Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
305


Bagi sebagian besar para pekerja kantoran, komputer merupakan alat yang paling vital untuk menunjang pekerjaannya. Mulai dari pagi hingga sore, kita menghabiskan waktu di hadapan layar komputer, mulai dari mencari data, menginput data, mengolah data hingga menulis bagi para penulis.

Selama berjam-jam berada di hadapan layar komputer tentunya sangatlah melelahkan. Hal ini tentunya membuat mata kamu menjadi kurang sehat dan sangat nggak baik untuk kesehatan mata kamu.

Namun, hal itu memang nggak bisa kita hindari karena sudah menjadi salah satu bagian dari pekerjaan. Gejala mata yang nggak sehat dan diakibatkan oleh radiasi layar adalah kelelahan mata, pandangan kabur, dan mata perih.

Nggak hanya itu, biasanya juga mata akan disertai dengan kondisi yang kering dan masalah visual lainnya mengakibatkan gangguan pada sakit pada kepala, leher dan bahu. Kalau nggak segera di antisipasi, maka gangguan mata seperti ini bisa berakibat sangat fatal dan fungsi mata akan sangat berkurang secara signifikan.

Nah, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari efek buruk komputer  dari mata kamu sebelum semakin parah:

1.   Gunakan pelindung layar komputer atau filter

Yap! kamu perlu menggunakan pelindung layar komputer untuk mengurangi radiasi oleh suatu layar komputer. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan radiasi yang rendah seperti LCD dan LED pada komputer kamu.

2.  Gunakan penerangan yang cukup


Kebanyakan ruangan kantor menggunakan pecahayaan yang terlalu terang bahkan terlalu keras misalnya sinar matahari langsung. Padahal, semakin terang bukan berarti semakin baik karena cahaya yang berlebihan akan menambah ketegangan pada mata.

Jika disekitar kamu terdapat jendela, gunakan tirai untuk meminimalisir cahaya yang masuk dan lebih baik lagi kalau kamu mematikan lampu karena akan mengehemat energy.

3.   Atur pencahayaan pada layar monitor kamu


Salah satu cara yang sangat sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketegangan mata kamu pas bekerja adalah, kamu bisa mengatur pencahayaan pada layar monitor kamu seperti mengatur tingkat keterangan serta kontras pada layar komputer. Aturlah pencahayaan layar monitor sesuai dengan kenyamanan mata kamu.

4.  Istirahat 15-20 menit


Nggak terasa bahwa kamu telah seharian berada di depan layar monitor dan tentunya menyebabkan mata kamu sudah mulai terasa lelah. Nah, saatnya kamu istrahatkan mata kamu. Para ahli mata merekomendasiikan untuk menginstrahatkan mata kamu sekitar 15 sampai 20 menit dalam setiap dua jam sekali agar mata kamu menjadi rileks. Pergilah berjalan-jalan sekitar kantor, melihat dedaunan biru dan yang pasti jangan melihat komputer atau handphone selama 15-20 menit.

5.   Ikuti kaidah 20-20-20

Sudah pernah dengar metode ini? Ketika kamu sedang menatap layar, mata kamu akan berkedit dua pertiga kali lebih jarang setiap menitnya. Itulah yang bikin mata kamu lebih mudah kering dan juga dapat menimbulkan iritasi.

Nah, cobalah pakai metode 20-20-20, dimana kamu harus mengalihkan padangan mata kamu setiap 20 menit sekali untuk melihat benda berjarak 20 kaki dari tempat kamu dan itu selama 20 detik.

Nah, 5 hal itu wajib kamu lakukan dan jangan anggap sepele ya. Mata merupakan anggota tubuh yang sangat penting  dan wajib kamu jaga dengan baik. Semoga artikel ini memberkati.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us