Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1530


Memang sih, bulan tua adalah bulan yang paling menyedihkan sekaligus menyenangkan karena sebentar lagi gajian.

Dompet kering, kepala pusing demikan yang kita hadapi saat bulan tua. Makan enak nggak bisa, mau hangout sama teman nggak bisa, terpaksa ngurung diri dirumah dan bingung mau ngapain. Pokoknya bulan tua adalah hari dimana orang- orang berubah dan  sangat sensitif.

Tenang, nggak usah kuatir, kamu bisa hadapi dengan cara ini :

1. Siapin tabungan untuk uang receh


Selama musim panen alias tanggal muda, kita pasti akan sering sekali mengabaikan uang receh.

Eh, uang beginian jangan dicuekin dong. Saatnya kamu tabung, mulai dari duit dua ribuan hingga uang lima ratus koin. Cara ini benar-benar akan membantumu saat bulan tua lho. Nggak perlu nabung besar-besar kalau belum sanggup, cukup nabung receh aja tiap hari. Ingat peribahasa yang mengatakan “sedikit demi sedikit lama menjadi bukit?”

2. Minimalisir biaya transportasi



Kalau kamu memiliki kendaraan pribadi sih enak, cukup mikirin uang bensin aja dan nggak pusing-pusing.

Lalu gimana kalau nggak punya kendaraan?

Saatnya jangan manja, daripada naik kendaraan online, atau taksi dan lain sebagainya cobalah naik angkutan umum. Misalnya naik busway, naik kereta dan angkutan.

Buat kamu yang naik kendaraan pribadi juga bisa coba hal ini, daripada nanti bayar uang tol dan parkir, mending uangnya kamu simpan buat makan besok.

Emang sih lebih nyaman naik kendaraan pribadi dan taksi, tetapi ini kan lagi bulan tua, saat nya kamu berhenti manja dan olahragalah sedikit (jalan kaki) supaya semakin sehat. Hehe

3. Kurangi Hangout

Hangout nggak hanya bicara mengenai ‘jalan dengan teman-teman’ lho.

Saat kamu keluar rumah dan duduk di cafe sekedar minum air putih juga adalah hangout dan tentu mengeluarkan biaya juga seperti ongkos kendaraan.

Cobalah kurangi hal ini dan lebih baik dirumah saja beraktivitas atau membaca buku.

4.  Simpan kebutuhan satu bulan kedepan

Kalau kata peribahasa “sediakan payung sebelum hujan,” itu artinya bersiap-siaplah senantiasa sebelum sesuatu terjadi dan jadilah bijak.

Saat bulan muda, cobalah mere-stock kebutuhan kamu selama sebulan kedepan, misalnya menyimpan indomie satu dus, telur, atau mungkin beberapa cemilan roti dengan expired yang lama. Supaya pas bulan tua, kamu bisa menghadapinya dengan tenang.

5.  Hindari makan diluar


Nah, saat kantongmu bolong dan kering di bulan tua, jangan lagi makan diluar. Dengan masak dan membawa bekal ke kantor, kamu akan lebih irit. Gimana?

6. Download film sebanyak mungkin 

Nah, saat kamu dikantor atau dimana ada wifi, cobalah untuk download film-film seru yang kamu sukai. Atau bisa meminta kepada teman-teman lain.

Nikmatilah harimu dengan menonton dirumah dengan seru, dan jangan lupa memasak indomie atau telur, supaya semakin menyenangkan.

 Demikian kira-kira tips untuk kamu yang sedang berada di bulan tua. Nggak usah kuatir dan tergesa-gesa ngutang ya, masih tetap ada jalan untuk menghadapinya.  Burung-burung diudara saja, yang nggak menanam dan menuai diberi makan oleh Tuhan, apalagi kita manusia ? (Matius 6:26).

Tenang saja, sebentar lagi gajian kok. Bertahan beberapa hari lagi aja ya, dan setelah itu jangan lupa menabung dengan cara ini : Tips Ini Bikin Kamu Gampang Nabung 


Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3