Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1031


Di antara begitu banyaknya artikel yang menawarkan tips soal cara mengatasi atau mencegah pertengkaran dengan pasangan, ada sejumlah poin yang mungkin tidak menjawab persoalan pasangan suami istri, termasuk poin klise yang menganjurkan supaya pasangan berdamai, sabar atau menahan diri. Tentu saja dalam praktiknya, solusi semacam itu tetap sulit dilakukan apalagi kalau kedua belah pihak adalah sosok yang pada dasarnya bertemperamen tinggi, mudah emosian dan sulit mengontrol diri.

Lalu solusi apa yang harusnya bisa dilakukan untuk mencegah pertengkaran yang menjadi-jadi? Sebagaimana dipercayai masyarakat umum bahwa pasangan suami istri yang berhasil menjalani pernikahannya hingga di atas usia 25 tahun dikategorikan sebagai pernikahan yang berhasil. Ya, secara umum mungkin teori ini bisa diterima. Pasalnya, menjalani usia pernikahan selama dua dekade bukanlah perkara yang mudah. Tentu banyak konflik dan pertengkaran yang sudah dilewati. Tapi sukses tidaknya sebuah pernikahan justru tidak diukur dari jumlah pertengkaran yang mereka hadapi, melainkan yang terpenting adalah respon kedua pasangan dalam menyikapi persoalan yang ada.

Pengen tahu rahasia pernikahan sukses? Kamu perlu mengintip 15 cara bertengkar sehat dan elegan ini.

1. Belajar untuk saling mendengarkan. Ya, hal ini penting bukan cuma bagi pasangan menikah saja tapi juga saat setiap orang membangun hubungan dengan orang lain.

2. Menolak untuk bersikap defensif atau bersifat bertahan. Persoalan kecil yang terjadi dalam pernikahan bisa menjadi besar karena kedua belah pihak tak satu pun saling mengalah. Sementara, dalam sebuah pernikahan sikap mengalah atau merendahkan diri terhadap pasangannya sangatlah penting.

3. Sama-sama bisa mengontrol diri, termasuk mengontrol suara. Ketika bertengkar, ada banyak pasangan yang mulai berteriak-teriak dengan keras dan seolah tak peduli dengan orang-orang di sekitar. Berteriak tanpa kontrol tentu saja hanya akan memberikan image yang tidak baik kepada pasangan maupun tetangga. Karena itulah sangat penting bagi kedua belah pihak bersepakat untuk tidak melakukan hal-hal memalukan tersebut saat bertengkar.

4. Hindari tindakan mengumpat, menyerang dan melakukan tindakan kekerasan fisik kepada pasangan. Karena itulah penting sekali untuk mendapatkan konseling pra-nikah sebelumnya benar-benar memutuskan untuk menjalani pernikahan. Sebab tindakan kekerasan fisik terhadap pasangan adalah salah satu hal yang paling tidak dapat ditolerir dalam sebuah pernikahan.

5. Orang tua menjadi guru pernikahan yang paling nyata yang mengajarkan kita soal lika liku sebuah pernikahan. Sebagaimana pernikahan ayah dan ibuku. Ketika mereka bertengkar, biasanya ayah akan segera pergi meninggalkan rumah dan bisa jadi baru akan kembali beberapa hari kemudian. Bagiku, tindakan ayah terbilang kurang bertanggung jawab karena dia membiarkan masalah berlarut tanpa segera menyelesaikannya saat itu juga. Tapi di sisi lain, ada saja pasangan yang menilai kalau tindakan itu dibilang cukup bijaksana karena salah satu pihak memilih untuk menghindari pertengkaran yang lebih besar. Jika pilihan pasangan meninggalkan rumah saat bertengkar adalah untuk kebaikan, maka ijinkan dia melakukannya. Asalkan dia kembali setelah kedua belah pihak kembali tenang dan menyelesaikan pertengkaran dengan saling terbuka.

