Fokus yang Benar
Sumber: Jawaban.com | Daniel Tanamal

Kata Alkitab / 23 December 2016

Kalangan Sendiri

Fokus yang Benar

daniel.tanamal Official Writer
3940

"Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari." (2 Korintus 4:16)

Malang benar Paulus ini. Sekalipun dia adalah hamba Tuhan yang luarbiasa di mata Tuhan, tapi dia adalah orang yang gagal dimata orang Kristen masa kini. Sebab disaat semua orang sedang mengimani "punya rumah di bumi dan di Sorga", dia malah menumpang disana-sini dan masuk keluar penjara. Ia pula harus banting-tulang berjualan tenda untuk men-support pelayanannya. Untuk ukuran orang Kristen masa kini pasti dia dicap kena 'kutuk kemiskinan'.

Disaat orang menciprati hartanya, mobilnya, rumahnya dan segala sesuatunya dengan minyak agar terhindar dari mara bahaya, Paulus malah "dalam segala hal ditindas.. habis akal.. dianiaya.. dihempaskan.. terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus" (ay.8-11). Pasti deh orang sekarang akan berkata bahwa Paulus kena kutuk!

Mengapa? Karena orang Kristen modern sudah salah fokus!! Semua dinilai secara materi jasmani. Pelayanan yang berhasil selalu diukur dengan kuantitas. Padahal Tuhan memanggil Yesaya untuk melayani dengan sebuah janji bahwa tidak akan ada orang yang bertobat mendengar pemberitaannya (Yesaya 6:8-12). Apakah Yesaya hamba Tuhan yang tidak diurapi? Apakah Yesaya seorang hamba Tuhan yang gagal? Tentu tidak.

Sementara banyak "gereja" menawarkan kelimpahan berkat jasmani, banyak orang Kristen masa kini berlomba-lomba mengejarnya sambil memancing Tuhan dengan perpuluhan dan merapal doa Yabes. Rupanya mereka lupa bahwa Tuhan Yesus pernah berkata, "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya (Matius 6:19)."

Tidak salah jika kita rindu punya rumah bagus, mobil, gereja besar, jemaat banyak, dll. Saya pun rindu pula memiliki semua itu. Tetapi jika kita menjadikan itu semua sebagai tujuan Kekristenan kita, maka kita salah fokus! Sebab tujuan Kekristenan kita adalah, "manusia batiniah yang dibaharui dari sehari ke sehari." Inilah fokus yang benar!! Untuk inilah Yesus mati di kayu salib bagi kita, untuk inilah Roh Kudus dicurahkan dalam hidup kita. Inilah target Bapa di Sorga.

Segala berkat jasmani yang dikejar banyak orang Kristen modern hari-hari ini adalah fana. Itu sebabnya Paulus berkata, "Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal." (2 Korintus 4:18)

Jangan bodoh ah. Jangan sampai pengiringan kita kepada Tuhan selama puluhan tahun jadi Kristen berakhir mengenaskan dengan mendengar kalimat ini: "Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat! Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir (Yakobus 5:4)."

Maaf beribu maaf jika renungan ini terdengar pedas. Dengan hati tulus kami harus berbicara dengan lantang perihal penyelewengan di Akhir Jaman ini. Dengan air mata kami tuliskan hal ini kepada saudara-saudara, dengan satu tujuan, yaitu

"...supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah." (2 Korintus 5:12)

Wahai saudaraku orang-orang Kristen, wahai manusia-manusia kepunyaan Allah, mari miliki fokus yang benar.

Masih Belajar,

~Assaf Imanuel


Sumber : Disunting seperlunya tanpa mengurangi atau menambah maksud penulisan, editing oleh Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami