Pacaran Sehat Di Dalam Kristus Itu Gimana Sih? 4 Hal Ini Kamu Wajib Tahu

Pacaran Sehat Di Dalam Kristus Itu Gimana Sih? 4 Hal Ini Kamu Wajib Tahu

Naomii Simbolon Official Writer
23272

Beberapa waktu yang lalu seorang pria mendekatiku. Dia mulaimenggodaku dengan caranya, dia memberi bunga, mengirim pesan singkat danperhatian. Sayangnya, saya tidak bisa menerima dia sebagai pasangan sehingga akhirnya dia mendekati wanita lain dan pacaran dengannya.

Nggak bisa di pungkiri, bahwa semua orang ingin berpacaran alias memiliki seseorang disampingnya melebihi dari sebatas teman biasa.

Dan tujuan utama pacaran adalah untuk menikah.

Ada banyak orang yang sudah pacaran bertahun-tahun danakhirnya menikah. Contohnya saja artis Glen Allinsky dan Chelsea Olivia,berpacaran 8 tahun dan memutuskan menikah di tahun ke 9. Namun ada juga yang sudah berpacaran cukup lama, tapi berakhir pada perpisahan.

Misalnya Chicko Jerico dan Claudia Cintya Bella yang memadukasih dalam pacaran selama 5 tahun namun berakir pada perpisahan karena agama yang berbeda.

Selama bertahun -tahun pacaran ada begitu banyak hal yang terjadi.

Ada banyak orang yang kita temui secara umum, berpacaran dengan cara mereka alias nggak sehat.

Jadi jelas sekali bahwa menemukan hubungan yang sehat di zaman sekarang sangatlah sulit dan kebanyakan dari mereka terikat dengan dosa .

Mungkin kamu juga pernah berada dalam posisi demikian di masalalu, entah putus karena salah paham, emosi yang meluap-luap , memukul,memanfaatkan pacar atau  suka berbohong, danbanyak hal. Yang pasti kini  kamu menyadari bahwa kamu salah.

Alkitab menuliskan di Roma 12:2: "Janganlah kamu menjadiserupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu sehinggakamu dapat membedakan manakan kehendak Allah; apa yang baik yang berkenan kepada Allah yang sempurna."

Jadi jika ingin memiliki hubungan yang bertahan lama dansehat, jauh seperti masa lalumu atau drama pacaran yang kamu lihat darisekitarmu, pertama kamu harus merubah diri menjadi jauh lebih baik dari masa lalu.

Dibawah ini ada 4 hal berdasarkan firman Tuhan, bagaimana membangun pacaran sehat:

1. Saling mendorong satu sama lain menuju Kristus.


Apa sih perbedaan utama antara pacaran duniawi dengan pacaran yang sehat menurut kebenaran? Yap! Yesus adalah jawaban yang tepat.

Hubungan yang berpusat pada Kristus dan fokus pada kebenaranfirman Allah, akan jauh lebih sehat daripada hubungan yang dijalankan berdasarkan nilai-nilai duniawi..

Dengan mendorong satu sama lain untuk bertumbuhdi dalam Yesus, secara otomatis kalian akan bersikap proaktif melawan dosa, kalian menjadi mendukung satu sama laindalam cinta yang benar dan melakukan perbuatan baik. Kalian akan menjadiinspirasi banyak orang!

"Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik" (Ibrani 10:24).

So, mulai hari ini, cobalah untuk bahas mengenaiapa yang Tuhan ajarkan kepada kamu masing-masing mengenai hari-hari terakhirini, saling membagikan ayat Alkitab dan sharing, kamu juga bisa mendengarkan kotbahbersama atau saling mendoakan .

2. Jujur satu dengan yang lain dari dalam hati


Kita semua tahu bahwa kejujuran sangatlahpenting. Kejujuran dalam hubungan pacaran dan kepada orang lain lebih dari sekedar tidak berbohongJujur disini adalah tentang menjadi diri sendiri, denganseluruh keberadaanmu dan bahkan semua beban atau bahkan kebiasaan burukmu

Jujur saja satu sama yang lain juga kepada orang lain.

Percayalah dalam kelemahan dan kekurangan kalian, justru kuasa Tuhan menjadi sempurna. Dan jadi berkat!

3. Merawat diri sendiri


Hubungan yang sehat terdiri dari dua orang yang saling menjaga diri dengan baik.

Ya, kita di panggil untuk melayani orang lain juga dan nggak hanyadiri kita sendiri (Filipi 2:4), tapi 1 korintus 13:6 mengatakan bahwa kita adalah bait Allah dan Roh Allah berdiam di dalam kita.

Dan itu artinya kita harus memprioritaskan diri juga, menghormati Tuhan dalam diri kita sendiri, menghormati Dia dengan layak.

So, mulai hari ini: buatlah daftar perawatan diri sendiri dansengaja jadwalkan waktu untuk mengurus diri sendiri. Jangan melulu dengan pasangan.

4. Kalian harus mencari pembimbing alias memiliki mentoring


Guru terbaik adalah kesalahan kita sendiri dan guru terbaikkedua yang paling menyakitkan adalah kesalahan orang lain kepada kita. Ada begitu banyakhikmat di dalam tubuh Kristus yang bisa menyelamatkan kamu dari rasa sakit patah hati, dan dosa.

Nah itu sebabnya, kamu harus mencari dan memiliki kaka mentor. Supaya hubungan kalian tetap ada yang mengayomi.

Tuhan bisa bicara kepada siapapun. Sering sekali, Dia justrumemakai orang lain untuk menegur kamu. Carilah kaka kmentor yang bisa membangun kamu ya!

Amsal 13:20: "Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa yang berteman dengan orang bebal menjadi malang."

Hubungan sehat nggak dibangun dalam sehari atau dua hari,hubungan sehat nggak tercipta begitu saja. “Jika ingin menjaga kekudusan dalam hubungan, kamu harus kudus dulu.”

So, ini saat yang tepat buat kita mengubah pola yang salah danmembangun pacaran yang sehat.

 

Sumber : crosswalk

Ikuti Kami