Buat yang Fresh Graduate, Mending Lakuin 5 Hal Produktif Ini Sambil Nunggu Panggilan Kerja
Sumber: Blog DuitPintar

Finance / 9 April 2018

Kalangan Sendiri

Buat yang Fresh Graduate, Mending Lakuin 5 Hal Produktif Ini Sambil Nunggu Panggilan Kerja

Lori Official Writer
4064

Di kantor ku ada beberapa teman yang sebenarnya masih kuliah dan lagi nyusun skripsi tapi milih untuk kerja. Walaupun kuliah sambil kerja jauh lebih berat dibanding hanya fokus untuk kuliah saja, tapi ada banyak orang yang memilih pilihan ini. Ada yang beralasan mau kerja aja dulu sebelum lulus, tapi ada juga yang bilang kalau waktu luang selama menyusun skripsi bisa dimanfaatkan untuk magang dan mencari pengalaman kerja.

Pemikiran-pemikiran semacam ini tentunya baik sekali. Karena sebagian bisa jadi punya ketakutan kalau-kalau harus nganggur setelah lulus kuliah.

Nganggur setelah kuliah inilah yang  banyak dihindari anak-anak kuliahan. Apalagi kalau sudah berusaha ngelempar lamaran ke sana sini tapi masih belum dipanggil juga sampai berbulan-bulan. Pastinya masa-masa nggak pasti itu bikin fresh graduate bingung mau ngapain selain nunggu.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa lakukan 5 hal produktif ini.

1. Ikuti kegiatan sosial yang bermanfaat

Daripada habis gaya selama nunggu-nunggu panggilan dari perusahaan yang kamu lamar, mendingan menghabiskan waktu buat gabung bareng komunitas sosial. Misalnya, jadi volunteer di lembaga swadaya yang fokus ngajar anak-anak di pedalaman, atau ikut trip harian ke tempat-tempat terpencil. Atau kamu juga bisa menawarkan diri jadi volunteer di museum.

2. Magang atau Freelance

Buat kamu lulusan Digital atau IT, ini kesempatan besar yang bisa kamu manfaatin dari teknologi canggih sekarang. Ada banyak tawaran pekerjaan lepas atau magang yang bisa kamu coba. Apalagi kalau kamu adalah ahli IT, bisa bikin website, design atau nulis. Banyak banget deh lowongan yang bisa kamu cobain.

3. Bikin bisnis kecil-kecilan

Tahu nggak sih kalau ada banyak orang yang sukses hanya karena awalnya coba-coba. Nah, sembari nunggu panggilan mungkin kamu bisa mulai coba bisnis online. Kamu bisa jualan kecil-kecilan dulu bisa lewat startup-startup kayak Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. Atau bisa juga lewat sosial media, Instagram, Facebook atau Whatsapp loh.

Baca Juga :

Tips Karir Bagi Fresh Graduate

4 Pelajaran Hidup yang Patut Anda Tahu Setelah Lulus Kuliah

4. Geluti hobi lebih serius

Daripada kamu pusing dan stress karena belum kerja, yuk mulai geluti hobi kamu aja. Di jaman sekarang ini generasi millennial udah pada kreatif. Sebagian diantara mereka lebih suka kerja di dunia kreatif juga kayak bikin video, bikin film atau bikin hiburan-hiburan unik di Youtube. Nah, kalau kamu ngerasa punya bakat tertentu nih, misalnya di make up artist, nyanyi atau bikin hiburan coba jadi Youtuber aja kali. Mayan kan kalau ternyata kamu bisa terkenal lewat hobi kamu yang satu ini.

5. Ikuti seminar-seminar atau workshop

Nggak semua ilmu bisa kita dapatkan dari kampus. Karena itu kita juga butuh mengasah pengetahuan kita sesuai bidang yang kita dalami dari berbagai tempat. Misalnya ikutan seminar, workshop, atau pelatihan-pelatihan. Apalagi banyak diantaranya yang ditawarin free loh tanpa bayaran.

Tanpa terkecuali, kita semua pasti pengen jadi orang yang sukses setelah kuliah. Tapi untuk mencapai kesuksesan itu, ada banyak jalan dan cara yang bisa kita lakukan. Asalkan berusaha pasti jalan-jalannya akan dilancarkan Tuhan. Jangan merasa dirimu merasa kalah hanya karena kamu belum dapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Cobalah sesuatu yang berguna dan lakukan dengan sukacita. Pasti rasa bosan karena panggilan kerja yang belum datang-datang bisa terobati dan bikin kamu lebih sabar.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami