Simak 5 Hal yang Sering Kali Diabaikan Dalam Membuat CV
Sumber: pexels.com

Career / 3 March 2017

Kalangan Sendiri

Simak 5 Hal yang Sering Kali Diabaikan Dalam Membuat CV

Angelia Agatha Official Writer
3359

Hal utama yang harus diperhatikan saat kamu melamar pekerjaan adalah resume atau CV. Ketika CV-mu sudah tersaring dari puluhan atau ratusan saingan pelamar lainnya, maka kamu sudah selangkah lebih maju dan bisa mempertaruhkan ilmumu untuk di step selanjutnya.

Ilmu dalam membuat CV yang menonjol ini terkadang disepelekan banyak orang. Bahkan tidak sedikit dari para pelamar pekerjaan mengerjakan CVnya hanya semalam sebelum melamar pekerjaan sehingga tidak maksimal.

Selain riwayat pendidikan, pengalaman dan penghargaan, berikut ini adalah keahlian-keahlian yang wajib kamu cantumkan di CVmu!

Kamu dapat berbicara bahasa asing.

Vicky Salemi, pakar dari bidang karir, menyatakan bahwa kelancaran kamu dalam berbicara bahasa asing bisa membuat perusahaan tertarik kepadamu.

“Kelancaran Anda berbicara bahasa asing membuat Anda sangat menarik untuk pasar (tenaga kerja),” katanya.

Meskipun belum tentu digunakan, tetapi bisa jadi perusahaan berencana untuk memperluas ke pasar atau negara baru dengan kehadiranmu.

Memiliki kemampuan memimpin.

Ketika memasukan kemampuan, jangan pernah menjelaskannya sebagai satu kata saja. Semakin banyak pengalaman kamu dalam memimpin sebuah organisasi, semakin baik hal itu dimata para penyeleksi kamu.

Jika pernah, cantumkan pengalaman belajar kamu di luar negeri.

Meskipun hanya sebulan dua bulan, jangan ragu masukan pengalaman itu kedalam CVmu. Vicky menjelaskan bahwa hal ini menunjukkan kemampuan kamu untuk keluar zona nyaman dan beradaptasi dengan tempat baru. Termasuk apabila hanya pernah berjalan-jalan keluar negeri saja. Karena menurut Vicky hal ini bisa menggambarkan diri kamu sebagai orang yang berpengalaman dan pengetahuan luas.

Jangan malu cantumkan edukasimu meski belum selesai.

Terkadang ada rasa malu yang datang ketika menulis tingkat edukasi kita mau formal ataupun tidak formal yang tidak selesai. Padahal kamu bisa menulisnya untuk memberitahukan besarnya informasi yang kamu miliki.

Dawn Rasmussen, presiden dari Pathfinder Writing and Career Service, menjelaskan bahwa untuk menghargai waktu, uang dan tenaga yang dikeluarkan untuk bersekolah itu, kamu bisa menulis dengan “telah menyelesaikan beberapa pelajaran” di universitas tersebut. 

Pengalaman berbicara di depan umum jadi daya tarik juga loh!

Terlihat sepele ya? Tapi secara tidak sadar berbicara di depan umum juga merupakan ilmu tersendiri sebab tidak semua orang dapat melakukannya.

Jadi jika kamu memiliki pengalaman itu, jangan lupa cantumkan karena bisa jadi atasan kamu membutuhkan orang yang bisa berbicara di depan umum nantinya.

Rasmussen juga berpesan untuk memaksimalkan keahlian ini dalam CV kamu, “perusahaan sangat suka mendengar hal ini ketika mempertimbangkan kandidat.”

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami