Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
295


Ratusan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GPMKS) menyambangi kota Serang sebagai kota tujuan ke-26 untuk menyebarkan agenda toleransi dan persatuan di Indonesia. Para pemuda ini tidak cuma berasal dari satu agama, uniknya mereka dari 6 agama yang berbeda yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Kali ini, para pemuda yang berasal dari 34 provinsi Indonesia tersebut menggelarbaca kitab suci bersama di Kota Serang, Banten. Setelah dari kota Serang, rencananya mereka akan ke DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk mengajak pemuda lainnya untuk menyebarkan agenda toleransi dan persatuan lewat baca kitab suci.

“Perjalanan kami sudah dua bulan, tujuannya adalah mempersatukan dan silaturahmi untuk toleransi,” ucap salah satu peserta bernama Iqbal.

Baca Juga : Jelang HUT RI ke-72, Sudahkah Umat Beragama Indonesia Terbiasa Dengan Toleransi Semacam Ini?

Sebelumnya, GPMKS digelar di Mianggas, pulau terluar dekat perbatasan Filipina. Sedang sebagian pemuda juga menyusuri wilayah Timur dan memulai perjalanan dari Rote, Nusa Tenggara Timur.    

Gerakan ini nyatanya digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan ini menjadi langkah awal pemerintah dalam meningkatkan partisipasi kaum muda dalam kegiatan keagamaan.

“GMKS ini menjadi langkah awal Kemenpora meningkatkan partisipasi kaum muda dalam kegiatan keagamaan. Di saat bersamaan, ada momen Kirab Pemuda 2017, di mana para pemuda dari 34 provinsi dengan latar belakang keyakinan agama yang berbeda-beda sedang berkumpul menyuarakan semangat berani bersatu di tengah kebhinekaan,” ucap Esa Sukmawijaya, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, seperti dilansir Tribunnews.com, Selasa (21/11).

Baca Juga : Ahok: Sifat Toleransi Tidak Bisa Dibuat-buat

Esa meyakini saat ini adalah waktu yang tepat untuk menumbuhkan semangat saling menghormati di tengah perbedaan keyakinan yang ada di Indonesia.


Sementara perhelatan GPMKS yang digelar di Serang ini diikuti oleh sekitar 500 pemuda dari 6 agama berbeda. Setiap agama juga menghadirkan para pemukanya dan membuka doa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Mereka berharap akan tercipta kedamaian, persatuan dan toleransi umat beragama di Indonesia.

Sumber : Tribunnews.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us