Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
924


Sebagai orang Indonesia yang kenal dengan istilah basa-basi, terkadang kita berkata 'ya' pada hal-hal yang sebenarnya kita tidak inginkan. Menolak sesuatu memang bukan perkara mudah. Alasannya pun macam-macam, misalnya takut menyakiti perasaan orang lain. Kalau kamu sering menjadi korban yang sering mengiyakan permintaan yang bertentangan dengan hati kecilmu, maka kamu harus belajar mengatakan tidak pada situasi dibawah ini tanpa perlu merasa bersalah. Daripada harus menyesal setelahnya, kan? 

1. Enak sih punya banyak teman, tapi kalau dompet lagi nge-pas, masa harus meng-iya-kan buat pergi hangout? 


Makin dewasa, kita jadi sibuk untuk menghidupi diri kita sendiri. Rasanya, sulit untuk berkumpul dengan teman-teman seperti masa kuliah atau sekolah dulu. Demi alasan untuk mempererat tali pertemanan, sesekali sih boleh aja. Tapi jangan sampai kita jadi ngerasa harus menerima semua ajakan tersebut karena nggak enakan. Bisa aja kan, kamu lagi sibuk, eh ada teman kuliahmu menelepon minta ditemani minum kopi. Karena nggak enak, kamu mau nggak mau bilang ya dan menemani temanmu untuk minum kopi. Lalu, imbasnya kamu harus nggak tidur semalaman sebagai mengganti waktu yang kamu habiskan dengan temanmu tersebut. 

Tenang aja, temanmu pasti mengerti kok. Kalau cuma kamu sibuk jadi nggak bisa ikut kumpul nggak kemudian kamu jadi nggak punya teman. 

2. Punya pasangan rasanya pengin melakukan semua hal bersama, tapi nggak semua permintaan harus kamu iyakan, lho


Nah ini memang sedikit pelik. Masalahnya, kita nggak enak bilang tidak karena takut justru malah berantem. Daripada ribet, mending iyain aja. Tapi kalau begini terus, si doi bisa kebiasaan, lho. Satu hal yang kamu butuhkan adalah alasan yang kuat dan kemampuan untuk menjelaskan baik-baik mengapa kamu nggak bisa mengiyakan apa yang doi mau buat sekarang. 

Percaya deh, dengan begitu, selain akan timbul sikap saling ngerti, kamu jadi nggak bikin doi ketergantungan. Hubungan yang baik itu kan dilandasi oleh sikap yang selalu mendorong menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga:Buat Kamu Yang Nggak Sabaran Dilamar, Mungkin 4 Alasan Ini yang Bikin Dia Nunda Terus

3. Berani bilang tidak kepada sales atau tukang jualan lainnya supaya uang gajian nggak jebol 


Wah ini, susah nih buat di tolak. Apalagi kalau sambil disodorkan dengan voucher belanja, barang yang baru dateng atau barang yang limited edition. Godaan.. godaan.. apalagi buat kamu yang hobi belanja. Ingat loh, kamu harus bisa membedakan mana yang ingin, mana yang butuh. Demi masa depan yang cerah sama si doi, mendingan kamu bilang tidak sebelum kamu ditawari lebih jauh lagi. 

4. Berani bilang tidak ketika kamu memilih jalan yang berbeda dengan mereka


Sulitnya, menjadi beda memang nggak gampang. Misalnya kamu yang sekarang memilih untuk memulai bisnis, padahal sebelumnya kamu sudah punya jabatan di perusahaan mentereng. Kamu harus siap bilang tidak pada dirimu sendiri, tidak akan terpengaruh dengan apapun perkataan orang-orang. 

Selain itu, aka nada banyak orang yang mengomentari mengenai perbedaan kamu sendiri. Apalagi sebagai seorang Kristen, kita terkadang disodorkan oleh hal-hal yang buruk dan membuat kita jauh dari Tuhan. Kamu harus siap berkata tidak ke mereka dan tetap pada jalan-Nya. Alkitab mengajarkan kita untuk menjadi diri sendiri dan hanya hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Kalau kamu aja masih nggak berani bilang nggak sama hal-hal diatas, gimana kamu akan memenangi kuasa iblis di dalam kehidupan ini? 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok