10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 1)
Sumber: Tibet Vista

Entertainment / 2 October 2017

Kalangan Sendiri

10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 1)

Lori Official Writer
4972

Kamu suka naik gunung dan suka menjajal gunung-gunung paling terkenal di berbagai belahan dunia? Salah satu kenikmatan yang didapatkan dari mendaki gunung adalah ketenangan batin. Percaya atau nggak, hampir semua pendaki mengakui hal ini. Ada juga yang percaya kalau gunung adalah salah satu tempat dimana mereka bisa merasakan maha kuasanya Tuhan atas segala ciptaan-Nya.

Hampir semua agama memang mempercayai bahwa gunung adalah tempat terdekat bertemu Tuhan. Itu sebabnya ada banyak ritual dan pemujaan pun dilakukan di gunung-gunung. Di kitab Perjanjian Lama pun banyak disebutkan soal cerita tentang kehadiran Tuhan di gunung-gunung. Gimana Musa dan nabi Eli juga dikisahkan melakukan nubuatan di gunung. Itu sebabnya beberapa agama menilai gunung adalah tempat suci yang paling dijaga.

(Baca Juga : 6 Gunung Paling Bersejarah dalam Alkitab )


Buat kamu pendaki gunung, patut tahu 10 gunung suci di dunia yang paing banyak dikunjungi pejalan yaitu:

1. Gunung Olympus, Yunani

Gunung Olympus adalah gunung yang dikenal sakral bagi kaum Yunani. Karena gunung yang satu ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya 12 dewa yang dipercaya orang Yunani. Gunung dengan ketinggian 2.917 mdpl ini adalah gunung tertinggi di negara tersebut. Puncaknya bernama Mytikas, yang merupakan singgasana dari Dewa Zeus.

2. Gunung Fuji, Jepang

Agama Budha dan Shinto percaya kalau gunung yang terletak di bagian Barat Tokyo ini suci. Karena gunung ini dianggap sebagai tempat dimana dewa Shinto dan Dainichi Nyorai, sang Budha Matahari bersemayam. Meski begitu, gunung Fuji ini tetap dibuka sebagai salah satu tujuan pendakian. Biasanya waktu mendaki paling tepat ke sini adalah pada bulan Juli dan Agustus. Akan ada sekitar 200 ribu pendaki yang biasanya berbondong-bondong mendaki gunung berketinggian 12.388 kaki ini.

3. Gunung Agung, Bali

Bagi orang Bali, gunung yang masih aktif ini dianggap sebagai pusat alam semesta. Itu sebabnya tepat di kaki gunung berdiri Pura Besakih yang terbesar di Bali. Penduduk mayoritas Hindu Bali biasanya akan mendaki Gunung Agung saat perayaan upacara keagamaan. Gunung ini diketahui berketinggian 3.142 mdpl.

4. Holy Cross, Colorado

Legenda salib raksasa yang tersembunyi di kedalaman Pegunungan Rocky terbukti benar adanya setelah fotografer William Henry Jackson mengabadikan foto salib tersebut pada tahun 1873. Gunung setinggi 14.000 kaki ini dinamakan Holy Cross (Salib Suci, red) karena puncaknya memang berbentuk salib yang ditutupi salju. Pemandangan inilah yang menjadikan gunung ini jadi salah satu tujuan ziarah orang Kristen di Colorado.

5. Gunung Everest, Nepal

Orang Tibet menyebut Gunung Everest sebagai Ibu dari Alam Semesta. Tempat bersemayam Dewi Langit. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di kawasan pegunungan Himalaya dan bahkan di dunia dengan tingginya mencapai 8.848 mdpl.

Para pendaki tahu benar gimana rasanya mendaki gunung. Kalau dulu orang-orang mendaki gunung untuk mencari Tuhan, maka bagi kita orang percaya perjalanan mendaki gunung adalah perjalanan menyaksikan kebesaran-Nya lewat alam semesta.

Tentunya pemahaman orang percaya berbeda jauh dari agama lain yang masih menyakralkan gunung dan meyakini bahwa di sanalah mereka bisa bertemu dengan dewa-dewa yang mereka sembah.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami