Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
454


Tahukah kamu bahwa di Alkitab ada ratusan kali penggunaan kata uang dan juga mata uang seperti dinar dan peser. Uang bukan hanya bagian dari kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sejak ribuan tahun lalu, namun juga bagian dari kehidupan rohani dan peribadatan mereka. Menarik bukan, yuk kita simak beberapa fakta menarik berikut ini:

Bahan pembuatan uang

Mata uang dijaman Alkitab baik di Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru menggunakan emas, perak atau perunggu. Namun di Jaman Perjanjian Lama seperti sebelum masa Abraham kemungkinan masih menggunakan cara barter. Tetapi setelah peradaban semakin maju dimana pengaruh kerajaan Babilonia dan Mesir meluas penggunaan mata uang berupa emas dan perak lazim digunakan, hanya transaksi berdasarkan berat emas dan perak tersebut bukan berdasarkan nilai yang tertulis pada mata uang itu seperti saat ini. 

Bentuk uang


Baca juga : Lewat 3 Perkara Uang ini, Kamu Bisa Jadi Saksi Bagi Orang yang Belum Percaya Yesus Lho!

1. Bulatan cincin dan batangan, mata uang emas dan perak yang ditimbang berdasarkan beratnya biasanya berbentuk bulatan seperti cincin atau batangan dengan cap dari tempat mata uang itu diproduksi yang menjadi petunjuk keabsahannya. 

2. Mata uang koin

Penggunaan mata uang koin mulai muncul sejak bangsa Israel memasuki masa pembuangan. Bangsa Persia mulai menggunakan sistem mata uang koin sejak masa pemerintahan Darius Hystaspis (521-485 SM). Setelah penggunaan mata uang koin menjadi lazim, terutama dalam masa kerajaan Yunani dan Romawi. 

Baca juga : Nyari Uang Boleh Aja, Tapi Jangan Sampai Alami Hal berikut Ini

Kalau kamu penasaran seperti apa bentuk koin-koin kuno itu, kamu bisa kunjungi Museum Lembaga Alkitab Indonesia. Salah satu koleksi koin yang paling kuno milik Museum LAI adalah koin dari masa Raja Alexander I. 

"Koin ini dari masa Yunani kuno, yaitu masa Raja Alexander I (Kerajaan Makedonia-red), dibuat antara tahun 498-458 SM," demikian jelas Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

Tampak pada koin itu pada satu sisi bergambar kuda dan sisi lainnya adalah gambar ketopong yang biasanya digunakan oleh seorang prajurit. Bentuknya sangat kecil, hanya berdiameter 14 mm dan beratnya hanya 2.03 gram. 

Selanjutnya ada koin dari masa pemerintahan Romawi, yaitu Kaisar Oktavianus Agustus yang memerintah dari tahun 27 SM sampai 14 M. Biasanya di masa Romawi, salah satu sisi koin akan bergambar kaisar yang memerintah saat itu. 

Salah satu koin yang terkenal adalah koin dinar, koin ini dibuat pada masa Kaisar Denarius Tiberius yang memerintah pada 14-37 M. Penamaan koin dinar sendiri diambil dari nama kaisar saat itu. Yang menarik adalah koin dinar inilah yang ditunjukkan kepada Yesus saat orang Farisi bertanya mengenai keharusan membayar pajak (Matius 22: 16-22).

Pontius Pilatus adalah Gubernur Yudea yang bertugas dibawah kekaisaran Tiberius, dia juga mengeluarkan koin perunggu yang nilainya adalah sepeser. Koin itulah yang diberikan oleh seorang janda miskin yang memberikan persembahan ke rumah Tuhan (Matius 12:42).

Makna uang dalam kehidupan orang Kristen


Bagi orang Kristen yang percaya kepada Yesus Kristus, seluruh hidup kita adalah milik Allah. Termasuk di dalamnya juga uang kita. Itu sebabnya Alkitab menyatakan banyak hal berkaitan dengan keuangan. Sejak Perjanjian Lama, uang digambarkan sebagai sesuatu yang positif, seperti bagaimana Abraham sangat kaya dengan banyaknya ternak dan juga emas dan perak. Demikian juga Salomo yang dianugerahi bukan hanya dengan hikmat namun dengan kehormatan dan kekayaan. Dalam Amsal 10:22 dituliskan bahwa, "Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya."

Sekalipun uang adalah hal yang positif, Alkitab juga memberi peringatan untuk tidak menjadikannya uang sebagai tempat perlindungannya ataupun tuannya (Matius 6:24). Yesus menyebut seorang anak muda yang kaya sebagai orang bodoh karena tidak bisa melepaskan kekayaannya. Hal itu terjadi karena banyak orang seringkali menjadikan uang sebagai tuan atau berhala. 

Itu sebabnya Yesus mau agar  kita fokus untuk mencari Kerajaan Allah, hal yang utama dan terpenting dalam hidup kita, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33). Dia ingin kita tidak kuatir akan kebutuhan hidup ini, karena Ia berjanji bahwa Bapa Sorgawi pasti mencukupkankan segala kebutuhan kita jika kita fokus untuk mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. 

Jadi, setelah belajar tentang uang dan koin dalam masa Alkitab ini, kita harus ingat bahwa uang memang penting dan kita perlukan untuk menjalani hidup ini, tapi Tuhan tetap harus yang terutama dalam hidup kita, karena Dialah sumber kehidupan kita dan hanya Dialah yang harus menjadi fokus utama hidup kita. 

Apakah kamu diberkati dengan pembahasan tentang uang di atas?  Kamu bisa nonton video pembahasan  dengan mengklik pada gambar dibagian atas artikel ini. Nah kalau kamu ingin tahu Fakta Alkitab lainnya kamu juga bisa menonton videonya dengan mengunjungi JC Channel di YouTube dengan KLIK DISINI.

Sumber : JC Channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Marjuki Wawat 17 November 2017 - 00:57:19

Saya ingin keluarga saya dipenuhi oleh Roh Kudus

1 Answer

agung 16 November 2017 - 22:15:20

Syalom..saya meminta doa dan dukungannya dari perg.. more..

1 Answer

Maria Nainggolan 16 November 2017 - 20:50:44

Apa saja poin yang terdapat pada efesus 4:17-32

1 Answer


DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Annache 10 November 2017 - 12:40:17
Tolong doakan saya, saya sekarang lagi sakit di da... more..

Banner Mitra Week 2


7332

advertise with us