Pernikahan Sehat Itu Nggak Ditentukan Oleh Kekayaan, Tetapi 5 Hal Ini Jauh Lebih Penting.
Sumber: Patheos.com

Marriage / 24 October 2017

Kalangan Sendiri

Pernikahan Sehat Itu Nggak Ditentukan Oleh Kekayaan, Tetapi 5 Hal Ini Jauh Lebih Penting.

Naomii Simbolon Official Writer
7550

“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”(Matius 19:6)

Demikian firman Allah dalam sebuah pernikahan, jadi apapun alasannya sebuah pernikahan nggak boleh cerai kecuali maut memisahkan keduanya. Namun, kita ketahui bahwa terkadang dalam sebuah pernikahan banyak hal yang sering membuat cekcok dan jadilah hubungan yang nggak sehat.

Hubungan yang sehat dalam sebuah pernikahan tercipta karena beberapa elemen standar yang harus dimiliki keduanya. Demikian beberapa elemen standar yang harus dimiliki :

1.  Kepercayaan


Kepercayaan berarti melebihi daripada sekedar menyimpan rahasia dan bersikap setia. Kalau kamu mempercayai pasangan kamu, kamu akan merasakan kenyamanan baik dalam dirimu bahkan hubunganmu. Kepercayaan akan membuat kamu dan pasangan menjadi jauh lebih akrab, dan tahu bagaimana cara menghormati pasangan.

2.  Saling Menghormati


Hubungan yang sehat dalam pernikahan harus memiliki sikap untuk saling menghormati. Perilaku hormat yang dimaksud adalah dengan mempertimbangkan pasangan kamu saat kamu tengah mengambil sebuah keputusan yang mempengaruhi hubungan kalian, memperlakukan pasangan kamu dengan cinta dan kebaikan serta menahan diri untuk nggak bicara hal-hal yang menyakiti pasangan selama kalian bertengkar.

3. Berkomunikasilah Dengan Sehat dan Baik


Menurut University of Texas di Austin’s Counseling and Mental Health Center, komunikasi yang sehat dan baik akan membantu para pasangan untuk menyelesaikan perselisihan dengan cara terhormat serta mencegah kesalahpahaman terjadi.

Ya, itu karena komunikasi yang sehat dan baik akan membantu kamu menyampaikan kebutuhan, keinginan, pendapat, dan perasaan kamu kepada pasangan dengan tenang, dan penuh kasih.

4. Nggak Ada Kekerasan Fisik


Dalam hubungan yang sehat, sama sekali nggak boleh melakukan kekerasan fisik. Kalau pasangan kamu melakukan hal itu, nggak peduli apakah kamu akan menyesal atau nggak pada akhirnya, dia bukanlah pasangan yang baik. Namun jika hal itu terjadi di dalam pernikahan kalian, ampunilah dan berdoa serta bertobatlah segera untuk nggak mengulanginya lagi.

5. Saling kerja sama dan berdiskusi

Percayalah, jika menu didalam rumahmu selalu ditentukan oleh istri, suami akan mencoba mencari makan diluar atau bahkan akan terjadi pertengkaran. Dan juga, jika suamimu bekerja terus sedangkan istri menghabiskan uang untuk berbelanja, bisa dipastikan bahwa suamimu akan menjadi orang yang malang sedunia.

Dalam sebuah hubungan yang sehat, cobalah untuk saling kerjasama dan diskusi bahkan dalam memutuskan hal sekecil apapun, misalkan sekolah anak-anak, nonton film di malam ju'mat atau bahkan anggaran keluarga.

Nggak seorangpun yang memiliki kekuatan lebih besar dalam keluarga, semua harus dibangun dengan kerja sama dan diskusi.

Dalam hal ini, jadilah pasangan yang seimbang seperti yang kehendaki oleh Allah dalam surat Paulus di 2 Korintus 6:14.

Baca Juga : Istri Suka Ngomel? Para Suami Ketahui Hal Ini

Kira-kira demikian 5 elemen yang harus kamu miliki dalam hubungan pernikahan kalian. Jadilah pernikahan yang berdampak bagi banyak orang dan biarlah nama Tuhan dipermuliakan.

Sumber : livestrong.com
Halaman :
1

Ikuti Kami