Fenomena Kecanduan Ponsel, Paus Fransiskus Tanya Apakah Jemaat Baca Alkitab Sebanyak Periksa Ponsel?

Fenomena Kecanduan Ponsel, Paus Fransiskus Tanya Apakah Jemaat Baca Alkitab Sebanyak Periksa Ponsel?

Lori Contributor
7164

Kemudahan yang ditawarkan ponsel pintar pada akhirnya mendorong banyak orang menjadi kecanduan dan ketergantungan. Hampir semua pengguna ponsel pintar yang bahkan tak mau berpisah dari ponselnya walau sedetikpun. Dan fenomena ini pun berdampak luas kepada orang-orang Kristen.

Terkait fenomena ini pula, Paus Fransiskus merasa penasaran tentang apakah orang-orang Kristen juga membaca Alkitab sebanyak mereka memeriksa ponsel?

Dalam misa Minggu pertama Pra-Paskah yang digelar di alun-alun St Petrus, Vatikan, Paus pun mendorong umat Katolik untuk memperlakukan Alkitab mereka sebagaimana mereka memperlakukan ponsel yang ‘selalu dibawa kemanapun dan kerap diperiksa sepanjang hari’. Karena itu, dia meminta supaya jemaat tetap rajin membaca firman Tuhan karena dengan firmanlah orang-orang percaya bisa melawan dosa dan tipu muslihat si iblis.

“Selama 40 hari Pra-Paskah, sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk mengikuti jejak Yesus dan menghadapi peperangan rohani melawan kejahatan dengan kuasa firman Tuhan. Untuk itu, kamu harus akrab dengan Alkitab, rajin membacanya, merenungkannya, mengasimilasinya,” ucap Paus Fransiskus seperti dilansir dari Catholic News Agency, Minggu (5/3).

Kemudian dia mengajukan pertanyaan yang tak terduga kepada jemaat. “Apa yang akan terjadi kalau kita memperlakukan Alkitab sebagaimana kita memperlakukan ponsel kita? Kalau kita selalu membawa Alkitab; setidaknya Alkitab berukuran kecil, apa yang akan terjadi?” tanyanya.

Meskipun dirinya memang pribadi yang menyambut teknologi mudah saat ini dengan baik. Tapi dia tetap berpesan supaya teknologi itu tidak menggantikan peran penting Alkitab dalam hidup orang percaya. Dia menyebut perbandingan membaca Alkitab dan memeriksa ponsel adalah sesuatu yang ‘serius’.

Di akhir pidatonya, Paus menegaskan supaya jemaat benar-benar bisa memperlakukan Alkitab sebagaimana banyak orang yang sudah kecanduan dengan ponselnya. “Pikirkan tentang hal ini. Alkitab selalu bersama kita, dekat dengan kita!” tandasnya.

Sumber : Reuters.com/Christiantoday.com

Ikuti Kami