Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
737


“Saya sebagai Menag mengeluarkan seruan, bagaimana agar ceramah keagamaan betul-betul mampu mengembalikan esensi agama kepada ajaran agama sesungguhnya,” demikian seruan dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifruddin.

Dihadapan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari seluruh daerah Indonesia, Menag menghimbau umat beragama dan juga tokoh agama untuk memakai rumah ibadah masing-masing sesuai dengan fungsinya.  

“Dan karena itu rumah ibadah kita jaga kesuciannya jangan sampai digunakan oleh pihak yang terbatas pengetahuannya atau memang ada maksud tertentu untuk membenturkan antarumat beragama yang memang tidak sama keyakinannya ini dengan kendaraan politik dengan cara mempolitisasi nilai agama,” terangnya.

Dia juga melarang kegiatan-kegiatan politik praktis dalam bentuk apapun. Termasuk menyampaikan ceramah atau khotbah berisi dukungan terhadap salah satu calon atau partai. Sekaligus meyakinkan untuk tidak memilih partai tertentu.

Dia mendorong semua masyarakat untuk berani menegur dan mengingatkan apabila isi ceramah atau khotbah pemimpin agamanya bersifat memecah belah masyarakat.

Baca Juga :

Gak Neko-neko, KWI Tegaskan Tokoh Agama Hindari Khotbah Berkedok Kampanye

Ikut Awasi Jalannya Pilkada 2018, PGI Serukan Wejangan Penting Ini ke Semua Lembaga Gereja

Adapun alasan pemerintah menyerukan pelarangan ini karena pengalaman politik yang sebelumnya. Apalagi, Pilkada 2018 sudah di depan mata. Ada sekitar 171 daerah yang bersama melakukan pesta demokrasi ini. Untuk memenangkan kontestasi ini, tentunya para politikus akan memanfaatkan ruang-ruang publik sebagai tempat kampanye.

“Pilkada di Tanah Air ini potensi benturannya semakin yak arena berbagai macam aspirasi politik yang berbeda-beda dikontestasikan di ruang-ruang publik sehingga berpotensi menimbulkan gesekan,” tuturnya.

Dia menegaskan, akan terus memantau rumah-rumah ibadah sepanjang proses Pilkada berlangsung. Pemantauan ini akan dilakukan melalui kantor-kantor wilayah Kementerian Agama di setiap provinsi, kabupaten dan kota.

Sebelumnya, kita sudah mendengar bahwa PGI, KWI dan juga pemerintah menyampaikan himbauan yang sama kepada tokoh agama dan seluruh umat beragama di Indonesia. Karena itu mari bersama-sama menciptakan kondusivitas dan kenyamanan selama masa-masa Pilkada saat ini.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

0 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

0 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7261

Banner Mitra Februari 2020 (3)