Nggak Cuma Yummy, Yoghurt Juga Punya 6 Kebaikan Ini, Lho

Nggak Cuma Yummy, Yoghurt Juga Punya 6 Kebaikan Ini, Lho

Inta Official Writer
1106

Sebagai salah satu produk hasil olahan susu, yoghurt banyak di konsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Teksturnya yang kental, lembut, punya rasa asam yang khas sekaligus tersedia berbagai macam varian menjadikan yoghurt sebagai makanan yang cukup populer. Nggak cuma rasanya yang enak dan memperlancar sistem pencernaan, yoghurt juga punya enam kebaikan ini, lho.

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi


berbahan dasar susu membuat yoghurt mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Dua komponen ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Asupan kalsium yang cukup dapat memadatkan tulang dan menjadikannya lebih kuat.

Meskipun mengandung gula,yoghurt tidak menyebabkan gigi berlubang. Kandungan asam laktat yang ada dalam yoghurt akan melindungi gusi. Konsumsi yoghurt dengan rutin juga dapat menurunkan risiko periodontal.

2. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt baik untuk kesehatan


Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, yoghurt dapat memperlancar sistem pencernaan karena memiliki probiotik, salah satu mikroorganisme baik yang hidup di saluran pencernaan kita. Probiotik dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare. Yoghurt juga bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

3. Membantu menurunkan berat badan


Jangan heran kalau ada banyak orang yang memilih yoghurt sebagai salah satu alternatif makanan yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sebabnya adalah kandungan kalsium yang kaya dalam yoghurt berfungsi untuk membakar lemak. Yoghurt juga memberikan efek kenyang, sehingga kita bisa lebih mengontrol keinginan untuk makan.

Baca juga: Keliatan Sepele, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kita Kena Penyakit, Lho

4. Baik bagi penderita intoleransi laktosa

Penyakit ini membuat seseorang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik. Laktosa merupakan jenis gula yang terdapat dalam susu maupun produk susu lainnya. Kendati yoghurt terbuat dari susu, namun yoghurt merupakan pengganti susu bagi orang yang menderita penyakit ini.

Mereka yang mengidap penyakit ini biasanya akan mengalami perut kembung, nyeri, bahkan diare ketika mengonsumsi produk yang mengandung susu. Alasan mengapa yoghurt baik untuk pengidap intoleransi laktosa karena susu yang diolah menjadi yoghurt tidak lagi mengandung laktosa, namun asam laktat yang diubah selama proses fermentasi.

Manfaat lain dari yoghurt adalah sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator yang dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati. Dibandingkan dengan susu, yoghurt jauh lebih mudah dicerna. Tidak hanya mengandung kalsium, yoghurt juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Yoghurt juga dapat mencegah terjadinya infeksi vagina, menurunkan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi radang sendi. Dengan semua kebaikan diatas, kita bisa mencampurkan yoghurt dengan bahan makanan lain. Misalnya dengan buah-buahan atau oats sebagai menu sarapan. Yuk mulai jaga asupan makanan kita agar beroleh tubuh sehat. Jangan lupakan juga untuk olahraga dengan teratur, ya. 

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami