Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
962


Diet ketogenik adalah salah satu diet yang belakangan ini jadi tren. Banyak orang yang sudah mencoba dan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam waktu yang cukup singkat. Tapi tentunya cara instan yang dijalankan bukan dengan bantuan obat-obatan yang mengandung zat kimia loh. Sebaliknya, diet yang satu ini benar-benar dijalankan dengan cara yang sangat sehat. Cukup dengan mengatur pola makan, salah satunya mengurangi konsumsi karbohidrat.

Konsumsi sedikit karbohidrat dan banyak lemak adalah cara kerja diet ketogenik. Karena pada prinsipnya diyakini bahwa semakin banyak lemak yang masuk ke dalam tubuh, maka proses pembakaran pun akan semakin besar. Dalam hal ini, lemak akan berubah menjadi energi dan mulai melakukan proses pembakaran di dalam tubuh.


Jadi jangan harap kebiasaan ngemil masih bisa kamu lakukan saat menjalankan diet ini ya. Karena pada intinya makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah makanan-makanan yang kaya lemak, bukan kaya kandungan gula.

Baca Juga: Pilih Pola Diet Yang Cocok Untuk Anda

Lalu apa-apa saja sih pilihan makanan yang harus dikonsumsi selama menjalankan diet ketogenik? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

1. Makanan-makanan Kaya Protein


Makanan kaya protein yang sangat dianjurkan saat diet ketogenik adalah:

  • Ikan seperti lele, cod, salmon, makerel, kakap, tuna, trout, kerang, cumi, tiram, lonster dan kepiting.
  • Telur organic yang kaya vitamin A dan E, beta karoten dan asam lemak omega 3.
  • Daging seperti unggas (ayam, bebek, kalkun, burung puyuh), daging babi, sapi, kambing. Daging-daging ini bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang, direbus, atau dijadikan steak.
  • Jeroan atau organ seperti lidah, hati dan jantung hewan pemakan rumput.
  • Mentega utuh yang bisa diperoleh dari kacang almond, mentega kacang macamadia dan kacang polong.

Saran : Hindarilah makan makanan protein yang sudah mengandung pengawet seperti sosis, naget dan hot dog.

Baca Juga: Diet Mediterania yang Untungkan Kesehatan

2. Sayuran yang rendah karbohidrat

Konsumsilah sayuran rendah karbohidrat seperti bayam, jamur, mentimun, seledri, kubis, kembang kol, brokoli, terong, dan paprika. Selain itu sayuran akar juga baik seperti bawang merah, bawang putih, lobak, sayur nori dan kombu.

Saran: Hindarilah sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kentang, kacang polong, jagung kacang-kacangan, dan ubi jalar.

3. Buah-buahan yang Rendah Karbohidrat


Beberapa buah yang baik dikonsumsi saat menjalani diet ketogenik adalah alpukat, tomat, blackberry, raspberry, belimbing, cranberry, jambu air, jambu biji, jeruk, jeruk nipis dan lemon.  

Saran: Hindari buah yang mengandung banyak gula seperti mangga, semangka, melon, durian, dan pisang

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian Kaya Lemak

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk diet ketogenik adalah hazelnut, almond, pecan, kacang brazil, macamadia, kemiri, kenari, biji bunga matahari dan biji rami.

Saran: Hindari mengkonsumsi kacang mete, pistachio dan chestnut.

5. Minuman


Saat menjalani diet ketogenik, kamu akan mudah merasa dehidrasi. Karena itu kamu perlu mengkonsumsi minuman-minuman ini saja seperti air mineral, kopi hitam, the tanpa pemanis dan herbal, susu kacang hijau tanpa pemanis tambahan, anggur, dan air kepala muda.

Saran: Hindari meminum minuman bersoda, cokelat manis, jus buah yang dicampur susu krim atau gula serta minuman berkarbonasi yang mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh.

6. Rempah-rempah atau bumbu masakan organik

Hindarilah mencampurkan makanan dengan bumbu-bumbu yang tidak sehat. Beberapa rempah atau bumbu yang bisa dikonsumsi saat menjalani diet ketogenik adalah cabe rawit, bubuk cabai, kayu manis, oregano, jinten, kemangi, ketumbar, peterseli, rosemary, timi, garam dan merica.

7. Permen

Buat kamu yang suka makan permen setelah makan atau di saat-saat waktu luang tampaknya harus memperhatikan jenis permen yang kamu kunyah selama menjalani diet ketogenik. Ada beberapa jenis permen yang dianjurkan seperti permen cokelat hitam dan permen yang diolah dari bahan-bahan murni tanpa campuran gula atau pemanis.

Saran: Hindarilah permen yang tinggi kandungan fruktosanya seperti jagung, madu dan gula.

Satu-satunya kunci berhasil tidaknya diet yang kamu jalani adalah komitmen untuk mengikuti aturan yang dianjurkan. Karena itu, tetaplah fokus pada target dietmu dan tetaplah disiplin mengatur pola makanmu.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:23:48

Wa dimana

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

advertise with us