Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2171


Pulang kampung (pulkam) sudah menjadi tradisi keluarga Indonesia selama libur akhir tahun. Pasalnya, saat pulkam selama liburan keluarga akan meninggalkan rumah, dan kemungkinan menjadi target empuk pelaku kriminalitas dan mungkin juga terjadinya kebakaran. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tips ini bisa membantu menenangkan hatimu selama meninggalkan rumah:

#1 Buat rumah seperti tidak sedang kosong

Selama pulkam, hindari hal-hal yang menunjukkan bahwa rumah tampak kosong, seperti lampu rumah yang terus menyala. Jadi, bila perlu pasang lampu otomatis menyala dan hidup dalam waktu yang diinginkan. Lalu, taruh sandal di luar rumah, agar pelaku kejahatan yakin rumah tidak kosong.

#2 Jangan tinggalkan barang-barang berharga

Saat pulkam, pastikan barang berharga tidak tersimpan di dalam rumah. Bila perlu bawa semua barang-barang mewahmu serta, seperti perhiasan emas dan uang kas. Sedang kendaraan yang kamu tinggalkan bisa dititip kepada tetangga atau orang terdekat yang tidak pulang kampung.

#3 Pastikan pintu dan jendela rumah tertutup rapat

Sebelum berangkat, pastikan kondisi setiap sudut rumah. Periksa jendela dan pintu-pintu yang ada, apakah sudah terkunci rapat atau belum. Jangan pernah menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga. Akan jauh lebih aman apabila dititipkan kepada tetangga.

Baca Juga : 5 Tips Ini Bantu Liburan Keluarga Anda Menjadi Lebih Berharga

#4 Matikan lampu-lampu yang tidak perlu

Jangan pernah lupa mematikan lampu atau aliran listrik yang mengalir di dalam rumah. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya arus pendek listrik penyebab kebakaran.

#5 Pasang CCTV kontrol di sekitar rumah

Kecanggihan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk alat kontrol rumah. Pasanglah CCTV di sekitar pintu atau ruang tamu, bila perlu gunakan CCTV yang bisa dihubungkan dengan ponselmu. Alat ini bisa digunakan sebagai kontroler jarak jauh.

#6 Minta bantuan tetangga dan satpam kompleks

Beritahukan rencana keberangkatanmu ke tetangga, ketua RT, dan petugas keamanan komplek perumahanmu. Minta bantuan mereka menitipkan rumah dan memeriksa sekali-kali ke sekitar rumah.

#7 Tetap berdoa atas keamanan rumah

Bagaimanapun Tuhan adalah sumber perlindungan, jadi serahkan seluruh rencanamu dan bahkan juga rumah kepada Tuhan. Meminta agar menjauhkan niat-niat jahat orang lain terhadap rumah yang sedang kamu tinggalkan.

Baca Juga : Manfaat Liburan Keluarga Bagi Anak

Intinya, jangan pernah khawatir dengan apapun juga dan percayakan segala sesuatu ke dalam tangan Tuhan. Jangan biarkan rasa khawatir merengguk sukacita kamu selama liburan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nehemia 18 June 2018 - 21:20:15

Cara mempertahankan hubungan

0 Answer

johny santoso 18 June 2018 - 14:02:48

perceraian

0 Answer

Ajat Rukajat 17 June 2018 - 03:30:11

bagaimana agar motivasi menjadi penulis novel teta.. more..

0 Answer


MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Banner Mitra Week  3


7436

advertise with us