10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 2)
Sumber: Tibet Vista

Entertainment / 16 October 2017

Kalangan Sendiri

10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 2)

Lori Official Writer
3897

Di artikel sebelumnya, Jawaban.com sudah menjabarkan 5 gunung paling suci di dunia. Diantaranya adalah gunung Olympus, gunung Fuji, gunung Agung, Holy Cross, dan gunung Everest. Hampir semua gunung ini punya cerita yang unik dan disematkan sebagai gunung keramat.

(Baca Juga : 10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 1))

Selain gunung-gunung itu, terdapat lima gunung lain yang dianggap paling suci di dunia, diantaranya:

6. Gunung Nebo, Yordania

Sebagaimana dituliskan dalam kitab Ulangan, Gunung Nebo adalah gunung bersejarah yang jadi titik dimana Musa menatap tanah perjanjian untuk pertama kalinya. Sampai saat ini Gunung Nebo masih tetap disakralkan oleh kaum Yahudi sendiri.

Dari ketinggian ini pengunjung bisa menatap hamparan Laut Mati, kota Betlehem, kota Yerusalem, Sungai Yordan, benteng Yerikho dan Bukit Zaitun.

Untuk menikmati keindahan pemandangan Gunung Nebo, pengunjung bisa menempuh perjalaan dari Yordania ke Israel melalui perjalanan darat. Setiba di Israel, perjalanan terus berlanjut dari kota Amman ke Gunung Nebo dengan waktu tempuh selama 1 jam dengan bus. Begitu tiba di dekat gunung sakral itu, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah nan menakjubkan Lembah Yordan dan Kota Yerikho.

Bagi yang berminat menjajal gunung yang satu ini bisa ikut bareng Tur Holyland dan bisa menikmati keindahan Tanah Perjanjian lainnya.

7. Gunung Kailash, Tibet, China

Gunung dengan ketinggian 6.638 meter ini adalah gunung tertinggi di dunia yang tak pernah didaki. Gunung yang satu disakralkan sampai saat ini karena dianggap berkaitan dengan empat kepercayaan besar yaitu Budha, Hindu, Jainisme, dan Bonpo. Bagi pemeluk agama Hindu, Gunung Kailash dipercaya adalah tempat bagi dewa tertinggi mereka yaitu Dewa Siwa. Selain itu, mereka juga percaya bahwa gunung ini menjadi satu-satunya sumber mata air yang membentuk sungai-sungai besar di sekitar Tibet, Nepal, dan India.

Ada satu kebiasaan unik yang patut kamu saksikan secara langsung di sana. Warga setempat percaya bahwa mengitasi area kaki gunung sejauh puluhan kilometer dianggap mampu menghapus dosa seumur hidup.

8. Gunung Croagh Patrick, Irlandia

Gunung Croagh Patrick terletak sekitar 8 km dari kota pelabuhan Westport di Co. Mayo. Gunung ini sudah sejak lama dikenal sebagai tempat ziarah bagi umat Kristen. Biasanya para peziarah diminta untuk mendaki dengan kondisi bertelanjang kaki sebagai bentuk teladan dari Santo Patrick, orang suci yang sering dianggap sebagai santo pelindung Irlandia. Dia dikenal telah melakukan pertapaan selama 40 hari di puncak gunung tersebut.

Setiap tahunnya, sebanyak satu juta peziarah akan melakukan perjalanan suci berdoa di puncak salib, mengadakan Misa sekaligus menikmati pemandangan bagian barat laut Irlandia.

9. Puncak San Francisco, Arizona

Puncak gunung setinggi 12.633 kaki (3.851 meter) ini menjadi salah satu tempat yang disucikan suku asli Amerika, Kachina karena diyakini merupakan rumah bagi leluhur mereka. Karena itulah gunung yang satu ini tidak diijinkan membuat jalan aspal menuju ke puncaknya.

10. Popocatepetl, Meksiko

Popocatepetl adalah gunung berapi aktif dan tertinggi kedua di Meksiko setelah gunung Pico de Orizaba. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.426 meter dan terletak sekitar 72 km dari bagian tenggara Meksiko City. Gunung ini termasuk gunung yang disakralkan karena diyakini berkaitan kuat dengan legenda suku Aztec dan suku lokal Nahua.

Di abad ke-16 para misionaris dari Spanyol memasuki Meksiko dan mereka membangun 14 gereja di lembah gunung ini. Bangunan-bangunan suci ini menjadi salah satu hal menarik yang bisa disaksikan saat menjelajah ke gunung yang dipanggil El Popo ini.

Gimana, tertarik pengen menjelajah gunung-gunung ini? Nah, nggak usah jauh-jauh dulu kali ya. Coba dulu dari yang ada di negara sendiri, mungkin bisa cobain Gunung Agung aja dulu ya. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami