Lori Mora

Official Writer
2397


Baru-baru ini media heboh memberitakan soal kondisi overdosis yang menimpa 50-an anak SD dan SMP di kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Menyedihkannya, ada beberapa diantaranya harus meregang nyawa setelah mengkonsumsi pil PCC yang disebut-sebut berbahaya itu.

Terkait kasus inilah, dengan penuh keprihatinan Jawaban.com mencoba untuk membongkar soal apa sih pil PCC ini dan ada apa dibalik kandungannya yang berbahaya.

Fakta di Balik Pil PCC

Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) merupakan gabungan dari tiga obat keras yang berguna untuk penyakit jantung dan penghilang rasa sakit. Obat ini tidak diperjualbelikan karena penggunaannya harus sesuai dengan ijin dan resep dari dokter.

Kombinasi dari Paracetamol, Cafein dan Carisoprodol ini bisa menyebabkan efek samping yang mengerikan kalau disalahgunakan. Adapun kandungan berbahaya dari tiga komponen ini adalah:

Paracetamol

Paracetamol ini merupakan salah satu kandungan obat yang banyak terdapat di dalam obat-obatan ringan pereda sakit kepala, nyeri gigi, flu, batuk dan sebagainya. Obat yang satu ini berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan biasanya dijual secara bebas di pasaran. Tapi pil yang satu ini biasanya hanya disarankan digunakan sebesar 500 mg saja setiap 6 jam sekali. Sementara jika lebih daripada itu, maka pengguna bisa mengalami efek samping seperti mual, sakit perut atas, gatal-gatal, hilang nafsu makan, urin berwarna gelap, feses pucat sampai warna kulit dan mata menguning.

Caffeine  

Caffeine atau kafein adalah zat yang terkandung dalam kopi, teh dan juga cola. Biasanya kafein berfungsi untuk meningkatkan kesadaran, fokus dan kewaspadaan seseorang. Itu sebabnya orang-orang memilih minum kopi untuk menemani aktivitas kerjanya sehari-hari.

Sementara dalam dunia medis, kafein ini bisa digunakan untuk kandungan dari obat penghilang rasa sakit (painkiller). Biasanya obat yang mengandung kafein ini ada dalam obat-obatan penyembuh asma, infeksi kandung kemih dan juga tekanan darah rendah.

Untuk penggunaannya juga tak sebarangan. Kafein hanya bisa dikonsumsi sebanyak 16 mcg/ml per sekali minum. Kandungan kafein ini setara dengan meminum 8 gelas kopi. Jika konsumsi kafein berlebihan, maka pengguna akan mengalami gejala efek samping seperti cemas, serangan panic, naiknya asam lambung, meningkatnya tekanan darah dan insomnia. Bagi penderita hipertensi dan maag sangat tidak disarankan mengkonsumsi obat berkafein semacam ini.

Carisoprodol

Apa itu carisoprodol? Kalau paracetamol dan kafein terbilang sudah cukup familiar bagi masyarakat awam, berbeda dengan carisoprodol. Kandungan obat yang satu ini terbilang kandungan yang cukup berbahaya. Penggunaannya pun harus sesuai dengan ijin dan resep dokter karena merupakan jenis obat muscle relaxer (obat perileks otot, red). Carisoprodol bermanfaat untuk menyembuhkan rasa sakit di bagian otot dan mengalirkannya ke bagian otak. Bisanya carisoprodol digunakan untuk terapi fisik seperti otot dan tulang yang mengalami cedera.

Karena penggunaannya tak sebarangan, carisoprodol ini pun dilarang penjualannya secara bebas. Karena apabila dikonsumsi sembarangan pengguna hanya akan mengalami efek samping yang fatal seperti kehilangan kesadaran, badan terasa lemah, jantung berdetak lebih cepat, kejang-kejang sampai penglihatan bisa kabur.

(Baca Juga : Obat-obatan Bukanlah Resep Bahagia Devi Mulani)

Berikut beberapa fakta yang harus diketahui dari pil PCC, yaitu:

  • PCC positif mengandung Carisoprodol. Carisoprodol ini sendiri tergolong sebagai obat keras yang bisa memicu halusinasi dan rasa menenangkan. Apabila menggunakannya secara berlebihan akan menyebabkan halusinasi dan kebingungan karena pemakai akan merasakan detak jantungnya berdetak lebih kencang.
  • Obat ini dikategorikan berbahaya karena sering disalahgunakan karena efeknya untuk merelaksasi otot tidak berlangsung lama sedang efek sedatifnya membuat orang merasa nyaman bisa bertahan lebih lama.
  • Bahaya yang tak diduga-duga apabila pengguna meminum pil dengan ketiga kombinasi ini adalah terjadinya gangguan mental karena kandungannya akan merusak susunan saraf pusat di otak. Selain itu, pengguna juga bisa mengalami gangguan perilaku dan emosi yang disebut dengan ‘bad trip’ yaitu gejala cemas, ketakutan, dan panikan.
  • Obat dengan kandungan carisoprodol ini terdiri dari beberapa jenis seperti Somadril, Tramadol dan juga Carnophen.
  • Obat ini sudah ditarik dari peredaran dan dihentikan pembuatannya sejak tahun 2013 lalu.

(Baca Juga : Inilah Obat-Obatan yang Perlu Dibawa Sebelum Pergi Mudik Lebaran)

Dengan informasi ini, semua kita diharapkan bisa semakin berhati-hati untuk mengkonsumsi pil-pil terlarang semacam ini. Kita tentunya berharap supaya tak ada lagi anak-anak yang jadi korban dari bujukan atau rayuan sejumlah pihak untuk mencoba pil-pil semacam ini. Mari semua pihak baik pemerintah, orang tua dan juga anak muda saling bekerja sama memberantas semua pihak yang terlibat mengedarkan obat-obatan ini secara bebas.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

Banner Mitra April Week 2