Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
5425


Abraham Lincoln adalah presiden Amerika Serikat ke-16 yang dikenang sebagai orang yang jujur, berani dan baik hati. Dia dibesarkan di keluarga penganut gereja Baptis. Dan melalui pernyataannya, jelas sekali dia mengungkapkan keimanannya, dimana dalam suatu kali pernah mengatakan bahwa Tuhan itu penuh kasih dan selalu memperhatikan anak-anak-Nya.

Berikut ini adalah beberapa pelajaran iman yang ditinggalkan Abraham Lincoln bagi kita hingga saat ini:

1. Lincoln tak pernah melupakan Tuhan

Lincoln adalah presiden yang pertama kali mencanangkan adanya Hari Doa dan Puasa Nasional Amerika pada 30 Maret 1863. Di Hari Doa dan Puasa Nasional Amerika pertama itu, tepat sebulan kemudian, dia menyampaikan pesan iman yang begitu kuat. Katanya, “Kita menjadi penerima karunia terpilih di Surga; Kita sudah diselamatkan selama bertahun-tahun dalam kedamaian dan kemakmuran; Kita telah tumbuh dalam jumlah, kekayaan dan kekuatan karena tidak ada negara lain yang bisa bertumbuh, Tapi kita sudah melupakan Tuhan. Kita sudah melupakan tangan yang ramah memelihara kita dalam damai dan bertumbuh, memperkaya dan menguatkan kita, dan kita telah membayangkan dengan sia-sia, dalam tipu daya hati kita, bahwa semua berkat ini dihasilkan oleh beberapa kebijaksanaan dan kebajikan yang superior dari diri kita sendiri….Oleh karena itu, kita harus merendahkan diri di hadapan kekuatan yang besar, untuk mengakui dosa nasional kita dan berdoa untuk perkenanan dan pengampunan.”

2. Lincoln percaya pada waktu-Nya Tuhan

Di tegah-tengah Perang Saudara, Lincoln menanggapi sebuah surat dari Elizah P. Guerney, yang mengucapkan terima kasih atas doa dan kata-katanya yang sangat menawan. Demikian katanya, “Tujuan Yang Maha Kuasa sempurna dan harus menang…Tapi Tuhan tahu yang terbaik, dan telah memutuskan sebaliknya. Kita harus mengakui hikmat-Nya dan kesalahan kita sendiri di dalamnya. Sementara itu, kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh dalam cahaya terbaik yang Dia berikan kepada kita…”

3. Lincoln senantiasa mencari pertolongan dan kedamaian lewat doa

Sebelum bertempur di Gettysburg, Lincoln belum merasa cemas. Jenderal Daniel E. Sickles, peserta dalam pertempuran, bertanya kepada Lincoln. “Mengapa hal itu terjadi?” Dia menjawab, “Baiklah. Saya akan memberitahu Anda bagaimana keadaannya. Dalam sejumput kampanye Anda di atas sana, ketika semua orang tampak panic dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi, tertindas oleh gravitasi urusan kita, saya pergi ke kamar saya suatu hari dan mengunci pintu dan berlutut di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan berdoa dengan teguh untuk meraih kemenangan di Gettysburg. Aku mengatakan kepada-Nya bahwa perang ini adalah milik-Nya dan hasilnya adalah hasil dari Dia…”

Sesaat sebelum berperang, Lincoln benar-benar mengambil waktu untuk berdoa kepada Tuhan dan menyerahkan hasil apapun yang akan mereka dapatkan. Sikap hatinya yang berserah sepenuhnyalah yang membuatnya tak merasakan takut dan gentar sedikit pun saat menghadapi perang di Gettysburg.

4. Lincoln selalu tekun membaca firman Tuhan

Lincoln adalah sosok orang percaya yang tak seharipun melewatkan kebiasaan membaca Alkitabnya. Itu sebabnya hampir semua pemikirannya dipengaruhi oleh isi Alkitab. Dalam sebuah pernyataan, Lincoln bahkan mengaku betapa dirinya begitu terkesan dengan kehadiran Alkitab.

“Mengenai Kitab Besar ini, aku hanya mengatakan, ini adalah pemberian terbaik yang sudah diberikan Allah kepada manusia. Semua kebaikan yang diberikan Juruslamat kepada dunia dikomunikasikan melalui buku ini. Semua hal yang paling diinginkan bagi kesejahteraan manusia, untuk saat ini dan selanjutnya, bisa ditemukan di dalamnya.”

Inilah yang dipelajari seorang Lincoln selama hidupnya, baik saat menghadapi tantangan, kegagalan dan juga masa kesuksesan besar yang didapatkannya. Dia adalah salah satu sosok teladan iman yang bisa kita contoh bahkan hingga saat ini. Apakah kamu siap menjadi Lincoln-Lincoln baru di zaman ini yang memiliki prinsip yang teguh dan didasarkan oleh firman Tuhan?

Sumber : Faithcounts.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hen Che 24 April 2018 - 15:36:37

Cara pengosongan diri seperti di Alkitab

0 Answer

Arale 24 April 2018 - 14:55:03

Saya menyukai seseorang

0 Answer

Lay Chow 23 April 2018 - 20:19:58

Bolehkah qt cerai

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7413

IMAGO