Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
661


Supaya Paskah tahun ini jadi momen spesial bagi keluarga untuk memaknai kematian Yesus di kayu salib. Keluarga-keluarga bisa merencanakan beberapa kegiatan menarik. Tentunya selain pergi ke gereja bersama atau menikmati beragam pertunjukan menarik Paskah yang diadakan di gereja, kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk melakukan 9 hal ini:

1. Membaca kisah Alkitab


Bersama pasangan dan anak-anak, bacalah kisah-kisah Paskah yang ditulis di Alkitab. Mungkin bisa memulainya dengan membaca momen Paskah yang pertama terjadi di Alkitab. Kemudian melanjutkannya dengan membaca kisah di Keluaran 7-12. Setelah itu, mulailah mendiskusikannya bersama.

2. Membuat adegan Paskah

Bukan hanya dibayangkan, tapi ciptakanlah momen Paskah seolah-olah kamu dan semua keluarga merayakan Paskah seperti yang tertulis di Alkitab. Mulai dengan membuat dekorasi daun Palma bersama keluarga. Kemudian buat adegan persis seperti orang-orang di Yerusalem saat meneriakkan ‘Hosanna!’ di jalanan saat menyambut Yesus.

Baca Juga : 

Biar Anak Tak Ketakutan dengan Paskah, Fokuskan Kepada 3 Hal ini!
Sudah Waktunya Kalian Mulai 6 Tradisi Paskah Seru Ini Bareng Keluarga

3. Ajak keluarga menikmati pertunjukan-pertunjukan Paskah

Beberapa gereja atau kota biasanya akan dijadikan pusat dari festival Paskah. Kalau tahun ini, kota Manado jadi pusat perayaan Paskah Nasional. Nah, kamu yang mungkin tinggal di Manado bisa memanfaatkan kemeriahan Paskah ini bersama keluarga. Kalian bisa menikmati acara jalan salibnya atau juga drama Paskahnya.

4. Jangan bengong aja, mendingan nonton film bareng

Habis ibadah Paskah, biasanya keluarga akan langsung pulang ke rumah dan seenggaknya makan bersama. Tapi setelah itu mungkin nggak ada rencana kegiatan apa-apa lagi. Nah, daripada menghabiskan liburan Paskah hanya buat tidur aja mending ajak semua keluarga buat nonton bareng di rumah. Beberapa film rekomendasi ini bisa kalian tonton seperti The Lion, The Witch and the Wardrobe, The Ten Commandments, The Robe dan film-film Yesus lainnya.

5. Bikin dekorasi rumah


Libatkan anak-anak untuk menghias ruangan rumah dengan ornament Paskah. Entah itu dengan lampu, pita ungu, salibm daun palem, duri atau telur. Buatkan dekorasi rumah yang sekreatif mungkin.

6. Diskusikan setiap simbol Paskah bareng keluarga

Bantu anak dan anggota keluarga lain untuk bisa memahami setiap simbol Paskah. Kamu mungkin perlu alat-alat yang bisa mempermudah mereka untuk mengerti seperti telur, duri, paku, salib dan sebagainya.

7. Sampaikan kabar kematian dan kebangkitan Yesus

Kalau kalian kebetulan merayakan Paskah ke rumah keluarga besar, itu artinya kalian punya kesempatan untuk memperkenalkan Yesus ke semua keluargamu. Undanglah semua keluarga untuk datang dan cobalah membuat ibadah keluarga di rumah. Buatlah ibadah itu semenarik mungkin dan melibatkan semua keluarga. Mungkin menyisipkan permainan yang berisi pesan dan makna Paskah.

8. Ikuti kamp atau acara Paskah dari gereja atau pelayanan


Biasanya beberapa gereja atau pelayanan akan mengadakan acara Paskah di suatu tempat. Nah, kalau tahun ini gerejamu mungkin melakukannya ikutlah di sana. Ajaklah semua keluarga untuk ikut di acara itu.

9. Adakan perjamuan kudus keluargamu di rumah

Mungkin bagi sebagian keluarga, acara perjamuan agak sedikit asing. Tapi kalian harus tahu kalau perjamuan  kudus adalah satu hal yang harus sering kalian lakukan bersama di rumah dan bukan hanya saja bisa dilakukan di gereja. Nah, bertepatan dengan momen Paskah ini ajaklah semua keluargamu untuk berdoa dan melakukan perjamuan bersama di rumah. Bacakan bagian kitab yang mengisahkan tentang perjamuan terakhir Yesus bersama murid-murid-Nya sembari melakukan perjamuan kudus ini. Kamu bisa membukanya di Lukas 22; Yohanes 13 dan Matius 26: 26

Paskah sudah di depan mata. Apa kalian sudah mulai menyusun rencana Paskah yang menarik tahun ini? Kalau belum, yuk coba kegiatan-kegiatan di atas aja ya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us