Fakta Alkitab: Cambuk Romawi Yang Membuat Punggung Yesus Hancur

Fakta Alkitab: Cambuk Romawi Yang Membuat Punggung Yesus Hancur

Puji Astuti Official Writer
25800

Jika kamu pernah menonton film tentang penyaliban Yesus, tentu kamu tergambarkan bagaimana mengerikan dan menyakitkannya proses penyiksaan yang Dia alami. Semua itu Yesus jalani untuk menebus manusia dari dosa-dosanya sehingga kita yang percaya pada-Nya beroleh kehidupan yang kekal. 

Salah satu penyiksaan yang Yesus jalani adalah dicambuk. Nah, cambuk seperti apakah yang digunakan untuk menyiksa Yesus? Kali ini JC Channel bersama Museum Lembaga Alkitab Indonesia membahas tentang cambuk tersebut. 

"Dalam tradisi Romawi ada dua jenis hukuman cambuk, yaitu untuk yang orang Romawi dan untuk orang-orang yang bukan Romawi, termasuk juga orang Yahudi," demikian penjelasan Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

Untuk hukuman bagi orang Romawi mereka biasanya menggunakan tongkat kayu atau ranting-ranting. Sedangkan untuk orang non-Romawi mereka menggunakan cambuk yang pegangannya dari kayu atau besi dengan ujung-ujungnya ada tali yang terbuat dari kulit atau tali dari kulit kayu yang dipilin. Pada ujung tali-tali  itu ada bulatan besi atau timah bergerigi atau juga tulang domba yang ditajamkan.  Cambuk yang pakai besi atau tulang yang tajam inilah yang digunakan untuk mencambuk Yesus. 

Berapa kali Yesus dicambuk?


Ada yang berasumsi Yesus dicambuk sebanyak 39 kali, sebab itulah yang dialami oleh Rasul Paulus (2 Korintus 11:24). Namun Paulus menuliskan bahwa ia disesah oleh orang Yahudi, dan tradisi Yahudi menyatakan bahwa hukuman lebih dari 40 kali cambukan itu merendahkan orang sebangsanya (Ulangan 25:3), itu sebabnya Paulus tidak pernah dicambuk lebih dari 40 kali. 

Namun Yesus dihukum bukan oleh orang Yahudi, tapi oleh orang Romawi. Mereka tidak mengikuti aturan Yahudi, dan cara penyiksaan mereka lebih brutal. Menurut Truthmagazine.com, hukuman cambuk bagi orang Romawi adalah hukuman berat, penjahat bisa mengalami kematian hanya karena hukuman ini. Hukuman ini tidak hanya bertujuan untuk membuat rasa sakit, tapi juga mempermalukan karena mereka dipukuli seperti hewan yang bodoh, mereka dihina dan dilecehkan sambil dipukuli. 

Hukuman cambuk jenis ini hanya diberlakukan pada para budak dan juga mereka yang bukan warga negara Roma. Orang yang dicambuk akan diikat pada tiang dengan badah menunduk dan tanpa pakaian. Eksekutor ada dua orang prajurit yang memukul secara bergantian. Setiap cambukan bukan hanya melukai kulit, namun hingga mencabik daging dan merusak pembuluh darah. Salah satu penyebab kematian para penjahat yang dicambuk adalah pendarahan tersebut. 

Makna dari cambukan yang Yesus alami

Pendarahan yang hebat dan luka-luka dipunggungnya, itulah yang menyebabkan Yesus tidak sanggup lagi memikul kayu salib menuju Bukit Golgota. Yesus benar-benar menggenapi nubuatan Nabi Yesaya melalui setiap cambukan yang Ia alami seperti ada tertulis, "Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh." (Yesaya 53:5).


Berapapun jumlah cambukan yang Yesus terima, baik 39 atau bahkan lebih dari  itu, satu hal yang terpenting yang perlu kita ingat bahwa Dia mengalaminya untuk menanggung dosa, pemberontakan, kutuk dan sakit penyakit kita. Yesus adalah Anak Domba yang tak bercacat cela yang dikorbankan untuk menebus kita, manusia berdosa. 

Yesus memilih salib, Dia memilih hukuman dan siksaan, karena Dia mau taat kepada kehendak Bapa dan karena kasih-Nya pada kita, sehingga kita tidak menerima upah dosa, yaitu maut, kematian kekal. Dia menanggungnya agar kita dimerdekakan dari perbudakan dosa, agar kita selamat dan memperoleh hidup yang kekal. 

Sungguh luar biasa kan kasih Tuhan? Apakah kamu sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatmu secara pribadi? Yuk kenal Dia lebih lagi dengan KLIK DISINI

Kamu diberkati dengan pembahasan tentang cambuk Romawi dari JC Channel ini? Kamu bisa nonton video pembahasan  dengan mengklik pada gambar dibagian atas artikel ini. Nah kalau kamu ingin tahu Fakta Alkitab lainnya kamu juga bisa menonton videonya dengan mengunjungi JC Channel di YouTube dengan KLIK DISINI. 

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami