Sedih Resolusi Tahun Ini Ngga Tercapai? Coba Yuk Cara Ini, Tahun 2018 Nanti Pasti Beda
Sumber: Pexels.com

Finance / 14 December 2017

Kalangan Sendiri

Sedih Resolusi Tahun Ini Ngga Tercapai? Coba Yuk Cara Ini, Tahun 2018 Nanti Pasti Beda

Puji Astuti Official Writer
2230

Tahun baru sudah di depan mata, tapi pas lihat catatan resolusi di tahun 2017 ini banyak yang ngga tercapai. Sedih sudah pasti, apa lagi ditambah perasaan gagal, hal ini pasti bikin kamu bete di akhir tahun ini. Tapi ada kabar baik buat kamu, ada satu cara yang akan bikin tahun 2018 ngga sama dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Ya, tahun 2018 akan berbeda karena di tahun ini kamu pasti bisa mencapai resolusi-resolusi yang kamu tetapkan untuk dicapai. Gimana caranya? 

Albert Einstein pernah berkata bahwa, "Kegilaan adalah melakukan hal yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda." 

Nah, pastikan kamu ngga melakukan kegilaan ini ya. Ini saatnya memakai cara yang berbeda, supaya hasil yang didapat berbeda juga pastinya. Penasaran nih sama cara ampuh mencapai resolusi 2018? 

Mengubah resolusi menjadi questolutions 

Apa itu questolution? Hal itu adalah membuat pertanyaan yang berkaitan dengan resolusi kamu. Mengapa? Menurut para pakar psikologi, saat kamu membuat target kamu menjadi sebuah pertanyaan, otak kamu akan tertantang untuk mencari solusi dan menyelesaikan tantangan tersebut. 

Contohnya : Kalau resolusi kamu adalah menurunkan berat badan 10 kg, maka kamu harus menuliskannya menjadi, "Bagaimana caranya supaya saya bisa menurunkan berat badan 10 kg dalam jangka 6 bulan?"

Baca juga : Renungan Tahun Baru : Kesempatan untuk Memulai Hal Baru


Sedikit perubahan ini akan berdampak besar dalam pola pikir dan bertindak kamu. 

"Saat kamu menanyakan orang tentang melakukan perubahan pola hidup ke depan, kemungkinan besar maka dia akan melakukan perubahan itu," demikian ungkap David Sprott, dosen senior di Carson College Business, Washington State University. 

Dari pada membuat pernyataan target, kamu bisa membuat pertanyaan bagaimana mencapai target tersebut. Hal itu akan merangsang otak kamu untuk berpikir langkah-langkah praktis apa yang harus dilakukan, kamu bisa menjadi lebih kreatif dengan cara-cara yang akan ditempuh dan juga menemukan solusi mencapai target tersebut. 

Selain itu saat kamu bertanya pada dirimu sendiri tentang target dan resolusi kamu, hal itu dapat memfilter mana yang realistis dan mana yang tidak. Kamu juga bisa membuat tantangan atau challenge yang fun dan mengasikkan untuk dirimu sendiri. Jangan lupa ya, kamu juga harus beri reward atau hadiah buat dirimu kalau kamu mencapai tantangan-tantangan tersebut. 

Nah, sekarang siapkan kamu untuk menghadapi tahun yang baru? Ingat ya, kamu harus selalu optimis, sebab Tuhan berjanji, "Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang." (Amsal 23:18)

Baca juga : Selamat Tinggal Masa Lalu, Selamat Datang Masa Depan

Halaman :
1

Ikuti Kami