Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
566


Ada banyak banget alasan yang bikin kamu susah tidur dan akhirnya begadang. Bisa karena kebiasaan, karena asik main handphone, karena sering hangout dengan teman-teman, karena stress atau lembur karena banyak pekerjaan.

Begadang sekali seminggu sih nggak apa-apa, tapi nggak bagus banget kalau harus begadang setiap hari. Mnejaga pola tidur dan memenuhi waktu tidur yang cukup itu sangat dianjurkan banget bagi kita, demi kesehatan yang baik. Orang yang kurang tidur alias waktu tidurnya nggak teratur akan menyebabkan metabolisme atau kesehatan tubuhnya sangat terganggu. Tidur merupakan cara yang ampuh untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kurang fit, lelah dan letih supaya jadi bugar lagi.

Nah, itulah mengapa pentingnya waktu tidur kita diperhatikan. Untuk sebagian orang, tidur berjam-jam merupakan kenikmatan tersendiri, tapi bagi sebagian lagi justru tidur merupakan kegiatan yang sulit dilakukan. Memang setiap kita memerlukan waktu tidur yang cuku (* jam perhari), namun bukan berarti nggak ada batasannya, Meskipun nggak ada larangannya secara khusus berapa lama tidur , namun kebiasaan tidur nggak teratur tetap saja berdampak buruk bari kesehatan dan kehidupan kita.

Nah, sebagai peringatan bagi kamu yang hobi tidur lama-lama tanpa batas, inilah resiko yang bisa kamu alami :

 

1. Nyeri Punggung


Orang yang banyak tidur sering sekali mengeluh nyeri pada daerah punggung, telebih jika dia tidur pada kasur yang permukaannya keras, karena struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan seseorang saat tidur.

2. Daya ingat dan konsentrasi yang menurun


Tidur berjam-jam akan mengakibatkan kemampuan orang dalam berpikir menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena pas tidur, fungsi otak dalam berpikir nggak bekerja dalam waktu yang cukup lama, sehingga pada saat bangun, otak dipaksa aktif kembali. Inilah yang menyebabkan daya ingat otak dan konsentrasi menjadi terganggu.

3. Merusak otak


Tidur berlebihan akan memperlambat fungsi otak. Tidur dari 9 jam perhari beresiko mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Penuaan otak yang terjadi akan memperngaruhi daya ingat dan kemampuan berpikir seseorang menjadi menurun.

4. Diabetes


Pola tidur yang nggak teratur (berlebihan dan kurang) akan membuat kadar gula dalam tubuh juga meningkat. Nah jika kadar gula nggak bisa terkontrol, maka bisa menyebabkan diabetes.

5. Mood menjadi buruk


Nggak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, kebiasaan tidur berlama-lama akan mempengaruhi kesehatan mental juga. Kita akan lebih mudah tresinggung dan emosi.

Nah itulah 5 hal yang wajib banget kamu ketahui dan perlu kamu sadari jika tidur selalu kemaleman atau kebanyakan tidur. Semoga setelah membaca artikel ini, keesokannya kamu segera memperbaiki jam tidurmu ya! God Bless you.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sifra gracia 18 October 2018 - 17:48:37

Apa yang harus dilakukan gereja dalam memghadapi t.. more..

0 Answer

dwi sinjal 17 October 2018 - 10:20:40

Apakah seseorang yang belum mempunyai title sebaga.. more..

0 Answer

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

advertise with us