6. Jangan biarkan pertengkaran sampai matahari terbenam. Dalam alkitab, frase ini sangat lazim kita dengar. Bukan hanya berlaku dalam pernikahan saja, tapi menyelesaikan pertengkaran atau permusuhan sebelum matahari terbenam juga berlaku dalam hubungan pertemanan atau hubungan karir dengan orang lain.

7. Mau mengakui kesalahan terlebih dahulu kepada pasangan, apalagi jika kamu adalah pihak yang memulai pertengkaran.

8. Jangan pernah sekali-kali menyalahkan pasangan, dalam persoalan apapun itu. Termasuk jangan pernah menggunakan kata-kata ‘kamu memang…’ atau ‘kamu nggak pernah…’ atau ‘kamu selalu aja…”.

9. Berpikirlah sebelum memunculkan konflik dalam pernikahan.

10. Berdoalah bersama. Ini adalah salah satu hal tersulit yang harus pasangan suami istri lakukan saat sedang marah. Karena doa adalah cara terbaik untuk menjaga hati kita biar tetap lembut dan tenang.

11. Tetap terkoneksi secara fisik. Sentuhan fisik sekecil apapun bisa membantu untuk mengontrol emosi seseorang. Misalnya, dengan mengelus punggung, memegang tangan atau memeluk pasangan yang sedang dalam situasi emosi yang tak terkontrol akan bisa menenangkannya.

12. Jujurlah kepada pasangan. Jangan sekali-kali mencoba untuk berbohong atau menggunakan kata-kata kasar atau humor yang bisa menyinggung perasaan pasangan.

13. Belajar berempati. Memutuskan menikahi seseorang dan menjalani kehidupan bersama sampai maut memisahkan adalah komitmen yang sangat berat. Karena itulah, pasangan patut belajar untuk saling mengerti dan saling mengasihi sebagai satu tubuh yang sudah dipersatukan.

14. Sebagian pasangan menikah mungkin bisa menghadapi satu konflik yang tak berkesudahan atau terus berulang. Jadi, supaya hubungan tidak hanya stuck di situ-situ saja, ada baiknya jika suami istri bisa saling berbicara dan bekerja sama dengan hati terbuka.

15. Belajar untuk memaafkan sepenuhnya. Tak menyimpan dendam atau kebencian. Hal ini memang adalah sebuah proses panjang dalam pernikahan. Bagaimanapun aka nada perlakuan atau perkataan pasangan yang terasa menyakitkan dan mustahil untuk bisa dimaafkan begitu saja. Tapi bagaimanapun, setiap pasangan harus memiliki sikap hati yang mau mengampuni seberapa sulit pun itu.

Tapi jika kamu memang seolah tak lagi punya kata-kata untuk diucapkan saat menghadapi pertengkaran dengan pasangan, sampaikanlah kepadanya bahwa kamu benar-benar mencintai dia dan memintanya untuk tidak pergi meninggalkanmu. Hal ini mungkin nggak akan menyelesaikan konflik tapi setidaknya akan membantu pasanganmu untuk merasa aman dan dihargai. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heny muni Muni 22 August 2017 - 14:12:31

ketika saya mengumuli suatu persoalan terkadng say.. more..

0 Answer

Darien E 22 August 2017 - 11:08:24

Bagaimana cara mendengar suara Tuhan? Apakah suara.. more..

1 Answer

bagusp 22 August 2017 - 09:54:46

Siapakah Yesus itu,,?

1 Answer


Laurentius Yohanes 22 August 2017 - 20:56:14
Shalom. Saat ini begitu banyak masalah, persoalan,... more..

charles tamaela 21 August 2017 - 17:06:34
Syallom Saya charles tamaela Sedang dlm pergumulan... more..

Jimmy Sumampouw 21 August 2017 - 04:19:39
Saya kemasukan roh halus dalam tubuh saya dan roh ... more..

Franche Monay Manullang 15 August 2017 - 10:44:33
Syalom Bpk/Ibu. saya mohon dukungan doa, agar agar... more..

Banner Mitra Week  3


7289

Banner Mitra Week  3