Punya Anak  Generasi Alpha? Ini Tantangannya dan Cara Menyiasati Dalam Membimbing Mereka
Sumber: Google

Parenting / 18 April 2018

Kalangan Sendiri

Punya Anak Generasi Alpha? Ini Tantangannya dan Cara Menyiasati Dalam Membimbing Mereka

Puji Astuti Official Writer
3241

IMAGO Series

Jika kamu saat ini memiliki anak usia 0 hingga 7 atau 8 tahun, maka ketahuilah bahwa putra-putrimu termasuk yang namanya generasi alpha.  Istilah generasi alpha ini dimunculkan oleh seorang analis social-cum-domagraf bernama Mark McCrindle. Menurutnya anak yang lahir mulai tahun 2010 adalah mereka yang termasuk dalam generasi alpha, dan diprediksi, jumlah generasi ini pada tahun 2025 mencapai 2 miliar orang.

Apa yang membuat generasi alpha berbeda dari generasi sebelumnya?

Mereka bukan hanya akrab dengan tekhnologi seperti generasi milennial, namun generasi alpha adalah mereka yang tidak bisa hidup tanpa tekhnologi. Mereka diprediksi akan membuat perubahan besar dalam kehidupan generasi-generasi sebelumnya, karena dengan akses pendidikan mereka yang besar, kehidupan yang terintegrasi dengan tekhnologi, arus informasi yang terbuka, dan jejaring sosial mereka yang global, maka mereka akan membuat terobosan dalam berbagai hal yang sangat signifikan.

Bayangkan bahwa di generasi mereka, uang tunai sudah tidak digunakan lagi. Transportasi pun sudah tidak dikemudikan oleh manusia, namun menggunakan system. Layanan di tempat umum menggunakan robot dengan artificial inteligen yang sudah sempurna. 

Pertanyaannya, bagaimanakah kita sebagai orangtua mempersiapkan mereka untuk semua itu namun tetap memiliki nilai-nilai kehidupan yang benar, selaras dengan firman Tuhan dan mereka tetap memiliki iman yang kuat di dalam Yesus Kristus?

Ada beberapa saran yang bisa diterapkan:


Ajarkan anak untuk membangun hubungan dengan Tuhan dan sesama

Dalam era tekhnologi saat ini, salah satu tantangan terbesar manusia adalah memiliki hubungan yang kuat dan mendalam dengan seseorang dan Tuhan. Tekhnologi menjadi salah satu sumber pemecah perhatian (disruptive) terbesar saat kamu dan anak-anak berkumpul, ataupun bersosialisasi dengan orang lain.

Ketergantungan pada gadget membuat kita selalu ingin memeriksa smartphone atau tablet kita. Apakah ada pesan baru, apakah postingan kita mendapat “like” dan banyak hal lainnya. Hal ini terjadi terus menerus, dimanapun kita berada, bahkan saat kita bersaat teduh atau beribadah.

Jadi, mulailah dengan keteladanan kamu dan pasangan dalam menggunakan gadget. Buat dia melihat bahwa kalian membatasi diri kapan dan dimana menggunakannya. Bagaimana kalian memberikan perhatian yang penuh saat bermain dan berbincang dengannya. Setelah itu ajarkan juga kepadanya untuk melakukan hal yang sama.

Gadget dan social media tidak salah, namun yang salah adalah kecanduan sehingga tidak bisa hidup tanpanya, dan sama seperti kecanduan alcohol, obat-obatan atau kecanduan lainnya, kecanduan kepada gadget dan social media merusak hubungan dengan sesama dan merusak diri sendiri.

Baca juga artikel lainnya : Bahaya Mengancam Generasi Z, Survei Membuktikan 34% Remaja Menyatakan Dirinya Ateis


Ajak buah hatimu melakukan petualangan dalam penggalian firman Tuhan

Ajaklah dia untuk berdoa dan merenungkan firman Tuhan bersama. Ajarlah dia dengan bahasa yang sederhana, Alkitab bergambar, dan bahkan film animasi tentang kisah di Alkitab. Dampingi mereka dalam penggalian akan kebenaran itu dengan cara yang menyenangkan dan menarik untuk mereka.

Ajarkan dan teladankan bagaimana memiliki sebuah hubungan dengan Tuhan yang otentik dan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menjadi warisan yang kekal, yang akan berpengaruh bukan hanya bagi anakmu, tapi juga cucu-cucumu nanti.

Ada banyak hal  lainnya yang harus dilakukan sebagai orangtua untuk menolong generasi alpha agar mereka siap menghadapi tantangan ke depan nanti. Kalau kamu mau menjadi orangtua yang siap untuk hal itu, pastikan kamu dan pasangan hadir di IMAGO Confrence yang akan diadakan pada 25-26 Mei 2018 nanti, karena ada psikolog anak dan para pakar yang akan mengupas tuntas mengenai  generasi  alpha dan mengatasi tantangan sebagai orangtua untuk generasi digital ini. Sampai ketemu di  IMAGO 2018, info lebih lengkap klik: www.imagoplanet.com.


Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami