Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
5585


Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri! (Mazmur 33:12)

 

Sama seperti ayat di atas, Yeremia 29 ayat 7 juga berbicara soal bangsa dan sebuah kota. Dalam ayat ini, Tuhan menyampaikan bagaimana Dia adalah penguasa dari sebuah bangsa dan suku bangsa di seluruh dunia. Sebagai umat milik-Nya, kita diminta untuk melakukan sesuatu bagi bangsa kita, salah satunya adalah untuk berdoa bagi kota kemana Tuhan sudah membuang atau menempatkan kita, ‘sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.’

Jadi, kalau kita mau mengalami kelimpahan dan kemakmuran, seperti yang dijanjikan Tuhan, kita harus berdoa bagi kota kita. Entah kita menyadarinya atau tidak, kitalah yang membentuk kota kita menjadi seperti apa yang kita mau, dan sebagaimana kota kita akan membentuk kita.

Bagaimana kita membentuk kota kita? Kata-kata apa yang akan kita ungkapkan kepada kota tempat kita tinggal? Sebagaimana kita tahu bahwa ‘perkataan’ itu pada dasarnya punya kuasa untuk mencipta. Sebagaimana Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan perkataan-Nya sendiri. Karena itu sudah waktunya untuk mengambil posisi dan mengambil alih kepemilikan kita, mengangkat suara memperkatakan kota kita sesuai dengan visi yang kita mau terjadi di sana. Tuhan mau kita punya mimpi yang sama seperti mimpi-Nya. Karena itulah kita selalu mengungkapkan doa, ‘Jadilah kehendakMu di bumi seperti di surga.’

Inilah 10 hal yang terjadi dengan kota atau bangsa kita saat kita mau berdiri untuk mendoakannya dan mengambil alih tempat itu sebagai milik Tuhan seperti dituliskan dalam Mazmur 33: 12:

1. Ada keamanan. Saat kamu sudah berdiri dan berdoa bagi bangsa dan kotamu tinggal dan memproteksinya dengan hal-hal yang baik saja maka kekhawatiran akan kejahatan yang merajalela atau takut dengan keamanan keluarga dan anak-anakmu. Percayalah dengan doa yang sudah kamu sampaikan, Tuhan akan bertindak dan memproteksi kotamu dengan perlindungan surgawi.

2. Penduduknya makmur. Saat kita benar-benar berdiri bagi bangsa atau kota kita, percayalah bahwa aka nada perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi. Salah satu tanda sebuah tempat sukses adalah jika penduduknya hidup dalam kemakmuran. Industri bertumbuh dan semua penduduknya mendapatkan pekerjaan. Tingkat pengangguran rendah dan semua orang taat membayar pajak yang digunakan untuk pengembangan pelayanan umum.

3. Tingkat pendidikan sangat baik. Ingatlah bahwa salah satu dampak dari doa-doamu atas bangsa atau kota yang kau diami bisa tampak dari tingkat pendidikannya yang semakin baik. Akan banyak lembaga pendidikan yang berkualitas yang tersedia dan menjadi tempat bagi anak-anak untuk dibentuk dan didik sebaik mungkin.

4. Atmosfer spiritual yang kuat. Tuhan berkenan atas sebuah bangsa atau kota ketika banyak orang-orang percaya yang mau berdiri dan berdoa di sana. Sehingga Dia akan menghadirkan atmosfer surga di sana dan membawa banyak orang hidup di dalam Dia. Akan ada banyak gereja yang berdiri untuk melayani Tuhan.

5. Ada semangat tinggi melingkupi kota. Semakin banyak orang sberdoa bagi bangsa atau kotanya, percayalah bahwa akan terjadi perubahan yang signifikan di sana. Saat semua penduduknya hidup dengan atmosfer surga, maka secara otomatis pola pikir dan cara hidupnya pun akan baik. Hanya ad acara pandang yang positif dan penuh sukacita yang akan dialami oleh semua orang.

6. Tersediakan pelayanan media yang memadai. Salah satu kebutuhan yang juga sangat dibutuhkan di sebuah bangsa atau kota adalah pelayanan medis. Karena ketika kita jatuh sakit, melahirkan, atau memerlukan perawatan medis, maka sangat dibutuhkan rumah sakit yang memadai dan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kita. Jadi, percayalah pelayanan medis yang baik akan tersedia ketika kita tekun berdoa meminta supaya Tuhan menghadirkannya di kota kita.

7. Ada rekreasi dan hiburan yang sehat. Masyarakat di sebuah negara atau perkotaan tentu saja memerlukan tempat rekreasi atau hiburan yang bermanfaat. Mungkin bisa kita saksikan sebagaimana terjadi di ibu kota sejak kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kita melihat banyaknya tempat-tempat yang dulunya kumuh disulap menjadi tempat rekreasi dan ramah anak. Jadi, jika kita benar-benar ingin kota kita dilengkapi dengan tempat-tempat rekreasi dan hiburan yang sehat dan baik, khususnya bagi anak-anak, mulailah berdiri untuk itu.

8. Pemimpin kotanya cinta akan kejujuran, berpikiran maju dan bijaksana. Inilah yang mungkin pertama kali akan kita doakan ketika kita berdiri bagi sebuah bangsa atau kota. Karena melalui kepemimpinan yang benarlah, semua hal di atas akan bisa terjadi.

9. Bangsa/kota itu dibangun dengan tujuan dan visi yang mulia. Para pemimpin tidak hanya berlomba-lomba merebut kursi kekuasaan demi kehormatan atau prestasi semata, tapi kota yang memiliki pemimpin yang benar dan takut akan Tuhan pasti akan bekerja bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi mengerjakan tugas-tugasnya demi melayani rakyat yang dipimpinnya. Seorang pemimpin yang baik adalah dia yang menjalankan roda pemerintahan dengan satu tujuan yaitu untuk menyediakan kehidupan yang layak bagi semua orang.

10. Orang miskin dan tunawisma diperlakukan dengan layak. Berdirilah supaya pemimpin yang menjabat sebuah bangsa atau kota adalah mereka yang peduli dengan nasib orang-orang miskin dan para gelandangan. Dan lihatlah bagaimana Tuhan akan memakai mereka untuk mengubah segala sesuatunya, termasuk mengubah hidup orang miskin dan para tunawisma.

Mulailah bermimpi untuk membangun bangsa dan kotamu lewat langkah iman dan doa. Jika kamu memang tidak punya kapasitas untuk maju menjadi seorang pemimpin di kotamu, maka panggillah orang-orang yang takut akan Tuhan berdiri menjadi seorang pemimpin. Tuhan pasti akan menaruhkan sesuatu di hatimu ketika waktu-Nya sudah tiba untuk melakukan hal-hal menakjubkan di tengah bangsa dan kotamu. Jadi, sebelum semua hal di atas terjadi, jangan pernah berhenti berdoa karena janji Tuhan adalah ‘Ya’ dan ‘Amin’.

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

vincent nichollas 16 October 2017 - 22:29:40

Kisah orang yang mau mengikuti Yesus

1 Answer

Andri Dut'z 16 October 2017 - 22:00:04

apakah lari dapat menyebabkan kematian?

1 Answer

Anna Siahaan 16 October 2017 - 20:52:20

syalom sya mohon didoa kan agar tuhan yesus menjam.. more..

1 Answer


Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Lamsihar Irüel 16 October 2017 - 18:34:21
Doakan Kesembuhan Ibu saya, kemarin tanpa sengaja ... more..

ChaD 16 October 2017 - 14:39:33
Berdoa agar janin yang dikandung diberi kesehatan ... more..

Britha Zega 14 October 2017 - 12:02:40
Saya ingin di doakan agar penyakit saya sembuh krn... more..

Banner Mitra Week  3


7317

advertise with us