Kelebihan Komsumsi Vitamin C Berakibat Fatal lho! Baca disini...

Health / 25 August 2017

Kalangan Sendiri

Kelebihan Komsumsi Vitamin C Berakibat Fatal lho! Baca disini...

Naomii Simbolon Official Writer
4220

 

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan banyak hal. Namun ternyata, kelebihan mengkomsumsi Vitami C memiliki resiko buruk baik bagi wanita maupun pria.

Menurut AKG ( Angka Kebutuhan Gizi )berikut takaran yang direkomedasikan untuk  komsumsi vitamin C:

  • Anak anak usia 7 sampai 9 tahun sebaiknya diberikan sebanyak 45 mg setiap harinya
  • Remaja pria sebaiknya diberikan sebanyak 50 sampai 75 mg setiap harinya
  • Remaja wanita sebaiknya diberikan sebanyak 50 sampai 65 mg setiap harinya
  • Dewasa pria sebaiknya diberikan sebanyak 90 mg setiap harinya
  • Dewasa wanita sebiknya diberikan sebanayak 75 mg setiap harinya

 

Sedangkan jika kamu kelebihan komsumsi, 10 hal ini akan jadi resikonya.

1.  Menggagalkan penyerapan vitamin B12

Mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin C secara berlebihan dan didukung oleh penggunaan suplememen vitamin c akan menyebabkan penyerapan vitamin B12 didalam tubuh menjadi gagal. Dan kondisi ini akan membuat tubuh kamu kekurangan asupan vitamin B12.

2.  Asam lambung naik

Hal ini sering terjadi pada kamu yang memiliki maag atau penyakit lambung . Jadi jika kamu mengkomsumsi vitamin c  yang melebihi 2000 mg per hari, maka asam lambung kamu akan naik .

3. Pembentukan batu ginjal

Jika kamu kelebihan mengkomsumsi vitamin c, maka hal ini akan terjadi. Pembentukan batu ginjal biasanya terjadi akibat adanya perlambatan fungsi ginjal saat menyaring cairan tubuh.

4. Kram usus

Kelebihan vitamin c didalam tubuh dapat menyebabkan kram pada usus sehingga fungsi usus terganggu dan kondisi ini  juga dapat mempengaruhi organ vital lain yang ada didekat usus.

5. Mual dan muntah

Mengkonsumsi vitamin c secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan jaringan perut teriritasi dan mengakibakan rasa mual dan kemudian muntah serta tubuh menjadi lemas.

6. Imunitas menurun

Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak . Kelebihan vitamin c justru mengakibatkan anak gampang sakit karena kekebalan tubuh yang menurun.

7. Insomnia

Jika kamu sering insomnia. Coba deh perhatikan, ini bisa saja terjadi karena kamu mengkomsumsi vitamin c terlalu banyak tanpa dibarengi dengan vitamin lain.

8. Iritasi kulit

Nah, kelebihan mengkomsumsi vitamin c ternyata berakibat fatal buat kecantikan kulit kamu. Kelebihan vitamin c bisa membuat kulit kamu iritasi dan kemerahan.

9. Merusak jaringan otak

Wah, ternyata kelebihan komsumsi bisa merusak jaringan otak yang disertai kurangnya daya ingat kamu.

10. Memicu sariawan

Kekurangan vitamin c dapat menyebabkan seseorang terserang sariawan. Begitu pula jika mengkonsumsi vitamin c secara berlebihan maka akan terjadi akibat yang sama yaitu muncul sariawan disekitar lidah, gusi dan tenggorokan.

 

Segala sesuatu memang memerlukan keseimbangan. Nggak hanya dalam hal memilih pasangan hidup atau hal keuangan, tetapi nutrisi dalam tubuh juga harus seimbang.

Nah, mulai dari sekarang kamu sudah seharusnya memperdulikan keseimbangan gizi atau nutrisi dalam tubuh kamu. Nggak boleh kekurangan ataupun kelebihan.

Seperti isi “doa Bapa Kami” yang selalu menekankan “berilah makanan kami yang secukupnya” – nggak lebih dan nggak kurang (Matius 6:9).

 

Sumber : Berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami