Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1832


Rata-rata manusia saat ini hanya bisa hidup sampai di umur 70 tahun paling lama. Yang sudah mencapai usia 50 tahun ke atas pun sudah mulai mengalami tanda-tanda penurunan kemampuannya.

Banyak orang yang mulai jatuh sakit dan sekarat dengan beragam penyakit-penyakit tak biasa yang mulai marak di masa-masa ini. Seperti halnya penyakit kanker, lambung, usus dan penyakit langka lainnya. Penyebab utama kemerosotan kesehatan yang kita alami saat ini berasal dari kebiasaan hidup yang kurang baik. Seperti, merokok, makan-makanan yang tidak halal, kurangnya olahraga, dan mengkonsumsi minuman berkarbonasi yang sangat buruk.

Berdasarkan pola hidup kekristenan, kita diajarkan tentang metode hidup sehat yang sangat alkitabiah. Salah satu ayat yang akan selalu mengingatkan kita untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah berasal dari ungkapan ‘Tubuhmu adalah baitRoh Kudus’ (1 Korintus 6: 19)

Untuk hidup sehat, kita tidak cukup hanya mengkonsumsi satu jenis makanan sehat untuk membersihkan tubuh kita selama 21 hari. Atau bergabung dalam sebuah komunitas fitness untuk membuat kita termotivasi menurunkan berat badan.

Tapi kesehatan sejati itu sebenarnya berasal dari kebiasaan hidup kita sehari-hari, baik itu soal jenis makanan yang kita makan, kebiasaan berolahraga dan bagaimana cara kita melindungi tubuh dari berbagai pengaruh buruk lingkungan.

Daniel adalah salah satu sosok di Alkitab yang banyak mengajarkan kita tentang kesehatan. Metodenya berpuasa telah mengilhami jutaan orang Kristen untuk mengembalikan kesehatan mereka. Saat kamu membaca kisahnya, kamu akan menemukan bahwa kunci kesehatan sejati yang diperoleh Daniel berasal dari 5 kebiasaan ini.

1. Mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat

Orang-orang yang berumur panjang mempertahankan kesehatan tubuhnya dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat. Biasanya makanan ini harus bersifat organik (atau dibiakkan secara liar di alam bebas). Makanan organik yang dikonsumsi pun harus mengandung nutrisi seimbang seperti mineral, vitamin, protein, enzim, serat dan lemak.

Sebenarnya tak sulit mendapatkan jenis makanan organik ini. Jika kamu tinggal di desa, semua sumber makanan ini tersedia secara berlimpah dan murah. Tapi kalau kamu tinggal di kota besar, satu-satunya cara untuk tetap menikmati makanan-makanan organik adalah dengan memiliki kebun sayur sendiri atau memelihara hewan ternak sendiri.

Untuk alasan apapun, orang sehat tidak akan pernah berkompromi dengan makanan lain selain makanan organik. Mereka sebisa mungkin akan menghindari makanan olahan seperti tepung dan gula.

“Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.” (1 Korintus 6: 13)

Baca Juga : Inilah 7 Superfood yang Tercatat di Alkitab, Obat Sehat Alami Ala Surga

2. Menjaga pikiran dengan berfokus pada kebenaran firman Tuhan

Kita tahu bahwa hal-hal negatif yang masuk ke dalam pikiran secara otomatis akan mempengaruhi pikiran. Saat pikiran terpengaruh, maka dampaknya bisa berimbas kepada kesehatan fisik. Entah itu menyebabkan stres, frustrasi, atau bahkan kanker. Selain itu, kondisi hidup seperti beban masalah juga sangat memungkinkan untuk merusak kesehatan.

Hal inilah yang ditekankan dalam Amsal 4: 20-23, bahwa dengan berfokus pada firman Tuhanlah kita bisa membentengi pikiran dari pengaruh buruk. Semakin kita banyak membaca dan merenungkan firman Tuhan, semakin kuat pula pagar pikiran kita menangkap serangan dari hal-hal negatif yang merusak. Jadi, Daniel sendiri sudah membuktikan hal ini.

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka. Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4: 20-23)

3. Rajin berolahraga mendukung kesehatan dari dalam dan luar tubuh

Dalam 1 Timotius 4: 8 dituliskan kalau ‘Latihan fisik itu baik bagi tubuh tapi latihan rohani pun jauh lebih berguna’. Itu artinya meskipun kita harus lebih banyak melatih kerohanian, kita juga butuh latihan fisik.

Mengambil waktu setiap hari dengan banyak bergerak bisa membantu tubuh bergerak aktif. Misalnya, berlari, mengangkat beban, melatih pernafasan atau melambung. Setidaknya orang-orang sehat melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

4. Punya komunitas atau pergaulan yang luas

Gak dimungkiri kalau hidup sendiri justru akan membuat seseorang mengalami penurunan kesehatan. Hal inilah yang dianggap kurang efektif bagi mereka yang memilih hidup tanpa menikah.

Bahkan Alkitab menyampaikan kalau dua itu lebih baik daripada seorang diri. Lihatlah cara hidup orang-orang sehat yang lebih cenderung bergaul dengan orang lain.

“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 25)

5. Sehat bicara soal iman

Imanlah yang membuat kita sehat. Daniel membuktikan bahwa hanya dengan mengkonsumsi sayur-sayuran saja, dia justru jauh lebih gemuk. Tentunya hal itu dibarengi dengan iman atau keyakinannya bahwa kalau Tuhan sendiri yang menyuruhnya melakukan apa yang benar dimataNya, maka Dia akan memberkati. Bahkan Yesus pun melakukan mujizat kesembuhan hanya dengan menanyakan orang-orang yang disembuhkanNya satu pernyataan. “Imanmu sudah meyembuhkanmu”.

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10: 31)

Jika kamu ingin mengalami kesehatan sejati yang alkitabiah, cobalah melakukan kebiasaan ini setiap hari selama 40 hari. Dan perhatikanlah perubahan yang terjadi atas tubuhmu. Tertantang mulai melakukannya sejak hari ini?

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us