Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2346


Entah kenapa tiap kali mau kosisten nabung tiap bulan, malah gajinya abis mulu. Ya, nggak heran sih kalau gaya hidup kayak suka nge-mall, makan di luar, nongkrong, bayar utang sama harus bayarin tagihan sana sini bikin gaji kamu nggak bersisa tiap bulannya.

Mungkin kamu memang udah mulai mengubah gaya hidup yang lebih murah dan hemat. Kayak ngurangin makan di luar, ngontrol jajan di luar sampai nahan godaan belanja berlebih. Tapi kayaknya keuangan kamu masih tetap sekarat.

Kalau kamu emang masih belum berhasil nabung dengan cara-cara itu, mungkin kamu perlu ngelakuin 6 cara ekstrim ini.

1. Berhenti membeli barang-barang sekali pakai

Bagi yang belum nikah ada banyak orang yang merasa kalau membeli bahan-bahan sekali pakai akan sangat membantu. Kamu nggak perlu capek-capek nyuci gelas atau piring karena ada piring sama cangkir kertas sekali pakai. Padahal kalau diitung-itung, harganya lumayan mahal loh.

Daripada harus beli tiap bulan, mending beli yang bisa dipake berulang-ulang aja dong!

2. Pangkas biaya ke salon

Kalau bisa jujur ya, biaya ke salon itu bisa nguras kantong banget loh. Bayangin aja biaya potong rambut aja ke salon udah hampir 100 ribuan, belum lagi ditambah creambath, highlight sama yang lain. Buat yang bergaji tinggi emang sih pasti ratusan ribu mah bukan apa-apa. Tapi tetep aja kan ratusan ribu kalau ditabung ya lumayan.

Bukannya pelit sih, oke lah kalau potong rambut paling nggak kamu bisa bela-belain ke salon. Tapi misalnya buat ngecat atau nutupin uban di kepala bisa aja kan dikerjain sendiri di rumah. Atau minta tolong aja sama temmen yang pinter nyalon.

Baca Juga : 3 Hal yang Harus Orang Kristen Ketahui Tentang Uang

3. Tinggal di rumah kecil atau minimalis aja

Tiap tahun biaya maintenance rumah semakin mahal. Apalagi kalau rumahnya berukuran besar. Nggak cuma harus mikiran ngebayar listrik sama air tiap bulannya, tapi rumah berukuran besar bisa dikenai pajak yang mahal. Inilah alasan kenapa banyak orang memilih menjual rumah-rumah mereka dan pindah ke rumah yang lebih kecil seperti apartemen.

Kamu bisa menghemat biaya yang jauh lebih besar dari rumah kalau memilih tinggal di rumah yang lebih kecil.

4. Recycling barang-barang yang rusak atau nggak lagi dipakai

Gaya hidupmu yang serba pengen nyoba barang-barang baru hanya akan bikin kamu miskin. Tiap bulan kamu wajib beli barang baru buat mengganti barang-barang lama yang sebenarnya masih bisa dipakai. Padahal kamu bisa saja kreatif mengubah barang-barang lamamu jadi sesuatu yang baru dengan memermaknya. Misalnya, kaos-kaos yang nggak lagi kamu pakai bisa dipermak jadi kaos daleman ato gaun loh. Kamu cuma perlu belajar tutorialnya di Youtube. Banyak pokoknya!

Baca Juga : 3 Cara Terbaik Hentikan Stres karena Uang

5. Bercocok tanamlah di pekaranganmu

Punya rumah yang ada halaman atau pekarangannya sebenarnya sangat menguntungkan. Karena kamu bisa menanami berbagai jenis tanaman mulai sayur-sayuran, cabai, buah, dan tanaman untuk kebutuhan memasak lainnya. Saat kamu punya kebun kecil di sekitar pekarangan, kamu tentu saja nggak perlu harus membeli bahan untuk makananmu di supermarket. Hemat bukan?

6. Hemat kuota internet

Nah, di jaman yang serba digital ini kebutuhan akan kuota internet sudah seolah-olah jauh lebih penting dibanding kebutuhan akan makanan. Orang-orang tampak nggak bakal tahan kalau sehari aja nggak punya kuota. Padahal, buat ngisi kuota internet aja harganya lumayan mahal loh. Ada yang malah bela-belain ngisi kuota internet sampai jutaan rupiah tiap bulannya supaya tetap bisa eksis di dunia maya. Tentu aja, gaji bulanan juga bakal terkuras ke kuota internet kalau-kalau nggak pinter ngatur pemakaiannya. Kalau bisa sih, nggak perlu terlalu eksis atau sok pengena tahu semua hal ya. Bisa-bisa bukannya kamu dapet yang positif dan nambah ilmu dari dunia maya, tabungan kamu juga ludes loh.

Nah tuh, udah tahukan kegagalan kamu nggak bisa nabung dimana? Kalau pengen punya banyak duit ya perhatiin aja gaya hidup kamu. Lebih bijak aja deh buat milah milih mana yang prioritas buat dibeli sama ya nggak ya. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

1 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7191

Gempa Lombok