Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1082


Single terlalu lama merupakan masa yang sangat ngenes bagi beberapa orang. Kalau katanya, kamu lagi “jomblo akut”.

Jomblo akut ini sejenis penyakit perasaan yang sering sekali ngebuat kamu sensitif dan pusing. “Jodoh mah dari Tuhan, jadi santai aja kali bray. Nggak usah pusing Yakin bisa santai?

Sering kali kita menghibur diri dengan bahasa begituan didepan banyak orang supaya terlihat strong, padahal dalam hati paling dalam berkata “Kapan sih gue menikah,Tuhan?” apalagi kalau kamu sudah memasuki usia 23 keatas.

Tanpa kamu sadari, ada beberapa hal yang membuat kamu single terlalu lama. Simak alasan berikut ya, siapa tahu kamu memiliki satu diantaranya .

1.  Susah percaya sama lawan jenis.

Perasaan beginian biasanya lebih rentan di alami oleh perempuan, tapi nggak menutup kemungkinan dialami oleh para pria juga.

Nah, ini menandakan bahwa ada masa lalu yang belum kelar dihati, artinya kamu masih menyimpan bayangan kuatir akibat masa lalumu atau ada masalah perselingkuhan pada beberapa kehidupan rumahtangga teman-teman kamu bahkan keluarga kamu sendiri.

Hmmm seharusnya kamu nggak usah kuatir, Tuhan memiliki caranya sendiri untuk memproses orang dan itu tidak selalu sama. Ada pelangi sehabis hujan,dan seorang bapa nggak pernah memberi racun kepada anaknya, apalagi Bapa kita diSorga? Malah Dia mencurahkan Roh kudus-Nya atasmu supaya kamu bisa membedakan mana pria/wanita yang baik dan berkenan bagi-Nya (Matius 7:11).

So, jangan kuatir dan belajar percaya yuk. Supaya kamu berani mencoba untuk membuka hatimu kepada yang lain.

2.  Membuat standard tinggi tanpa mikirin hati Tuhan

Maksudnya apa sih? Emangnya saya nggak bisa buat standard?

Oh, tentu boleh dong. Justru memiliki standard dalam memilih pasangan hidup itu sangat penting karena itu akan jadi acuan supaya kamu mampu memilih yang terbaik dari antara yang terbaik sehingga kamu nggak menjadi gampangan.

Lalu apa kaitannya dengan hati Tuhan?

Terkadang kita terlalu mementingkan kemauan daging kita tanpa mikirin hati Tuhan.

Lha, maksudnya?

Kedagingan sering sekali berlawanan dengan kehendak Allah, sering sekali 10 dari 11 kriteria pasangan kita terdiri dari maunya kita. Pernah nggak kita mengkaitkan dan bertanya ‘Apakah ini juga kehendak Allah?’

Hal-hal seperti ini yang justru membuat kita membatasi diri saat didekati oleh beberapa pria yang tidak sesuai kriteria tersebut.

Paulus menuliskan bahwa kita harus memilih pasangan yang sepadan, bukan diatas rata-rata namun saling melengkapi (2 Korintus 6:14), karena pada dasarnya manusia nggak ada yang sempurna .

“Di bumi ini tidak ada orang yang sempurna; tak ada yang selalu berbuat baik dan tak berdosa.” (Pengkotbah 7:20,BIS).

3.  Takut Kehilangan

Kehilangan pasangan dimasa lalu rentan menjadi alasan yang kuat mengapa kamu masih saja bertahan single.

Tanpa kamu sadari, ketakutan itu membuat kamu jadi nggak berani mencoba menjalani dan meresponi.

Namun kebenaran yang harus kamu ketahui bahwa semua yang ada dimuka bumi ini juga akan hilang pada saatnya, bahkan kamu juga akan tua dan meninggal dunia.

Jadi, nggak ada yang perlu kamu takutkan. Kelanggengan sebuah hubungan bukan tergantung orang lain, tetapi kamu sendiri bersama Tuhan. Mulailah membuka hati dan serahkan semua dibawah kendali Tuhan.

“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.” (Matius 24:35)

4.  Kamu mengulangi kebiasaan dan pola yang salah

Rasanya percuma jika Tuhan memberi kita akal tapi tidak kita pergunakan. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang.

Apakah kamu pribadi yang mudah marah? Apakah Kamu pribadi yang cenderung menunggu daripada melakukan perubahan? Apakah Kamu lebih sering mengutarakan kata “TAPI..kan…jika” diberi masukan? Atau apakah kamu suka berpakaian berantakan dan nggak mengurus diri?

Kebiasaan diatas mungkin sudah menjadi zona nyaman kamu, tetapi kamu perlu tahu bahwa nggak semua orang menerima kamu apa adanya secara keseluruhan. Kamu harus mencoba belajar mengurus dirimu dan mengubah beberapa hal yang nggak baik. Selain kamu dilirik, kamu juga jauh lebih beruntung karena telah menjadi terang lewat perubahanmu.

“Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,  karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan” (Efesus 5:8-10)

Nah, ke-4 alasan diatas mungkin bisa menjadi sebuah perenungan buat kamu. Nggak ada cara yang tepat untuk menyelesaikan problem ini, kecuali kamu mengubah mindset kamu, belajarlah mengampuni masa lalumu dan berjalan lah dibawah kehendak Allah.  Dia sudah menyediakan yang terbaik buat kamu kok, coba kamu tanya Tuhan dan berdoalah!

“…dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu” (Mazmur 37:4).

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us