Menabung Tanpa Sadar, Gimana Caranya? Yuk, Read More…

Finance / 18 September 2017

Kalangan Sendiri

Menabung Tanpa Sadar, Gimana Caranya? Yuk, Read More…

Naomii Simbolon Official Writer
5182

“Satu sen yang ditabung, satu sen yang akan diperoleh.” Benjamin Franklin

Jadi jika kamu ingin memperoleh uang lebih dimasa depan. Mulailah menabung dari hari ini.

Melalui interview dari beberapa anak-anak muda, khususnya anak-anak millennial, mereka merasa sangat susah untuk menabung. Berbagai alasan menjadi masalah utama, mulai dari kebutuhan hidup secara umum, hingga pada gaya hidup.

"Susah sekali, kebutuhan umum aku terlalu banyak dan nggak akan bisa menabung,"

Sebenarnya menabung bukan bicara tentang cukup uang atau nggak saja tetapi niat. Kalau kamu nggak memiliki niat sedikit saja, sepeserpun kamu nggak akan bisa menabung. Percayalah!

Nah, untuk membangun niat kamu dan membiasakan diri dalam menabung, cobalah beberapa tips menabung ‘nggak sadar’ ala saya dibawah ini:

1. Sisihkan uang sebelum menyusun daftar

Salah satu membiasakan diri dalam menabung adalah menyimpan duit terlebih dahulu sebelum susun daftar belanja. Jadi setelah kamu gajian, kamu jangan hitung pengeluaran atau menyusun daftar belanja kamu dulu. Hal yang pertama kamu lakukan adalah, menyimpan uang sepertiga atau 200 ribu saja dari gaji kamu ke sebuah tempat atau dompet yang lain. Secara nggak sadar, kamu udah punya untuk tabungan, dan kamu bisa ambil sewaktu-waktu jika tagihanmu naik. Saran saya,  coba belajar  mengurangi beberapa kebutuhan yang nggak penting dari daftar belanjamu.

Sedangkan cara lain yang bisa kamu lakukan adalah meminta kepada bank supaya memotong sebagian uangmu untuk dipindahkan ke akun bank lain (jika memungkinkan).

Lumayankan? Dengan menyisihkan 200 perbulan, kamu sudahmendapatkan 2,4 juta dalam setahun tanpa kamu sadari.

2. Simpan uang kembalian

Masih ingat dengan tabungan ayam zaman bocah dulu?

Yap! Kamu juga bisa melakukannya sekarang. Sediakan satu tabungan untuk menyimpan uang kembalian receh, mulai dari koin hingga dua ribuan.

Kamu bisa melibatkan keluarga kamu untuk isi tabungan tersebut. Nah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit dan tanpa kamu sadari uang itu bisa saja berjumlah jutaan rupiah dalam setahun lho.

Kamu bisa menukarnya di bank. Lumayan kan untuk nambahin uang beli kue tahun baru atau pohon Natal di akhir tahun. Gimana, mau coba?

3. Jangan diingat-ingat kalau kamu sedang naik gaji


Gaji kamu naik? Selamat! Namun sebelum kamu berpikir untuk berbelanja, sebaiknya jangan diingat-ingat mengenai total pertambahan gaji tersebut. Lebih baik uangnya di tabung kembali seperti cara pertama, dan tetap berada di susunan daftar kebutuhan kamu seperti biasa, jangan menambahin sesuatu yang nggak penting.

Jika kamu menambahin tabungan kamu dengan gaji yang naik tersebut, tabungan kamu akan semakin tebal dan kamu akan beruntung seperti kata peribahasa “muda menabung, tua beruntung.”  Coba yuk…

4. Mengikuti arisan

Arisan merupakan salah satu cara efektif  yang tanpa kita sadari menjadikan uang jadi tabungan.

Biasanya disetiap pertemuan, para anggota akan menyetor uang kepada bendahara setelah itu akan ada pula proses tarik atau pilih secara random (acak) siapa yang akan mendapatkan arisan yang sudah terkumpul tersebut.

Jika kamu mengikuti arisan ini, kamu tinggal menunggu waktu saja. Bisa seminggu atau dua minggu kemudian.

Nah, saran saya adalah pilihlah kegiatan arisan yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu dan dihuni oleh anggota-anggota yang bisa kamu percaya dan berasal dari lingkungan kamu, baik itu lingkungan rumah atau pekerjaan.

Demikian yang bisa kamu lakukan untuk bisa menabung tanpa terikat dan bikin pusing.

Silahkan mencoba dan selamat menabung.


Baca juga : Pacaran Serius? Nggak Salah Kok Bicarain Keuangan Dengan Cara Ini

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami