Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
425


Dalam proses pertumbuhan anak, akan ada saatnya kita sebagai orang tua sudah nggak lagi mengurusnya selama 24 jam di dalam rumah dan selalu berada di sampingnya, pagi siang dan malam.

Mungkin pas usia 0-5 tahun, anak-anak masih sering sekali berada di dekat kita.  Dan dengan mudah, kita bisa mencari tahu kegiatan mereka dan mengetahui persis perubahan yang terjadi.

Lalu bagaimana jika anak kamu sudah beranjak usia dimana dia akan duduk di sekolah dasar?

Yap! Merelakan dia untuk pergi ke sekolah adalah hal yang sulit. Ada banyak persiapan bahkan pemikiran yang timbul mengenai kehidupan dan aktivitas anak-anak kita nantinya.

Sebagai orangtua, kita harus terus waspada dan perlu mengurus anak-anak dengan baik. Saat pergi dan pulang sekolah. Mencari tahu kegiatannya dengan banyak bertanya dan bercerita dengannya.

Hal itu sangat perlu supaya orangtua mengetahui perubahan apa yang sedang terjadi kepada sang anak, apakah itu positif atau justru negatif.

Karena, mau nggak mau, pas dia sudah sudah sekolah nanti, pertemanannya tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan dan karakternya kedepan.

Nah, supaya kamu tidak perlu kuatir dimana anak kamu menjadi terpengaruh sebaiknya kamu harus melatihnya terlebih dahulu di rumah sebelum mengirim dia ke sekolah :

1. Ajarkan anak untuk belajar mengucapkan terimakasih dan bersyukur

"....Aku hendak memuji Tuhan pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya di dalam mulutku. Karena Tuhan, jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita" (Mazmur 34:1-2).

Anak-anak nggak akan bisa mengucapkan terimakasih secara alami. Sebagai orang tua, kamu perlu mengajar mereka bagaimana mengekspresikan rasa terima kasih kepada Tuhan .

Sekolah adalah tempat yang bagus untuk menerapkannya. Ajarkan anak-anak kamu bahwa mereka harus berterimakasih untuk segala hal, baik itu untuk pekerjaan rumah mereka, atau teman-teman mereka. Nggak cuma itu,  ajar juga anak-anak kamu untuk berterimakasih kepada guru , semua teman sekelas , dan juga satpam yang telah menjaga sekolah serta cleaning service yang selalu menjaga kelas dan sekolah tetap bersih dan menyenangkan.

2. Ajar anak kamu mengenai kebaikan

Bullying adalah masalah yang paling sering dialami oleh anak-anak saat ini.  Dan kita harus tahu bahwa pencegahan dari awal dimulai dari rumah. Anak-anak sangat suka meniru, tak peduli apakah itu baik atau buruk.

Saya berdoa supaya anak-anak kamu tumbuh dan baik kepada semua orang. Ajarkan mereka juga berdoa dan melihat semua kebaikan yang dilakukan Tuhan di dunia ini bahkan disekitar mereka.

3. Ajarkan mereka tentang firman dan doa, supaya mereka memiliki kekuatan spiritual sejak kecil

Saat anak-anak kamu menunjukkan kebaikan, tentu kamu ingin mereka melakukannya terus menerus di dalam kebenaran iman akan Yesus Kristus kan?

Mari, ajak mereka untuk bergabung dengan komunitas gereja dan tunjukkan bahwa dirimu sebagai orangtua menghidupi iman di dalam Yesus dan Dia melakukan banyak hal yang ajaib dalam hidupmu dan keluargamu.

Cintai anak-anakmu, tunjukkan kasihmu seperti Yesus mengasihi kita semua sebagai anak-anaknya.

Nah itu dia 3 hal yang wajib banget kamu ketahui dan lakukan sebagai orangtua sebelum anak kamu memasuki ruang sekolah dan meninggalkan rumah untuk beberapa jam lamanya.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sifra gracia 18 October 2018 - 17:48:37

Apa yang harus dilakukan gereja dalam memghadapi t.. more..

0 Answer

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

Konselor