan lebih banyak bermain, bernyanyi dan menari. Karena aktivitas ini benar-benar membantu anak lebih ekspresif, imajinatif, kreatif dan kolaboratif dengan lingkungan disekitarnya.

Jadi perlu diingat bahwa orangtua harus menjauhkan anak dari gadget atau alat elektronik di masa-masa balita mereka. Biasakanlah mereka dengan mendengar musik, bernyanyi dan menari. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us