Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
369


Apakah semua usaha yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badanmu tampak sia-sia atau nggak membuahkan hasil? Dari tahun ke tahun, urusan diet selalu jadi prioritas pertama di daftar resolusimu. Tapi tetap saja kamu gagal mencapai target pengen punya postur badan yang sehat dan proporsional. Apa yang salah?

Karena sudah merasa lelah, lantas kamu pun menyerah dan mulai komplain ini itu ke Tuhan. “Tuhan kenapa berat badanku nggak turun-turub juga?” “Kenapa lemak-lemak ini harus ada di badanku?” “Kenapa tubuhku harus diciptakan sebesar ini?”

Kadang kita salah memahami soal bentuk tubuh

"Mungkin Tuhan mau aku bisa belajar rendah hati dan menerima diriku apa adanya dengan kelebihan berat badan itu."

"Mungkin Tuhan juga sedang menghukumku dan sebagainya."

"Mungkin aku banyak dosa makanya Tuhan nggak mau menurunkan berat badanku."

Asumsi-asumsi di atas menunjukkan kalau cara berpikirmu soal kondisi fisik ternyata salah. Sekalipun kamu sudah berjuang mati-matian untuk olahraga dan diet tapi berat badanmu masih tetap naik juga, bukan berarti itu adalah kutukan.

Asumsi-asumsi atau cara berpikir yang salah di atas sebenarnya bukanlah bagian dari kebenaran firman Tuhan loh. Alkitab memberi tahu kita kalau kerendahan hati adalah sebuah pilihan. Walaupun Tuhan bisa merendahkan hati kita, tapi Dia hanya ingin kita sendirilah yang mengambil sikap merendahkan hati di bawah kedaulatan-Nya.

“Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus 5: 6-7)

Baca Juga : Dipermalukan Karena Badannya yang Gemuk, Gadis Ini Justru Pakai Hinaan Itu Jadi Motivasi

Ada empat hal yang mungkin harus kamu hadapi dengan berat badanmu.

Pertama, mungkin kamu diminta untuk lebih berserah kepada Tuhan sepenuhnya. Pernah nggak sih berpikir kalau setiap resolusi tahunan yang kita buat pasti akan berhasil kalau kita melibatkan Tuhan sendiri. Tapi kalau hal itu justru cuma agenda pribadi kita sendiri, bisa jadi kita bakalan gagal mencapainya. So, intinya resolusi apapun itu cobalah melibatkan Dia didalamnya.

Kedua, Tuhan memberikan kita kehendak bebas atas pilihan kita. Badan gemuk pastinya nggak terjadi tiba-tiba dong ya. Pasti ada penyebabnya, mungkin kebiasaan makan kita yang nggak terkontrol atau karena kerakusan kita soal makanan. Jadi, alih-alih menyalahkan Tuhan, mending evaluasi karena mungkin berat badanmu adalah konsekuensi dari pilihan atau kebiasaanmu yang nggak baik.

Ketiga, pandanglah bentuk fisikmu melalui karya penebusan Kristus. Alih-alih menilai kalau berat badanmu adalah bagian dari hukuman dari Tuhan. Mending pahami dulu kalau sebenarnya setiap kita sebenarnya ssudah dibebaskan dari hukuman lewat karya penebusan Kristus di kayu salib. Karena kebenarannya adalah waktu kita mengakui dosa-dosa kita, Tuhan pun akan mengampuni kita. Tapi ingat kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh ya, bukan asal! (1 Yohanes 1: 9).

Dengan kondisi fisikmu seperti sekarang ini, cobalah memandangnya sebagai kesempatan untuk merenungkan besarnya kasih Tuhan buat hidupmu.

Keempat, ingatlah bahwa Tuhan benar-benar peduli dengan berat badanmu. Tuhan sendiri bahkan peduli dengan berapa helai rambut di kepala kita loh. Apalagi kesehatan kita. Itu sebabnya, Tuhan sejak awal penciptaan sudah mengatur semua hal yang baik untuk kita makan. Dia bilang supaya kita makan makanan yang sehat, bukan makan banyak lemak babi tanpa kontrol. Atau makan-makanan yang diharamkan karena buruk bagi kesehatan.

“Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” (Kejadian 1: 29).

Baca Juga : Disebutkan di Alkitab, Ini yang Harus Kita Tahu Soal Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan

Jadi kesimpulannya, Tuhan selalu rindu melihat kita hidup dengan sehat; punya fisik yang kuat dan baik. Tapi kembali lagi ke kita masing-masing, sudahkah kita menjalani hidup kita sesuai dengan aturan yang diperintahkan Tuhan? Sudahkah kita menjaga tubuh kita tetap sehat dan menyeimbangkannya dengan olahraga yang teratur setiap hari?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

0 Answer


Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us