Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
418


“Kasihan ya, baru nikah aja mereka udah LDR-an.” Ada banyak orang yang ngulangin kalimat yang sama waktu tahu kalau sepasang suami istri yang baru nikah hidup tidak seatap karena lokasi kerjaan yang berjauhan. Bahkan banyak yang mengusulkan supaya salah satu pasangan ngalah aja demi bisa tinggal serumah.

Di jaman globalisasi yang penuh dengan tantangan dan tuntutan ini, ada banyak pasangan menikah yang memang memutuskan untuk LDR (Long Distance Relationship). Pekerjaan jadi alasan utama buat mereka nggak bisa tinggal serumah, kayak pasangan menikah pada umumnya. Jabatan dan posisi yang udah bagus di kerjaan pun membuat keduanya sama-sama nggak mau ngalah.

Padahal kalau dipikir-pikir, pernikahan itu bisa bertahan kuat kalau suami istri bisa saling bersentuhan secara fisik maupun saling membangun komunikasi yang intens setiap hari. Kita memang nggak berhak menilai kalau pasangan yang LDR pasti nggak berhasil. Karena ada aja kiat sukses yang bisa mereka terapkan untuk tetap bisa membangun hubungan yang intens, mungkin nggak secara fisik tapi secara emosional.

Pernikahan semacam ini pun nggak cuma dijalani orang-orang di luar sana, tapi ada banyak pasangan Kristen yang juga menjalani hubungan LDR. Tapi pada kenyataannya pernikahannya tetap bisa berhasil. Tapi kalau kita telaah dari sudut pandang Kristen, apa secara Kristen pernikahan yang dijalani secara LDR memang dianggap wajar?

Di Roma 8: 28 dikatakan, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Sekalipun ayat ini tidak bicara soal pernikahan tapi ayat ini bisa diterapkan dalam pernikahan.

Ada tiga pertimbangan suami istri harus menjalani pernikahan secara LDR yaitu:

1. Suami istri harus menjalani panggilan masing-masing meski harus berpisah tempat

Pertanyaannya adalah apakah suami istri bisa memiliki panggilan hidup yang berbeda? Ada banyak pasangan yang harus LDR karena tempat kerja yang berbeda kota atau negara. Meskipun pekerjaan memang penting, tapi hubungan juga sama pentingnya karena pernikahan juga bicara soal panggilan Tuhan.

2. Suami istri sepakat menjalani pernikahan dengan LDR

Beberapa pasangan LDR memang tetap bisa berhasil menjalani pernikahannya dengan baik. LDR sama sekali bukan masalah ketika pada awalnya suami istri sudah sepakat menjalani hubungan demikian. Apalagi kalau mereka paham betul bahwa apa yang mereka jalani dan kerjakan adalah hal yang baik dan berguna bagi orang lain dan juga untuk Tuhan.

3. Pasangan sepakat LDR hanya untuk sementara waktu saja

Ada banyak pasangan yang memang sudah merencanakan berapa lama LDR sesuai dengan kondisi mereka. Mungkin ada yang menunggu pemindahan tempat kerja atau ada juga yang memutuskan untuk memilih waktu yang tepat untuk resign saja. Semua itu sudah benar-benar mereka rencanakan dan akan diwujudkan sesuai dengan kesepakatan.

Bagi kita, mudah saja menilai kehidupan orang lain dengan sudut pandang kita. Tapi pasangan menikah yang menjalani LDR pastinya juga nggak menghendaki hidup demikian. Tuhan pun sama sekali nggak menghendaki kita berpisah dengan orang-orang yang kita kasihi. Karena gimana pun mereka adalah sumber kekuatan kita.

Tapi kita bisa belajar dari kisah Yusuf, dimana sejak kecil dia sudah dipisahkan dari ayahnya, Yakub. Tapi dengan cara-Nya, Tuhan justru membuat jalan yang tak terduga supaya dia bisa kembali bersama-sama dengan semua keluarganya.

Kamu yang lagi menjalani LDR saat ini dengan istri atau suamimu tahu benar kalau membangun sebuah keluarga memang idealnya adalah hidup bersama dalam satu atap. Mungkin hal itu belum bisa kalian wujudkan sekarang karena satu dan lain hal, tapi tetaplah berharap kepada Tuhan supaya dibukakan jalan buat kalian bisa berdekatan.

Tapi sementara menjalani LDR, kalian juga tetap harus menjaga hubungan dan komunikasi satu sama lain setiap hari. Dengan teknologi canggih seperti saat ini kalian tetap bisa bertatap muka satu sama lain dan ngobrol soal banyak hal. Dan hal yang paling penting adalah tetap menjaga rasa percaya satu sama lain. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Tammy Olivia 20 November 2017 - 19:25:33

Sharing testimony

0 Answer

Tammy Olivia 20 November 2017 - 19:25:32

Sharing testimony

0 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7334

advertise with us