Lori Mora

Official Writer
8434


Mencari pasangan hidup atau jodoh ‘yang sepadan’ seperti yang disampaikan dalam firman memang jadi bikin orang Kristen ekstra hati-hati dalam menjalin hubungan. Ada banyak peraturan dan cara-cara pendekatan yang cukup rohani yang kemudian diterapkan banyak gereja supaya orang Kristen mendapatkan pasangan yang dari Tuhan.

Mungkin kalian juga pernah melakukan 7 hal ini supaya dapet jodoh yang tepat?

1. Harus ada persetujuan dari pembimbing rohani

Beberapa gereja benar-benar keras soal hubungan berpacaran loh. Karena itu, salah satu peraturan yang diterapkan adalah supaya semua pemuda gereja yang sedang kasmaran atau pedekate atau mau nembak si doi, harus konsultasi dulu sama pembimbing kelompok sel (komsel) nya. Tujuannya, katanya sih supaya nggak salah memilih pasangan hidup. Nah dengan adanya peraturan itu, si pembimbing rohani ini bisa memutuskan apakah si adik yang dia bimbing itu cocok dengan si doi atau tidak.

2. Awali pedekate dengan ‘DOA’

Beberapa gereja menerapkan aturan ketat soal pacaran loh. Salah satunya supaya berdoa dulu kalau memang mau memulai hubungan dengan seseorang. Atau mulai doakan dulu tuh gebetan. Nah, kalau kamu benar-benar merasa sejahtera ngedoain si doi, itu tandanya kalau dia benar-benar jodoh yang pas. Nggak salah sih, karena cukup alkitabiah.

Tapi, perihal mencari jodoh nggak cuma doain soal sejahtera atau nggak, tapi juga soal visi, bibit bebet bobot, budaya, karakter dan sebagainya. Jangan sampai kamu udah yakin benner si doi udah pas banget jadi pasangan hidup, nah malah dianya mau milih ‘hidup selibat’ aja atau keluarganya malah udah jodohin si doi sejak kecil. Kan yang susah diri sendiri!

3. Menunggu saja karena percaya Tuhan sudah sediakan jodoh

Nggak ada seseorang pun yang memang bisa menyangkali iman. Karena iman bisa melakukan sesuatu yang mustahil sekalipun. Tapi pertanyaannya, “Apakah jodoh di tangan Tuhan atau di tangan kita?” Sebagian mungkin menjawab ‘Ya, di tangan Tuhan lah!” Nah, karena prinsip ini, kita jadi males bergaul dan berteman dengan cowok-cowok atau cewek-cewek karena kita beriman kalau jodoh itu bakal datang kayak angin tak diundang. Boleh-boleh aja sih kalau mau nunggu sampai lebaran kuda, tapi ya kudu terima risiko ya kalau mungkin penantian macem itu bakal nyita waktu yang panjang. Sanggup? Kalau nggak ya, Tuhan juga minta kita supaya bergaul dan tetap terbuka ke semua orang kan?

4. Memilih pasangan yang selevel rohani

Banyak orang Kristen yang kemudian salah arti dengan kalimat ‘pasangan sepadan’ yang ditulis dalam Alkitab. Banyak cewek yang sudah dewasa dalam iman lalu berharap bisa ketemu jodoh yang selevel atau bahkan jauh di atasnya. Akibatnya, banyak single Kristen yang harus kehilangan kesempatan karena sudah banyak menyia-nyiakan seseorang yang memberikan perhatian ke mereka.

Prinsip ini sih memang agak pro dan kontra. Tapi kita perlu ingat kalau yang namanya jodoh bukan berarti harus sama selera, sama kualitas atau sama visi loh. Tapi bagaiman dua insan bisa saling melengkapi dan menjadi pribadi bertumbuh bersama di dalam Tuhan.

5. Cowok harus lebih tua dari ceweknya

Nah, banyak pula orang Kristen yang menganut prinsip ini buat cari jodoh. Mereka berpikiran kalau Alkitab pun menganjurkan hal ini, seperti kisah Adam waktu mempersunting Hawa.

Memang sih, idealnya si cewek memang harus lebih muda dari si cowok. Tapi kan tetap aja kalau namanya jodoh ya bisa aja toh sebaliknya? Dan sebenarnya, nggak ada juga sih penjelasan detail soal peraturan ini ditulis di Alkitab. Karena banyak juga pasangan menikah dimana si cewek yang justru lebih tua dari cowoknya dan mereka bahagia-bahagia aja kog.

6. Percaya kalau jodoh nggak kemana

Mungkin sebagian dari kalian ada yang ngalamin dimana ada banyak teman sepelayanan kalian waktu mahasiswa akhirnya udah jadian aja dan bahkan nikah. Padahal dulu mereka sama sekali nggak saling kenal loh! Trus dalam hati kita bilang, “Lah, kalau jodoh emang nggak kemana ya!” Ya. Inilah salah satu ‘quotes’ andalan orang Kristen saat cari jodoh.

Banyak pasangan Kristen sepelayanan yang jadian malah kasih dukungan ke yang single-single kalau masalah jodoh nggak perlu dibawa pusing. Karena jodoh itu paling juga deket-deket situ juga. Karena itu, banyak diantaranya yang mulai rajin ikut komsel, komunitas Kristen, dan pelayanan gereja.

7. Meminta Tanda dari Tuhan

Orang-orang Kristen tampak ekstra berhati-hati untuk berbagai hal dalam hidupnya, termasuk dalam memilih pasangan hidup. Jadi supaya lebih rohani, orang Kristen akan terlebih dulu meminta tanda dari Tuhan. Misalnya, Tuhan kalau dia menyapaku berarti dia adalah jodohku. Atau meminta tanda yang sedikit lucu-lucu menggemaskan, seperti ‘Tuhan, kalau dia cowo/cewe ini menoleh ke belakang atau melirik aku, berarti dia benar jodoh yang daripadaMu’.

Sebagian lain ada juga yang pakai ayat firman sebagai tanda dari Tuhan. Misalnya saat mendapat peneguhan dari sebuah ayat yang dibaca dan seolah-olah ayat itu melompat keluar dan menjadi Rhema dalam pencarian jodoh. Yang lebih parah lagi kalau firman itu dibuat jadi pembenaran saat kita mau “nembak” gebetan.

Ya, serohani apapun cara-cara di atas, maksudnya tetap baik ya. Tapi dalam beberapa poin, kita perlu aware dan mulai berpikir terbuka, misalnya untuk tidak terus menunggu jodoh datang, tapi harus lebih aktif dan mudah bergaul nggak hanya di gereja tapi di luar gereja juga. Karena kita nggak tahu loh kita ketemu jodoh di mana.

Akhir kata, buat kamu-kamu yang masih single, tetap semangat ya. Pokoknya tetap bergaul, buka hati dan berdoa supaya Tuhan bukakan pintu jodoh buat kamu. Amin!

Sumber : Seputar Keluarga


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra Maret Week 3