Kamu Millenial yang Lagi Bangun Startup Digital, Coba Ikutin Tips Menkominfo Ini Deh
Sumber: Jelasin.com

Finance / 12 February 2018

Kalangan Sendiri

Kamu Millenial yang Lagi Bangun Startup Digital, Coba Ikutin Tips Menkominfo Ini Deh

Lori Official Writer
2797

Bagi kaum millennial saat ini, kerja kantoran udah nggak lagi jaman. Mereka pun lebih memilih membangun bisnis sendiri. Biarpun harus dimulai dari nol, tapi mereka tetap merasa jauh lebih tertantang daripada harus bekerja untuk orang lain. Semangat berbisnis ini pun datang seiring perkembangan industri digital.

Bagi mereka yang lulusan IT, contohnya, akan memilih untuk mencoba mengembangkan skill dengan memunculkan beragam layanan digital berupa aplikasi yang sesuai kebutuhan generasi sekarang lewat ponsel pintar mereka.

Nah, untuk mendukung langkah kaum millennial dalam mengembangkan bisnis di dunia digital inilah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan tips suksesnya. Dia menyampaikan bahwa ada dua sektor yang potensial yang bisa digarap kaum millennial, diantaranya pendidikan dan kesehatan.

Rudiantara menilai kalau dua sektor ini adalah gudangnya uang. “Bukannya yang lain tak ada nilainya, tapi saya sarankan fokus ke pendidikan dan kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, bisnis di dunia pendidikan dan kesehatan punya peluang besar untuk sukses. Karena startup di kedua sektor ini masih sangat minim dibanding dengan startup di bidang bisnis online lainnya seperti Tokopedia, Gojek, Traveloka dan yang lainnya. Sementara startup di bidang pendidikan hanya terdiri dari beberapa saja, sebut saja RuangGuru, HarukaEdu, dan Bahaso. Sedang di bidang kesehatan terdiri dari Alodokter, HaloDoc dan Go-Dok.

Nah, supaya sukses di bidang startup bisnis ni, kamu kaum millennial harus menjalankan 5 tips ini:

1. Perluas Network

Ikutilah acara-acara yang berkaitan dengan start-up, seperti pameran, workshop, atau konferensi. Di sana kamu bisa, setidaknya, bertemu atau mendapat berbagai kisah dan kunci sukses dari pelaku startup ternama. Cobalah untuk mencari acara-acara semacam ini di website-website startup yang ada di Indonesia karena biasanya mereka akan memberitahukan berbagai event startup di website mereka.

Membangun network memang adalah hal yang sulit bagi beberapa orang, tapi ini adalah kunci utama seorang pelaku bisnis digital bisa sukses.

2. Maksimalkan Sumber Daya yang Ada

Sesuatu yang besar bakal bisa tercapai kalau nggak dilakukan bersama-sama. Ya, benar sekali! Tapi jangan pernah berpikir kalau kamu nggak bisa menjalankan bisnis ini kalau ternyata kamu hanya dibantu sama dua atau tiga orang saja. Cobalah memaksimalkan sumber daya yang ada. Karena banyak dari startup yang sukses ternyata hanya dikelola oleh maksimal 5 orang saja.

Baca Juga : Andy Zain: Startup Bukan Cuma Cari Untung Tapi Untuk Memberi Dampak & Value

3. Jangan Takut Gagal

Membangun bisnis adalah sebuah perjalanan jatuh bangun. Kita kadang suka bikin kesalahan fatal yang berujung pada kerugian besar. Tapi sadarilah kalau kesalahan adalah anak tangga menuju kesuksesan. Jangan pernah takut untuk melakukan uji coba kalau kamu penasaran melihat feed back dari konsumenmu. Cobalah mempelajari segala hal, mulai dari Google Adwords sampai bentuk-bentuk kampanye di sosial media. Kalau ternyata usahamu masih belum sukses, teruslah cari strategi lain untuk mengembangkan bisnismu.

4. Bersabar Dalam Proses

Startup semacam Gojek atau Bukalapak bahkan butuh waktu yang nggak sebentar untuk jadi sesuksesan hari ini. Bukalapak, misalnya, butuh tujuh tahun untuk bisa dikenal luas di masyarakat. Mereka pun memulainya dari nol dan terus berproses dan berinovasi sampai bisa dipercayai konsumen sebagai toko online yang terjangkau dan tak kalah saing dengan toko online lainnya.

Supaya nggak kalah saing dengan bisnis startup lainnya, cobalah berinovasi dengan produk sendiri. Fokus untuk mempertahankan dan mengembangkan kualitas produk sendiri. Karena kalau produk menarik, maka konsumen dan investor akan datang dengan sendirinya.

Baca Juga : 5 Hal yang Wajib Diketahui oleh Founder Startup

5. Fokus Pada Mimpimu

Langkah yang paling menentukanmu mencapai kesuksesan di bidang bisnis startup adalah tetap fokus pada mimpi. Fokus adalah langkah penting apakah bisnis startup mu nantinya akan bertahan lama atau hanya sekedar saja.

Dengan banyaknya pesaing bisnis, tanpa modal fokus jangan harap bisnismu bisa berkembang. Karena itu, tetaplah fokus kepada impianmu saat memutuskan membangun bisnis ada di awalnya.

Ada banyak tantangan yang pastinya akan kamu hadapi di awal. Tapi sebagai kaum millennial yang lebih suka tantangan, hal ini justru akan memacumu untuk terus mencoba. Iya kan?

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami