Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1153


Katanya, tidak perlu waktu yang lama untuk menyadari kita sedang jatuh cinta. Sayangnya, mempertahankan sebuah hubungan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada saja yang bikin kita ragu untuk memantapkan diri pergi ke jenjang yang lebih lanjut. 

Ada juga orang yang merasa pekerjaannya belum cukup baik dan aman sebagai bekal membangun sebuah keluarga. Daripada kita bahas mengenai alasan kenapa ada pasangan tidak kunjung menikah, yuk kita simak cerita seru dari mereka yang sudah pacaran dalam waktu yang cukup lama. 

Disini, pacaran lama dimaksudkan kepada sebuah hubungan pengenalan yang sudah terjalin lebih dari dua tahun lamanya.

Plusnya pacaran lama


Mengenal pasangan dengan baik 

"Kita udah tahu 'luar dalem'nya pasangan. Udah kayak temen, kakak, bahkan bodyguard atau suster yang sigap buat bantu kita. Kalau sedih ya bilang sedih. Kalau senang ya bilang senang. Tidak ada kata gengsi apalagi jaim diantara kita," kata Winda yang sudah bersama pasangannya selama 9 tahun. 

Pengalaman bersama yang bisa antarkan sampai ke pernikahan 

Beda lagi kata Maria yang sudah menjalin pasangan lebih dari 2 tahun yang mengatakan, "pacaran lama bikin kita punya banyak pengalaman dalam menyikapi suatu masalah bareng-bareng. Ini kan bisa jadi bekal saat menikah nanti."

Bikin kita pengin selalu memperbaiki diri  

“Pacaran lama bikin kita sadar kalau ada orang yang menantikan kita sebagai kepala keluarga nanti. Aku ngerasa kalau pengin ngelakuin yang terbaik aja gitu biar bisa jadi pasangan yang baik saat pernikahan nanti,” jelas Denny, yang sudah menjalin hubungan pengenalan selama 4 tahun. 

Minusnya pacaran lama


Lupa dengan kesukaan pasangan 

“Saking lamanya, aku udah nggak tahu lagi nih apa kesukaan pasanganku. Duh. Apa, ya?” Canda Vander yang sudah menjalin hubungan selama 10 tahun dengan pasangannya. 

Ada waktu dimana khawatir kalau hubungan akan gagal 

“Kadang, karena udah terlalu nyaman sama dia, pas putus jadinya males pacaran lagi karena harus mulai semuanya dari awal lagi. Takutnya kan udah percaya-percaya eh ternyata nggak sampai pernikahan bikin lama move on," terang Fina yang sudah bersama pasangannya selama 3 tahun. 

Potensi bikin minder itu juga ada, lho  

“Karena udah kenal satu sama lain dengan sangat baik, ada saatnya aku ngerasa kalau hubungan biasa aja. kalau berantem, masalahnya ya cuma itu, kapan nikah. Aku takutnya udah sampe sebegininya, eh dianya mudah aja melepaskan aku. Bikin minder juga sih, kayaknya dia berhasil ngeyakinin aku kalau ngga akan ada lagi yang tertarik selain dia,” curhat Vivi tentang hubungannya yang sudah terjalin selama 7 tahun. 

Khawatir tidak bisa menahan keinginan daging

“Karena terlalu lama, ada kalanya aku nggak bisa menahan keinginan daging. Hehe,” sambung Ria tentang minusnya pacaran yang terjalin cukup lama. 

Nah, dari temen-temen jawaban di atas, kita bisa lihat plus minusnya pacaran lama. Mulai dari bisa mengenalnya dengan sangat baik, nggak perlu jaim, sampai bikin minder. Satu hal yang perlu kita ingat kalau pasangan hidup adalah salah satu kasih karunia Tuhan kepada kita. 

Kita juga perlu menciptakan sebuah batasan saat pacaran. Jangan sampai si pacar bikin kita ketergantungan, misalnya kalau dia nggak ada kita jadi nggak semangat menjalani hari. Ingat juga kalau kita harus menjaga kekudusan tubuh kita ini. Karena tubuh kita ini adalah milik Tuhan. 

Inilah mengapa kita harus melibatkan Tuhan dalam setiap langkah yang kita hadapi bersama si doi. Jadi, apakah teman-teman disini punya pengalaman yang sama atau justru sedang menjalani hubungan yang sudah lama seperti teman-teman di atas? Kami siap mendengar ceritanya, lho :)


Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth