Hobi Duduk Bersila? Waspadai 4 Bahaya Ini
Sumber: https://cdn.thealternativedaily.com/wp-c

Health / 5 January 2018

Kalangan Sendiri

Hobi Duduk Bersila? Waspadai 4 Bahaya Ini

Inta Official Writer
9453

Kebiasaan orang Indonesia yang lebih suka duduk di bawah membuat kita seringkali memilih untuk memposisikan kaki kita dengan bersilang. Selain nyaman, posisi duduk bersila dianggap merupakan posisi duduk yang sopan. Siapa sangka kalau ternyata kebanyakan duduk bersila juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan? Yuk simak bahaya dari duduk bersila dibawah ini. 

1. Nyeri perut bagian bawah 

Nyeri yang ditimbulkan ini adalah akibat dari penekanan pada bagian perut. Ketika kita duduk bersila, tekanan berat badan cenderung ada pada bagian perut yang  menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika dibiarkan selama satu jam lebih, rasa nyeri ini dapat menjalar ke bagian ulu hati. 

2. Kesemutan, kram dan nyeri pada kaki 

Duduk bersila membuat aliran darah pada sekitar kaki tersumbat. Hal ini kemudian membuat bagian kaki menjadi mati rasa atau kesemutan. Jika hal ini terjadi, segeralah luruskan bagian kaki agar peredaran darah kita menjadi lebih lancar. 

Peredaran darah yang tersumbat juga dapat menyebabkan nyeri dan kram pada bagian jari-jari kaki karena oksigen yang ada di dalam darah ikut berhenti. 

3. Terjadinya varises 

Varises terjadi karena pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Jika kita terlalu sering duduk bersila, potensi aliran darah di pembuluh vena tersendat menjadi lebih besar. 

4. Perubahan bentuk tulang belakang 

Saat duduk bersila, kita cenderung merasa nyaman sehingga kita membiarkan punggung ada dalam posisi membungkuk. Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, kondisi bungkuk ini akan menjadi permanen.

Tidak hanya saat duduk bersila, pada kegiatan apapun, ada baiknya kita memposisikan bagian punggung kita dengan lurus sehingga mengurangi resiko punggung yang bungkuk.

Baca juga: Awas! Sifat Selalu Ingin Berasa Benar Bisa Cirikan Kita Kena Efek Dunning Kruger, Lho

Agar tidak terjadi hal-hal diatas, ada baiknya kita melakukan hal-hal ini ketika memilih untuk duduk secara lesehan atau di lantai.  

1. Mengubah posisi kaki ketika mulai merasa tidak nyaman. Usahakan untuk memilih posisi kaki yang lurus.  

2. Saat duduk, cobalah untuk memposisikan punggung kita dengan tegap. Selain agar tidak mudah lelah, posisi tegap juga membuat kita bernapas lebih baik. Menurut penelitian, duduk tegap membuat seseorang mendapatkan banyak energy dan rasa optimis. 

3. Jika kita tahu kalau kita akan duduk bersila untuk waktu yang lama, ada baiknya untuk mengambil waktu sejenak untuk berdiri dan keluar untuk menghirup udara segar sambil merenggangkan kaki. 

4. Jika kita merasa otot kaki terasa tegang, cobalah untuk mengoleskan balsem, minyak atau krim yang fungsinya untuk mengendurkan otot kaki yang kaku. 

Walaupun duduk, tubuh kita tetap kehilangan energi, karenanya pastikan untuk membekali diri kita dengan air putih. Kekurangan cairan tubuh juga bisa menjadi pemicu seseorang lebih mudah pegal-pegal dan kesemutan.


Sumber : halosehat
Halaman :
1

Ikuti Kami