Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
847


Tentu sebuah hubungan pacaran yang sudah serius akan memikirkan pernikahan. Namun ada begitu banyak pasangan yang sering sekali mengabaikan pembicaraan-pembicaraan penting sebelum menikah. Mereka lebih memfokuskan diri mengatur jadwal pernikahan mereka, memfokuskan diri mengenai baju yang akan digunain, konsep pernikahan dan lain-lain.

Namun sebenarnya, sebelum memikirkan itu, terlebih dulu harus ada  pembicaraan mengenai hal-hal krusial yang mungkin akan menjadi masalah di masa depan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dibicarakan oleh pasangan sebelum menikah supaya nggak menjadi masalah besar saat dalam berumah tangga kedepan,:

1.  Tempat tinggal


Tempat tinggal menjadi topik dasar dalam membangun hubungan rumah tangga. Apakah kalian akan tinggal bersama mertua, menyewa rumah atau membeli rumah sendiri? Apakah kalian sudah bersepakat tentang keputusan itu?

Seringsekali masalah besar seperti tempat tinggal nggak dipikirkan matang dan disepakati yang akhirnya menjadi masalah kedepan, apalagi dalam hubungan pernikahan.

Namun belajar dari Alkitab yaitu di Matius 19:5, sebaiknya pasangan yang sudah menikah berpisah dengan orangtua dan nggak tinggal serumah

2. Siapa yang akan mengatur keuangan didalam rumah tangga dan bagaimana sistem mengatur keuangan yang disepakati.


Entah si pria atau si wanita, namun yang pasti, kalian harus lebih dulu membicarakan hal ini agar nggak jadi konflik di masa depan. Siapa yang akan memegang keuangan, mengurus keperluan rumah tangga dan berapa yang harus dikeluarkan setiap bulannya, tentu harus mulai dibicarakan. Selain itu, kalian juga sudah mulai bicarakan target keuangan kalian, seperti tabungan atau investasi untuk masa depan jika perlu.

3.   Nggak semua  urusan rumah harus di kerjakan oleh istri, cobalah bicarakan bagaimana sebaiknya kalau kalian menikah nanti


Perempuan tidak harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri. Ada kalanya ini harus dibicarakan apabila kalian berdua memiliki karier masing-masing. Agar beban bisa dibagi sama rata, maka tugas rumah tangga harus dibagi susuai dengan kesepakatan bersama. Bila penting, kalian bisa diskusi apakah perlu menyewa seseorang untuk meringankan pekerjaan rumah tangga kalian. Seperti seseorang membantu menyuci, setrika atau membersihkan rumah.

4. Masa udah menikah, apa-apa selalu orangtua yang berurusan


Yap! Hal ini sangat penting untuk dibicarakan. Nggak peduli apakah nggak tinggal sama mertua atau bahkan tinggal bersama mertua. Kalian harus bicarakan, sejauh mana orangtua akan terlibat atau memberi masukan atas masalah pribadi kalian atau nggak. Hal ini harus bisa kalian hadapi, diskusikan dan sepakati bersama. Menikah sama saja seperti mengenal pasangan lebih jauh, jadi bersiaplah menghadapi tantangan menarik yang akan kalian hadapi bersama. Dengan masalah-masalah rumah tangga, mungkin dapat mempererat tali pernikahan kalian bersama.

BACA JUGA: Yakin Nggak Posesif? Coba Cek Dengan Hal-Hal Berikut Ini

Demikian 4 hal yang wajib kalian bicarakan sebelum melanjut ke pernikahan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian. Jangan lupa bahwa hal terpenting dalam sebuah hubungan adalah kerjasama dan saling percaya, juga libatkan Tuhan dalam hubungan kamu. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:24:26

Sya mnta bntuan buat ibunda q trsyang agar lepas d.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us