Gereja Dalam Masjid Ini Cuma Ada di Spanyol, Ini Dia Penampakannya!
Sumber: Bersatulah Dalam Gereja Katolik

Entertainment / 21 August 2017

Kalangan Sendiri

Gereja Dalam Masjid Ini Cuma Ada di Spanyol, Ini Dia Penampakannya!

Lori Official Writer
10608

Aneh mungkin kedengarannya, tapi hal ini benner-benner nyata. Gereja ini dibangun di dalam Masjid loh! Kog bisa? Gereja apa itu? Untuk menyaksikan gereja ini, kamu perlu berwisata ke Spanyol. Negara yang satu ini adalah salah satu negara di benua Eropa yang paling banyak digemari pejalan. Nggak salah emang, karna negara yang satu ini punya wisata menarik tersendiri yang nggak dimiliki sama negara lain.

Salah satunya adalah Casa Battlo di kota Barcelona yang merupakan gedung unik yang dibangun oleh seniman Antoni Gaudi. Dia menyelesaikan gedung ini hanya dalam waktu dua tahun dan menyulapnya jadi gedung bernilai karya seni tinggi. Itu sebabnya, Casa Battlo jadi pusat wisata yang paling digandrungi di Spanyol.


Wisata lain yang juga nggak kalah unik di Spanyol adalah Katedral Cordoba di kota Kordoba, Spanyol. Kordoba (Cordoba/Kordova) adalah salah satu kota besar di Spanyol yang dikenal sebagai kota modern yang dikelilingin sama bangunan berarsitektur gothic, yang salah satunya adalah Katedral Cordoba ini.

Awalnya Katedral ini adalah sebuah masjid di bawah pemerintahan Islam. Sebelumnya lokasi gereja ini awalnya dibagi dua, satu untuk Muslim dan satunya untuk Kristen. Tapi setelah Muslim berkuasa, bagian untuk Kristen dibeli. Bangunan di atasnya dirubuhkan dan dibangunlah masjid Cordoba pada tahun 787.


Tapi waktu orang Kristen menaklukkan Cordoba pada tahun 1236, masjid itu pun diubah fungsi jadi gereja seperti sekarang ini. Uniknya, bangunan awalnya tetap dipertahankan dan hal itulah yang justru membuat gereja yang satu ini banyak dilirik wisatawan. Gereja yang seolah-olah ada di dalam Masjid. Di dinding dan langit-langitnya, misal, kita masih bisa menyaksikan ukiran-ukiran prasasti Islam.

Seiring dengan kepemimpin Kristen, di menara katedral Cordola ini ditambahi bel sebagaimana lazimnya menara gereja.

Katedral bergaya gothic ini pun bukan cuma sekadar unik dari segi fungsi dan bentuknya. Tapi gedung tua yang dikunjungi tiga dampai empat juta wisatawan per tahun ini bahkan sudah dinobatkan sebagai situs warisan UNESCO yang perlu dilestarikan. Saat ini, bangunan ini dilestarikan di bawah pengurusan katedral.

Wow, keren! Semoga rumah ibadah ini bisa jadi tempat yang mempersatukan umat beragama di Spanyol ya! 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami