PGI Angkat Bicara Soal Kabar Gugatan Cerai Ahok
Sumber: kompas.com

Nasional / 10 January 2018

Kalangan Sendiri

PGI Angkat Bicara Soal Kabar Gugatan Cerai Ahok

daniel.tanamal Official Writer
6451
Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) angkat bicara mengenai kabar gugatan cerai yang dilayangkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada istrinya, Veronica Tan. Menurut PGI didalam kekristenan tidak diperkenankan setiap pasangan yang telah menikah untuk bercerai.

"Dalam kekristenan, tidak memperkenankan adanya perceraian. Dasar dari perkawinan adalah cinta kasih. Saya meyakini Kasih dapat mengatasi berbagai problem keluarga, termasuk hubungan suami istri yang paling krusial. Itu sebabnya gereja tidak pernah melihat perceraian sebagai solusi  permasalahan keluarga," ujar Sekretaris Umum PGI Pendeta Gomar Gultom, Selasa (9/1/2018).

Dirinya menambahkan bahwa karena tidak diperkenankan adanya perceraian, tidak ada tata cara cerai menurut hukum Kristen, seraya mengingatkan umat, bahwa yang telah dipersatukan melalui perkawinan, hanya dapat dipisahkan oleh kematian. Namun, dirinya menyadari bahwa saat ini aturan di sejumlah gereja makin longgar dan mengikuti kebutuhan orang yang sedang dalam masalah.

Ketua PGI dari bidang kategorial, Pendeta Albertus Patty, ikut mengatakan bawa di dalam Kekristenan ada hal-hal tertentu yang menyebabkan perceraian dimungkinkan oleh gereja. "Tapi bukan berarti tidak bisa sama sekali. Ada banyak kasus, misalnya kasus KDRT, perzinahan dengan orang lain," jelasnya.

Dalam kondisi saat ini, dimana surat gugatan perceraian telah masuk di Pengadilan Negeri, gereja dimana Ahok dan istrinya berjemaat, pastinya sudah melakukan mediasi agar tidak melakukan perceraian. "Ya, gereja Ahok dan Vero itu harusnya melakukan pastoral atau pelayanan, apakah masih ada yang bisa diperbaiki atau mediasi, seperti itu," tambahnya.

Sejak beberapa hari ini kabar soal gugatan cerai Ahok kepada istrinya membuat publik kaget dan menimbulkan gelombang pertanyaan, alasan apa yang membuat tokoh seperti Ahok yang dikenal punya integritas tinggi, mau bertindak diluar kewajaran. Namun hingga saat ini, alasan tersebut masih dirahasiakan oleh pihak dari Ahok dan jugas istrinya. Semoga jalan keluar terbaiklah nantinya yang akan diambil oleh Ahok.

 


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami