Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
1998


Baru saja kemarin kita merayakan Natal, kita melihat bagaimana meriahnya bangunan gereja yang dihias dengan warna merah, hijau, emas yang dominan, pohon Natal yang gemerlap dan lagu-lagu Natal. Salah satu yang paling dirindukan pada saat Natal adalah ketika kita disibukkan dengan hiasan khas Natal. Tahu nggak sih, ternyata dibalik serunya mendekorasi pernak-pernik, setiap hiasan mengandung maknanya tersendiri, lho. Kita simak, yuk. 


1. Bintang & Tiga Raja (Lambang Ketaatan & Kerendahan Hati)

Seperti yang kita tahu, saat Yesus lahir, ada Tiga Raja yang mendengar tentang kelahiran Yesus dari Timur. Kemudian, Tiga Raja ini mengikuti petunjuk bintang langit yang menunjukkan dimana Yesus berada. 

Saat Tiga Raja ini sampai ke tempat dimana Yesus dilahirkan, mereka mempersembahkan emas, kemenyan dan mur sebagai simbol kerendahan hati. Jadi, makna dari hiasan Natal Tiga Raja ini mengingatkan kita untuk senantiasa taat dan rendah hati. 


2. Krans Dedaunan (Lambang Harapan, Suka Cita & Kasih)

Dedaunan yang dirangkai melingkar ini biasanya disebut rangkaian adven. Rangkaian ini menggambarkan perjalanan umat kristiani, khususnya katholik dalam masa penantian (harapan) akan kedatangan Tuhan di hari Natal. Adven sendiri berasal dari kata latin yaitu adventus berarti “kedatangan” masa – masa atau periode sebelum Natal yang dimulai pada minggu ke – 4 sebelum Natal dan berakhir pada malam Natal.


3. Lonceng (Lambang Kegembiaraan)

Ketika lonceng – lonceng dibunyikan, maka suaranya menyemarakkan seluruh bumi. Tak hanya di hari Natal, di beberapa gereja di dunia lonceng dibunyikan pada jam – jam tertentu. Lonceng telah lama menggambarkan kegembiraan dan suka cita yang ada pada setiap Natal.


4. Lampu (Terang Dunia)

Kristus adalah terang dunia dan karena itu manusia harus menjadi seperti Dia, menjadi terang di tengah kegelapan (Mat. 5:14). Tidak seperti lampu – lampu di mall, atau toko yang digunakan untuk mencari perhatian, tapi terang bagi Cahaya Kristus yang sebenarnya adalah kita, yaitu umat manusia yang harus menjadi terang sebagai teladan sesama. So, jadilah terang untuk kemuliaan – Nya!


5. Permen Tongkat (Penuntun dan Nasihat)

Lengkungan yang ada pada benda tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan tongkat gembala sehingga mampu membantu gembala mengarahkan domba – dombanya ke jalan yang benar. Kita pun harusnya juga mempunyai fungsi seperti itu, mengarahkan dan mencoba mengembalikan yang sedang berjalan menyimpang. Jangan menyimpan keselamatan untuk diri sendiri, tapi usahakanlah juga agar orang lain menerimanya.


6. Sinterklas (Lambang Kebaikan Tuhan & Berkat)

Sinterklas  merupakan cerminan dari seorang bernama Nicholas yang begitu murah hati membantu orang lain. Apa yang ia lakukan kiranya juga bisa menjadi inspirasi buat kita melakukan hal yang sama, menjadi pribadi yang murah hati. 


7. Malaikat (Lambang Cinta, Kesucian & Perdamaian)

Karena kecintaan Tuhan terhadap umatNya. Kelahiran Yesus diberitakan ke seluruh belahan dunia melalui kabar yang dibawa oleh malaikat. Kabar ini mengandung makna damai bagi umat dan kecintaan terhadap Tuhan yang rela hadir ke dunia dengan menjelma menjadi manusia.


Wow. Ternyata dibalik indahnya hiasan Natal yang biasa kita lihat, ada banyak maknanya. Kiranya sukacita yang ada pada Natal senantiasa ada di dalam hati kita setiap waktu. 


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Stefanus Sapta 16 January 2018 - 14:05:40

pengaruh negatif sosial media terhadap hubungan su.. more..

0 Answer

Bennett 15 January 2018 - 18:41:53

Hitunglah energi potensial benda 10kg pada ketingg.. more..

0 Answer

Yasin al farisi 15 January 2018 - 17:20:39

Dua buah gaya dikatakan seimbang bila

0 Answer


Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Desy Natalia Putri Lumbanbatu 6 January 2018 - 23:09:26
Sebenarnya saya sudah diujung keputusasaan.. Buka... more..

Agus Hermawan 5 January 2018 - 11:47:42
Saya sudah jenuh menjalani hidup yg begini terus, ... more..

susy christina 30 December 2017 - 16:14:31
Saya LDR bertahun tahun dengan suami, kami sudah p... more..

Banner Mitra Week 2


7357

advertise with us