Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1142


Tidak dapat dipungkiri salah satu yang tidak pernah terlewatkan menjelang Natal adalah lagu – lagunya. Ya, biasanya lagu – lagu Natal tak hanya kita dengar ketika sedang berada di rumah, melainkan di toko buku, mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Seperti yang kita tahu, biasanya, sebuah lagu akan mengandung makna khusus. Kali ini, yuk kita bahas kisah lagu Natal yang kita sering nyanyikan pada masa Natal ini.


1. Silent Night

Pada tahun 1818 menjelang malam Natal, seseorang pendeta Austria, Joseph Mohr, diberi tahu bahwa piano di gerejanya rusak, dan perbaikannya akan memakan waktu lama sehingga tidak dapat dipakai untuk mengiringi ibadah malam Natal. Ia pun kebingungan mencari jalan keluarnya. 

Ia pikir, ‘masa Natal tidak diiringi musik?’  Kemudian sang pendeta pun duduk dan mengubah lagu agar dapat dinyanyikan oleh paduan suara dengan iringan gitar. Ia menulis tiga bait yang sederhana, namun memiliki melodi yang kuat. 

Malam itu jemaat di gerejanya menyanyikan Silent Night (Malam Sunyi) untuk pertama kalinya. Tercipta karena sebuah piano yang rusak, lagu ini justru menjadi salah satu lagu Natal paling populer hingga sekarang.


2. White Christmas

Siapa sangka kalau salah satu lagu yang banyak di putar saat Natal ini sebenarnya terdapat kisah sedih dibaliknya. Kesuksesannya sebagai lagu terlaris sepanjang masa sejak 1941 sebelum dipecahkan oleh lagu Candle in The Wind pada tahun 1997. 

Lagu ini ditulis oleh komposer berkebangsaan Rusia dan Yahudi bernama Irving Berlin. Irving tidak merayakan Natal, namun dia menciptakan lagu ini karena terbawa perasaan sedih ketika anaknya meninggal tiga minggu sebelum Natal. 

Setiap menjelang Natal, Irving mendatangi makam anaknya itu. Tapi dibalik sedihnya kisah ini, lagu White Christmas selalu menyenangkan untuk didengar kembali pada bulan Desember, kan?


3. Joy To The World

Sebagai salah satu nyanyian Natal yang penuh sukacita, Joy to The World tidak menyebut – nyebut para gembala, malaikat dan orang majus. Fokusnya nyanyian ini berada pada sukacita umat manusia karena kedatangan Kristus. 

Lagu ini merupakan parafrase bagian akhir Mazmur 86. Meskipun semula merupakan lagu tentang perlindungan Tuhan atas umat pilihan-Nya dan penantian saat pemerintahan-Nya sebagai Raja atas seluruh bumi. 

Watts mengubahnya menjadi pujian Perjanjian Baru. Lagu ini menggambarkan keselamatan yang dimulai sewaktu Allah menjelma menjadi Bayi di Betlehem yang ditetapkan untuk menyingkirkan dosa – dosa sejak kejatuhan Adam.


4. O Little Town Of Bethlehem

Phillips Brooks, pendeta Holy Trinity Church di Philadelphia, AS, pada 1865 melakukan perjalanan ke Tanah Suci - mengunjungi Betlehem pada Malam Natal dengan mengendarai kuda. Ketika mempersiapkan diri untuk kebaktian Natal 1868, Ia teringat akan perjalanannya itu dan menulis 5 bait puisi yang kita kenal sebagai O Little Town of Bethlehem.


Seperti apapun kisah dibalik lagu Natal yang populer ini, kita sebagai umat yang merayakan harus tetap bersuka cita akan hari kelahiran-Nya. So, dari lagu – lagu Natal populer diatas, mana sih yang jadi favoritmu?


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth