Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
794


Tuhan Yesus pernah berkata, "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut." (Markus 9:42). 

Mengapa menggunakan batu kilangan? 

Ternyata penggunaan batu kilangan sebagai cara menghukum orang sudah menjadi budaya di wilayah Timur Tengah dan bahkan Yunani sejak jaman dulu. 

Penggunaan batu kilangan,"menunjukkan beratnya kesalahan yang dilakukan oleh orang itu," demikian penjelasan Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

"Ada yang mengatakan tradisi penghukuman seperti itu sudah berlangsung sejak kebudayaan Syria dan bahkan Yunani kuno," demikian tambah Bambang. 


Apa fungsi batu kilangan?

"Secara umum batu kilangan itu berfungsi untuk membuat tepung, dari gandum misalnya, atau dari biji-bijian," jelas Bambang. 

Selain untuk membuat tepung, batu kilangan juga biasanya digunakan untuk membuat minyak zaitun. Walau tidak semua batu kilangan bentuknya sama, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan juga fungsinya. Ada batu kilangan yang kecil yang biasanya digunakan oleh para wanita di dapur, dan juga ada yang besar yang bahkan untuk menggerakkannya dibutuhkan tenaga hewan seperti keledai atau lembu. 

Batu kilangan sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu batu kilangan bawah dan batu kilangan atas. Batu kilangan bawah berfungsi untuk menampung tepung atau minyak yang dihasilkan, sedangkan batu kilangan atas adalah bagian yang digerakkan, dibagian atasnya ada cekungan dan lubang dimana biji-bijian yang akan dihaluskan ditampung dan masuk ke lubang ke arah bawah untuk digerus atau dihaluskan. 

Mengapa hanya wanita dan hewan yang mengoperasikan batu kilangan?


Bagi budaya Yahudi dan Timur Tengah pada umumnya, mereka yang mengoperasikan batu kilangan adalah hamba atau juga para istri. Untuk menggiling gandum biasanya dibutuhkan waktu hingga setengah hari, mulai dari pagi-pagi benar hingga siang hari, atau bahkan kadang ada yang melakukannya dimalam hari. 

Dengan budaya patriakhi yang kuat di Timur Tengah, maka pekerjaan menggiling atau mengoperasikan batu kilangan dianggap sebagai hal yang rendah dan penghinaan jika dikerjakan oleh laki-laki. Itu sebabnya Samson saat dipenjara oleh orang Filistin pekerjaannya adalah penggiling. Hal tersebut untuk menghina dia (Hakim-hakim 16:21).

Mengapa di Alkitab batu kilangan dianggap sangat penting dan tidak boleh dijual atau digadaikan?


"Janganlah mengambil kilangan atau batu kilangan atas sebagai gadai, karena yang demikian itu mengambil nyawa orang sebagai gadai." ~ Ulangan 24:6

Yang menjadi alasan mengapa batu kilangan begitu penting dan membuatnya sebanding dengan nyawa seseorang yang memilikinya adalah karena pada jaman dulu batu kilangan adalah alat yang harus dimiliki dalam setiap rumah tangga sebagai alat menghasilkan tepung untuk makan seluruh keluarga. Jika tidak ada alat ini, maka keluarga itu tidak bisa makan. 

Makna dari perumpamaan batu kilangan Yesus

Tuhan Yesus berkata bahwa siapa yang menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya kepada-Nya layak untuk dihukum mati. Tuhan melihat betapa berharganya setiap jiwa, bahkan saat ia masih anak-anak sekalipun. Ia ingin mereka diselamatkan, untuk itu Dia tidak ingin ada satupun anak-anak itu disesatkan. Selain itu, dosa akibat menyesatkan anak-anak itu setimpal dengan hukuman mati. Hal itu sangat berat, maka Yesus memberikan peringatan keras.

Apakah kamu terinspirasi dengan pembahasan batu kilangan dari JC Channel ini? Kamu bisa nonton video pembahasan tentang  batu kilangan dengan mengklik pada gambar di bagian atas artikel ini. Nah kalau kamu ingin tahu Fakta Alkitab lainnya kamu juga bisa menonton videonya dengan   mengunjungi JC Channel di YouTube dengan KLIK DISINI. 

Sumber : JC Channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us