Takut Diselingkuhin? 5 Perilaku Ini Buktikan Kalau Kamu Insecure dalam Hubungan
Sumber: Second Opinion

Single / 22 September 2017

Kalangan Sendiri

Takut Diselingkuhin? 5 Perilaku Ini Buktikan Kalau Kamu Insecure dalam Hubungan

Lori Official Writer
5337

Insecurity atau perasaan nggak aman dalam hubungan bisa muncul dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah rasa tidak aman akan kehilangan pasangannya. Biasanya seseorang akan mengalami ini karena dia sendiri punya kondisi hubungan yang cukup baik dengan pasangannya. Atau bisa juga karena lamanya jalinan sebuah hubungan yang mereka jalani, menyebabnya munculnya rasa tak aman kalau-kalau pasangan bosan dan memicu untuk berselingkuh.

Apa kamu adalah salah satu orang yang merasa insecure dalam hubungan? Berikut 5 perilaku yang membuktikan kalau seseorang itu sedang insecure dalam hubungan.

#1  Suka memeriksa ponsel sang kekasih

Tiap kali ketemu sama si doi, hal pertama yang kamu tanyai adalah ponselnya. Kamu nggak sabar sama isi ponselnya karena kamu mulai curigaan kalau-kalau dia bertingkah aneh di belakanganmu.

Kalau kamu suka memperlakukannya seperti ini, itu artinya kamu sedang terserang sindron insecure. Kamu takut dia berhianat dan kamu ternyata tak lagi jadi sosok yang dicintainya.

#2  Mulai overprotektif sama dia

Ada perasaan cemas kalau dia ternyata keluyuran malam sama teman-temannya dan lupa waktu. Itu sebabnya kamu memilih untuk selalu mengawasi dia dan memperlakukannya secara berlebihan. Dalam kata lain, kamu cenderung overprotektif. Menurut ahli Psikologi, salah satu tanda insecure dalam sebuah hubungan adalah apabila seseorang menunjukkan perasaan tak percaya dengan pasangannya.

#3  Nggak mau pisah dari dia

Apakah kamu jadi kekasih yang selalu tergantung sama si dia? Yang kemana-mana kamu harus bareng sama dia? Kamu nggak mau sedetikpun pisah dari dia. Hati-hati kalau kamu sedang dalam posisi ini. Kemungkinan besar penyebabnya bisa karena kamu insecure.

#4  Kamu selalu bertanya soal mantan kekasihnya

“Apa aku lebih cantik dari dia? Apa kamu masih terus kepikiran sama dia? Apa kamu masih suka merindukan dia?” Pertanyaan-pertanyaan ini bakal sering diajukan sama seseorang yang insecure. Mereka pengen memastikan kalau dia benar-benar dicintai. Kalau kamu tak ingin kehilangan dia, jangan sekali-kali mengungkit-ungkit masa lalunya sekalipun hanya untuk menjawab rasa penasaranmu.

#5  Menuduhnya selingkuh

Sekalipun dia nggak pernah menghianati cintamu, tapi rasa insecure mu menyebabkan kamu selalu menaruh curiga sama si dia. Kamu selalu terusik dan merasa kalau kekasihmu selingkuh karena nggak lagi mencintaimu. Semakin kamu ngotot menuduhnya berhianat, semakin sulit bagi dia mempertahankan hubungan kalian.

Tahukah kamu satu-satunya penyebab seseorang itu merasa insecure adalah karena pengalaman masa lalu yang masih menghantui pikiran mereka atau adanya pikiran yang tak benar dibenak mereka. Supaya perasaan insecure ini tak merusak atau menghancurkan hubunganmu, ada baiknya untuk berbagi dengan orang lain soal cara mengendalikannya. Atau mulailah memikirkan hal-hal yang positif dan yang baik soal pasanganmu.

Yang paling penting adalah renungkanlah ayat firman ini. Bahwa kalau dia memang adalah orang yang tepat dari Tuhan dia tentunya bakal mencintaimu dengan setia dan tulus.

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.” (1 Korintus 13: 4)

Sumber : Bustle.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami