Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
403


Orangtua adalah cerminan dari anak. Jika hidup orangtua baik, besar kemungkinan anak-anaknya akan mengikuti jejak orangtua. Sebaliknya, jika hidup orangtua malah berantakan dan hidup dengan kebiasaan-kebiasaan buruk, maka besar kemungkinan anak akan tertular dampak buruknya pula.

Inilah yang akan terjadi kepada anak-anak yang orangtuanya adalah pecandu/pengguna narkoba. Orangtua pecandu narkoba bisa abai merawat anak-anak mereka; mulai dari nggak peduli sama kesehatan anak, lupa membuatkan makan atau membantu anak-anak untuk siap-siap ke sekolah dan sebagainya.

Beberapa dampak negatif lain yang dialami anak dari orangtua pecandu narkoba adalah:

1. Kebutuhan anak terbaikan

Pencandu narkoba biasanya akan kehilangan akal pikiran dan menghalalkan segala cara demi bisa memenuhi kebutuhan emosionalnya. Karena itulah mereka tidak segan-segan akan menjual semua yang dimilikinya demi mendapatkan obat terlarang tersebut. Akibatnya, kondisi keuangan keluarga pun nggak jelas. Sementara anak-anak membutuhkan uang untuk memenuhi segala kebutuhannya.

2. Anak terbeban secara psikologis

Biasanya orangtua yang kecanduan narkoba akan cenderung berkelakuan buruk. Bahkan saat mereka sudah mulai terbawa emosi, orang-orang di sekitarnya pun bisa jadi korban termasuk anaknya sendiri. Kondisi orangtuanya yang buruk akan jadi beban psikologis anak.

3. Anak cenderung mengalami kekerasan fisik

Ada banyak anak yang harus mengalami kekerasan secara verbal dari orangtuanya yang kecanduan narkoba. Yang lebih mengerikan lagi mereka juga mengalami pelecehan seksual yang bukan cuma sekali, tapi berkali-kali dalam hidupnya. Peristiwa inilah yang banyak membuat anak jatuh dalam trauma yang tak bisa sembuh sampai mereka tumbuh besar.

4. Anak mengalami gangguan kesehatan mental

Anak hidup di tengah orangtua yang kecanduan narkoba akan cenderung menunjukkan masalah perilaku, semacam gangguan kesehatan mental seperti kecemasan berlebihan, depresi dan masalah mental lainnya.

5. Anak-anak cenderung menyalahkan diri mereka atas kondisi orangtuanya

“Andaikan aku lebih bersikap baik, mungkin ibu/ayah nggak akan menjadi pecandu narkoba.” Inilah penyesalan yang banyak dialami seorang anak yang orangtuanya pecandu narkoba. Atau sebaliknya pula, mereka akan menyesali perbuatan orangtua mereka sebagaimana yang mereka alami lewat tindakan kekerasan atau pelecehan yang dialaminya.

6. Anak bahkan kemungkinan akan mengikuti jejak orangtua jadi pecandu narkoba

Meskipun hal ini belum terbukti secara pasti, tapi kecanduan bisa bersifat genetik. Dalam hal ini orangtua yang kecanduan narkoba bisa menularkan kebiasaan buruk tersebut kepada anak. Dalam catatan statistik dari Institut Kesehatan Nasional (NIH) di Amerika Serikat ditemukan bahwa sekitar 45-79 persen anak-anak yang orangtuanya pecandu narkoba cenderung menjadi pengguna narkoba juga.

Meski begitu, anak-anak pecandu narkoba memang tidak ditakdirkan untuk menjadi seperti orangtua mereka. Banyak orang yang menyalahgunakan narkoba bahkan tidak berasal dari riwayat keluarganya. Sebab lingkungan dan pergaulan seseorang juga bisa menjadi faktor utama terjerumusnya anak dalam obat-obatan terlarang ini.

Itu sebabnya, penting sekali untuk menyadarkan semua orangtua bahwa kebiasaan mereka amat sangat menentukan bagaimana anak-anak mereka tumbuh. Sementara orangtua yang sudah terlanjur terjerumus dalam narkoba perlu ditolong dan dibantu. Mereka butuh bantuan untuk mengatasi kecanduannya bisa dalam waktu yang lama. Karena itulah, sebelum memakai obat-obatan terlarang ini adalah baik berpikir dua kal. Apakah orangtua benar-benar rela mengorbankan dan mempertaruhkan masa depan anak-anakmu hanya demi kesenangan pribadi sesaat yang berisiko tersebut? Apakah orangtua benar-benar tega merusak masa depan anaknya sendiri?

Mari merenungkan hal ini sejenak dan refleksikan kembali apa sih yang Tuhan mau darimu sebagai orangtua? Mari selamatkan generasi ini dari bahaya narkoba!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Doma Santika Malau 22 October 2017 - 21:19:46

Doa untuk mempunyai anak

0 Answer

Silvi Kirey 22 October 2017 - 04:55:26

Apakah saya bisa menikah dengan yang beda agama de.. more..

1 Answer

Basaria Sitohang 22 October 2017 - 01:40:48

bagaimana mengenal diri sendiri

1 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week 4


7313

advertise with us