Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1011


Belakangan ini aku ketemu sama temen-temen yang ngerasa kalau mereka udah mulai bosen saja rutinitas dan keadaan hidup yang begitu-begitu aja. Mereka mulai bertanya-tanya soal kondisi karir yang nggak lagi menantang dan memberikan pertumbuhan yang lebih baik. Kemudian mulai bertanya-tanya mungkin saja kalau di luar sana mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih besar.

Ada juga yang ngerasa bosen karena masalah kehidupan asmaranya yang nggak kunjung jelas. Lingkungan yang sudah beberapa tahun ditinggali tampaknya nggak memberikan kesempatan besar untuk menemukan seseorang yang tepat.

Yang lainnya ngerasa kalau semua pencapaian dan hal-hal besar yang sudah dia dapat seakan nggak membuatnya benar-benar puas. Sehingga dia pengen sekali keluar dan memulai sesuatu yang baru dan asing.

Baca Juga : 5 Pola Hidup ala Alkitab Agar Alami Terobosan pada 2017

Ada perasaan galau dan bimbang karena bersamaan dengan perasaan bosen itu mereka masih terus mencari sesuatu yang mereka inginkan dan sukai.

Setelah menyimak semua kondisi yang dialami oleh temen-temen, aku jadi berpikir kalau di tengah perasaan bosen dengan hidup mungkin 6 hal ini bisa membantu kita untuk setidaknya mengurangi perasaan tak bergairah dalam hidup.

1. Lakukan satu hal baru setiap harinya

Supaya rasa bosen dan putus asa yang kamu alami sedikit berkurang, cobalah untuk menciptakan hal-hal baru. Contohnya, membuat jadwal berolahraga setiap hari bagi yang nggak pernah olahraga. Atau menghabiskan waktu setelah pulang kerja dengan keliling kota atau mengunjungi satu tempat baru.

2. Hadapi situasi buruk atau masalah dengan berani

Ada banyak orang yang merasa tertekan dengan pekerjaan sehingga membuat mereka mulai terdorong untuk lari dari masalah. Biasanya hal ini muncul karena kita dikuasai oleh pikiran-pikiran negatif. Kita berpikir kalau masalah itu nggak akan pernah selesai. Padahal, saat kita berani menghadapinya tak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan.

3. Tuliskanlah hal-hal yang membuatmu merasa bahagia

Saat kondisi hidupmu terasa membosankan, cobalah untuk tak terus-menerus berfokus pada ekspektasi yang kamu tetapkan. Sebaliknya, latihlah pikiranmu dengan hal-hal positif. Menulis hal-hal yang membuatmu merasa bahagia bisa jadi solusi yang tepat. Misalnya, tuliskan soal kenangan paling lucu bersama rekan-rekan kerjamu atau teman-temanmu. Atau menulis tempat-tempat yang paling kamu sukai di kota tempat tinggalmu.

4. Kontrol pikiranmu

Rasa bosen menjadi salah satu pemicu stress dan frustrasi. Otak adalah pusat dari perasaan tersebut. Saat kita sudah terserang stress, otomatis tubuh akan meresponnya. Stress bisa memicu seseorang nggak selera makan, pusing dan merasa penat sampai akhirnya bisa membuat kita jatuh sakit.

Untuk itulah penting bagi kita mengontrol pikiran. Alih-alih pusing memikirkan kondisi hidup, akan lebih baik kalau mengambil waktu untuk mengalihkan pikiran dengan berolahraga.

5. Tuliskan mimpi-mimpimu satu per satu setiap hari

Masa muda adalah masa dimana kita berapi-api untuk menjadi sesuatu yang berarti. Ada segudang mimpi yang harus dicapai, karena itulah kita merasa kurang nyaman saat kita mulai mengerjakan hal yang begitu-begitu saja setiap hari.

Untuk mengurangi rasa bosen, ada baiknya menuliskan satu per satu setiap mimpi-mimpi yang pengen kamu raih. Hal ini bisa jadi pemicu buat kamu untuk terus maju dan pantang menyerah. Api gairah itu akan terus menyala karena kamu tahu apa yang pengen kamu lakukan ke depan.

6. Mulai kenali potensi dirimu

Saat merasa bosen dan kehilangan tujuan hidup, kita seringkali akan merasa kehilangan identitas diri. Kita akan menilai diri kita adalah sosok yang lemah, nggak punya kelebihan dan skill. Karena itulah kita berpikir kalau kita tak akan bisa menemukan sesuatu yang lebih baik dari saat ini.

Supaya nggak terjerat dengan intimidasi itu, ada baiknya kembali mengenali potensi dirimu. Misalnya, dengan menanyakan kepada orang-orang terdekat soal kualitas dirimu. Mungkin beberapa jawaban dari mereka bisa membangkitkan kembali harapanmu akan masa depan yang lebih baik.

Baca Juga : Coba 6 Tantangan Ini Untuk Menghilangkan Kebosanan Hidupmu

Beberapa poin di atas mungkin saja bisa membuat rasa bosanmu hilang. Atau sebaliknya bisa juga membuatmu menjadi lebih mantap untuk meninggalkan pekerjaanmu yang sekarang, mulai membuka bisnis sendiri atau mencari pekerjaan yang lebih menantang dari yang saat ini. Hal ini tentu saja sangat baik. Karena kamu punya visi besar yang harus kamu lakukan di depan.

Ingatlah kalau dalam segala sesuatu ada masanya. Setiap kita pasti akan melewati musim-musim yang berbeda. Ada masanya untuk tetap tinggal, ada juga masa untuk pergi. Tapi percayalah kalau setiap musim bisa kita lewati dengan sukses kalau kita benar-benar punya gairah untuk terus maju dan mengandalkan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Owen 19 August 2018 - 12:31:02

Nats Alkitab yang bercerita tentang rapat

1 Answer

Devon ryanto 19 August 2018 - 12:22:57

Cara menang dari dosa pornografi?

1 Answer

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7191

Gempa Lombok