Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
808


Apakah kamu sering bingung jika ditanya soal bakat atau passion? Lalu soal apa yang akan kamu fokuskan dan pelajari lebih lanjut? Jika iya, dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengetahui apa saja yang menjadi bakat atau passionmu "

 

Bakat adalah kemampuan natural yang ada di dirimu. Sesuatu yang terasa mudah banget untuk kamu lakukan yang sebenarnya nggak mudah dilakukan oleh orang lain. Selain mudah untuk kamu lakukan, kamu juga kerap dipermudahkan dalam melakukan hal tersebut. Kesempatan-kesempatan melakukan hal tersebut sering kamu dapati bahkan dalam keseharianmu. Entah karena kamu lebbih mudah menawarkan diri untuk melakukan hal itu, ataupun karena orang lain yang suka menawarkan pekerjaan tersebut. Syarat lainnya untuk bakat atau passion adalah kamu merasa bahwa ketika melakukan hal itu, ada rasa bahagia dan puas. Kamu seakan-akan ngak bisa memikirkan bahwa kamu akan merasa bosan kalau nggak melakukan itu.

 

Nah, kalau kamu masih belum tahu dan peka apa itu bakatmu, coba deh cek hal-hal berikut ini :

1. Prestasimu

Di waktu sekolah dulu, kompetisi seperti apa saja yang pernah kamu menangkan? Prestasi apa saja yang menurutmu adalah prestasi terbaikmu? Apakah kamu pernah menjadi finalis dalam lomba pidato?

Kalau iya, itu artinya kamu berbakat dalam public speaking. Apakah kamu sering memenangkan lomba essay? Nah, ada kemungkinan kamu berbakat dalam hal riset akademis ataupun dalam hal menulis. Coba deh ingat-ingat kembali yuk!


2. Hal-hal yang kamu lakukan di waktu luang

Kalau kamu nggak punya prestasi, atau memang jarang sekali ikut kompetisi pas sekolah dulu coba telaah lagi, hal-hal apa yang suka kamu lakukan di waktu luang. Apakah kamu suka belajar coding, HTML, CSS? Nah, kamu kelihatannya ada bakat untuk menjadi seorang web desainer yang handal atau bekerja di dunia internet.

Apakah kamu suka ngobrol dengan teman-teman di saat weekend dan mendengarkan curhatan masing-masing orang? Jika iya, itu bisa jadi sebuah pertanda kalau kamu punya bakat menjadi psikolog atau konselor. Kamu suka ngumpul dan berorganisasi di waktu luang dan kerap dipilih sebagai project manager? Wah, bisa jadi kalau ini pertanda bahwa kamu berbakat menjadi seorang leader dan manager.


3. Ketertarikan kamu terhadap suatu hal tertentu

Coba deh kamu ingat-ingat lagi, apakah kamu selalu tertarik dengan suatu hal tertentu? Misalnya, suka banget dengan segala hal yang berbau fashion dan kecantikan atau kamu rajin banget membaca dan mencari tahu blog atau media fashion dan kecantikan. Itu artinya kamu punya bakat bekerja sebagai make up artist, fashion stylist, bekerja di perusahaan fashion dan kecantikan, atau kamu menjadi seorang fashion blogger. Kalau kamu suka banget nongkrong di toko buku dan baca buku, mungkin kamu perlu mengeksplorasi lagi bakat menulis kamu dan mengasahnya dengan lebih baik dan serius.

 

4. Pujian orang

Terakhir, coba perhatikan komentar dari orang-orang di sekitarmu, khususnya mereka yang mengenalmu dengan dekat. Apakah mereka sering memberi pujian kepada hal yang terasanya biasa saja untuk dirimu? Misalnya, kamu sering sekali mendapat pujian bahwa kamu "kreatif". Padahal kamu merasa nggak pernah berusaha keras mencari ide kreativitas yang berbeda. Nah, bisa jadi itulah tandanya kamu memang punya bakar bekerja di dunia yang menuntut kreativitas. Atau malah orang memuji kamu sebagai orang yang pintar menyelesaikan atau memecahkan masalah serta cepat nyambung, terutama jika membahas soal uang. Itu artinya kamu memiliki indikasi cocok di bidang-bidang keuangan seperti auditor, kerja di bank, akuntansi maupun sebagai perencana keuangan.

 

Nah, gimana? Apakah kamu sudah mendapat sebuah gambaran soal dirimu? Jika iya, pastikan kamu bisa menjaga dan terus mengembangkannya dengan baik ya.

Kamu harus sadar bahwa apa yang kamu miliki ini adalah anugerah dan talenta dari Tuhan yang patut di kembangkan. Biarkan nama-Nya dipermuliakan lewat apapun yang kamu lakukan.

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us