Bahaya Banget! Nggak Teratur Tidur Bikin Kamu Mengidap 5 Penyakit Ini. Hati-hati Lho.
Sumber: Google

Health / 21 February 2018

Kalangan Sendiri

Bahaya Banget! Nggak Teratur Tidur Bikin Kamu Mengidap 5 Penyakit Ini. Hati-hati Lho.

Naomii Simbolon Official Writer
1701

Ada banyak banget alasan yang bikin kamu susah tidur dan akhirnya begadang. Bisa karena kebiasaan, karena asik main handphone, karena sering hangout dengan teman-teman, karena stress atau lembur karena banyak pekerjaan.

Begadang sekali seminggu sih nggak apa-apa, tapi nggak bagus banget kalau harus begadang setiap hari. Mnejaga pola tidur dan memenuhi waktu tidur yang cukup itu sangat dianjurkan banget bagi kita, demi kesehatan yang baik. Orang yang kurang tidur alias waktu tidurnya nggak teratur akan menyebabkan metabolisme atau kesehatan tubuhnya sangat terganggu. Tidur merupakan cara yang ampuh untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kurang fit, lelah dan letih supaya jadi bugar lagi.

Nah, itulah mengapa pentingnya waktu tidur kita diperhatikan. Untuk sebagian orang, tidur berjam-jam merupakan kenikmatan tersendiri, tapi bagi sebagian lagi justru tidur merupakan kegiatan yang sulit dilakukan. Memang setiap kita memerlukan waktu tidur yang cuku (* jam perhari), namun bukan berarti nggak ada batasannya, Meskipun nggak ada larangannya secara khusus berapa lama tidur , namun kebiasaan tidur nggak teratur tetap saja berdampak buruk bari kesehatan dan kehidupan kita.

Nah, sebagai peringatan bagi kamu yang hobi tidur lama-lama tanpa batas, inilah resiko yang bisa kamu alami :

 

1. Nyeri Punggung


Orang yang banyak tidur sering sekali mengeluh nyeri pada daerah punggung, telebih jika dia tidur pada kasur yang permukaannya keras, karena struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan seseorang saat tidur.

2. Daya ingat dan konsentrasi yang menurun


Tidur berjam-jam akan mengakibatkan kemampuan orang dalam berpikir menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena pas tidur, fungsi otak dalam berpikir nggak bekerja dalam waktu yang cukup lama, sehingga pada saat bangun, otak dipaksa aktif kembali. Inilah yang menyebabkan daya ingat otak dan konsentrasi menjadi terganggu.

3. Merusak otak


Tidur berlebihan akan memperlambat fungsi otak. Tidur dari 9 jam perhari beresiko mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Penuaan otak yang terjadi akan memperngaruhi daya ingat dan kemampuan berpikir seseorang menjadi menurun.

4. Diabetes


Pola tidur yang nggak teratur (berlebihan dan kurang) akan membuat kadar gula dalam tubuh juga meningkat. Nah jika kadar gula nggak bisa terkontrol, maka bisa menyebabkan diabetes.

5. Mood menjadi buruk


Nggak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, kebiasaan tidur berlama-lama akan mempengaruhi kesehatan mental juga. Kita akan lebih mudah tresinggung dan emosi.

Nah itulah 5 hal yang wajib banget kamu ketahui dan perlu kamu sadari jika tidur selalu kemaleman atau kebanyakan tidur. Semoga setelah membaca artikel ini, keesokannya kamu segera memperbaiki jam tidurmu ya! God Bless you.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami